Apa itu Cloud Computing ?

Posted on
cloud

Kita sering mendengar istilah Cloud di berita tekno, di internet atau dimana pun. Namun terkadang kita masih belum paham apa sebenarnya maksud teknologi Cloud itu. Padahal jauh sebelum istilah Cloud ini populer seperti sekarang, tanpa sadar kita sudah menggunakannya dalam beraktivitas di internet.

Saat kita menggunakan email, maka kita telah meminta untuk menitipkan data disitu. Contoh lain misal kita menggunakan Facebook, maka kita telah menggunakan jasa Facebook untuk menyimpan data-data kita dari tulisan, gambar hingga video. Dalam hal ini Facebook dimanfaatkan sebagai tempat penyimpan data. Ada juga saat ini GoogleDrive yaitu salah satu layanan dari Google untuk menyimpan data-data kita secara online sehingga bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Jadi apa sebenarnya Cloud Computing itu?
Secara arti tiap kata, Cloud adalah awan dalam hal ini adalah internet dan Computing adalah sistem komputasi yang meliputi penggunaan RAM, CPU, sistem operasi dan storage. Sehingga Cloud Computing adalah sistem komputasi yang berbasis internet atau semua sudah tersedia secara online. Komputasi konvensional harus membutuhkan hardware yang meliputi RAM, CPU dan storage nya, jika sudah maksimal dan kita butuh spesifikasi yang lebih tinggi maka kita harus membeli lagi yang baru dan itu merepotkan. Namun dengan teknologi Cloud, kita tidak perlu terlalu memusingkan hal itu karena semua sudah dikelola oleh penyedia layanan Cloud tersebut.

Ada 3 macam layanan Cloud Computing diantaranya :

Software as a Service (SaaS)

SaaS merupakan layanan Cloud yang terlebih dulu populer. SaaS sangat memberi kemudahan bagi para pengguna, kita tidak perlu membayar lisensi software atau membeli server untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan. Kita hanya tinggal menggunakan berbagai fitur yang sudah disediakan oleh penyedia layanan.
Contoh : Facebook, Twitter, Instagram, Gmail, Google plus, Office365, GoogleDocs

Platform as a Service (PaaS)
PaaS adalah layanan yang menyediakan segala sesuatu atau tools untuk mengembangkan sebuah aplikasi pada cloud. Tanpa membeli segala infrastrukstur dan sistem operasi, pengguna dapat mengembangkan, mengetes hingga maintenance sebuah aplikasi.
Contoh : GoogleAppEngine, Windows Azure, AmazonWeb Service

Infrastructure as Service (IaaS)
IaaS menyediakan hardware secara cloud meliputi penyimpan data, sistem operasi, memory, server komputer, dan sebagainya. Pengguna tidak perlu mengetahui bagaimana caranya penyedia layanan /provider menyediakan layanannya tersebut, yang terpenting kebutuhan mereka terpenuhi. Melalui IaaS maka pengguna dapat secara fleksibel menambah atau mengurangi kebutuhan hardware sesuai kebutuhan.
Contoh : AT & T Cloud Solution, Windows Azure, Amazon EC2

Dengan berbagai layanan tersebut tentu memberi kita banyak kemudahan dan manfaat. Kelebihan yang kita dapatkan dari Cloud Computing yaitu :

Fleksibel dan Kemudahan Akses
Melalui layanan Cloud, kita dapat secara fleksibel mengakses data kita. Misal ketika kita meyimpan data di Google Drive maka kita bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun asalkan ada jaringan internet. Dengan begitu kita tidak perlu membawa perangkat keras penyimpan data seperti flashdisk kemanapun karena data kita sudah tesimpan secara online.

Hemat 

Kita tidak perlu banyak membeli perangkat keras dan tidak memikirkan biaya untuk listrik, maintenance, hingga lisensi software.

Namun selain kelebihan tentu juga ada kekurangan dalam penggunaan Cloud diantaranya,

Sangat Bergantung Koneksi Internet
Namanya juga layanan berbasis internet tentunya syarat utamanya adalah harus terkoneksi dengan internet. Namun dengan semakin berkembangnya jaringan internet dan kecepatannya maka hal itu mungkin masalah yang kecil.

Keamanan Belum Tentu Terjamin
Tentunya bila kita menggunakan Cloud maka kita mempercayakan data-data kita kepada pihak penyedia layanan. Cloud Provider memang menjamin keamanan data pengguna, namun bila suatu saat terjadi gangguan maka kita tidak bisa menuntut apapun pada mereka.

Dalam setiap perkembangan teknologi yang baru memang selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Selalu ada pro dan kontra, itu hal biasa karena yang terpenting kita dapat bijak dalam menggunakannya.

(image from janbask.com)

One thought on “Apa itu Cloud Computing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *