Jack Ma, Milliarder Pendiri Alibaba Ini Ternyata Mantan Guru Bahasa Inggris

Posted on
jack-ma
Siapa sangka orang yang sangat berperan penting dalam kesuksesan perusahaan ecommerce Alibaba Group ini merupakan mantan guru bahasa Inggris yang miskin. Jack Ma namanya, dan kini telah menjadi milliarder seiring dengan kesuksesan yang dituai oleh perusahaan Alibaba yang ia bentuk.
 
Mengenal Alibaba Group
Embrio Alibaba Group berawal dari sebuah situs Alibaba.com yang merupakan situs internet untuk memfasilitasi dan memudahkan aktivitas usaha kecil dan menengah di China. Tahun 1999, Jack Ma bersama 17 temannya mendirikan Alibaba.com yang merupakan perusahaan internet business to business (B2B) seperti halnya ebay dari Amerika yang sudah mendunia terlebih dulu.  
 
Ketika ebay mulai ekspansi ke China tahun 2002, perusahaan-perusahaan ecommerce di China banyak yang ciut nyali dan merasa akan kalah. Namun tidak dengan Jack Ma, ia yakin Alibaba dapat menang yang notabene saat itu ebay seperti raksasa bagi Alibaba. Ma yakin karena yang mengerti akan keinginan orang China adalah perusahaan asli China itu sendiri. Dan terbukti keyakinan Ma akhirnya benar-benar mampu mengusir ebay dari China.
 
Alibaba benar-benar tak terbendung, hingga puncaknya tahun 2005 Alibaba menjalin kerjasama dengan Yahoo. Dengan dana USD 1 milliar, Yahoo membeli 23% saham Alibaba, pada saat itu kondisi Yahoo sudah menurun hingga suatu saat Alibaba seperti menjadi pemberi nafas sementara bagi Yahoo yang sudah sekarat. Dalam kondisi kritis, Yahoo sempat tumbuh karena mendapat revenue kepemilikan saham di Alibaba yang semakin sukses. Namun akhirnya Yahoo menyerah juga setelah diakuisisi Verizon. 
 
 
Dengan kerjasama tersebut, Alibaba mengambil alih operasi Yahoo! China. Dari situlah akhirnya Alibaba.com berkembang menjadi Alibaba Group yang terdiri dari Alibaba.com dan Taobao, search engine (yahoo!China), perangkat lunak (Alisoft) dan pembayaran online (Alipay).
 
Alibaba bahkan sempat menjadi perusahaan internet yang mampu mengalahkan Amazon bahkan Facebook tahun 2014. Alibaba berada di 4 besar perusahaan internet dunia bersama Google, Facebook, Amazon. Di Indonesia pun Alibaba sudah ekspansi dengan mengakuisisi Lazada dengan nilai Rp 13,2 Trilliun pada awal tahun 2016.
 
Mengenal Jack Ma
Jack Ma merupakan pria China yang lahir tahun 1964. Berperawakan kecil dan kurang meyakinkan bahkan saat kecil sering berkelahi karena diejek teman-temannya yang menyinggung ukuran tubuhnya. Orangtuanya adalah seorang pemusik dan pendongeng tradisional. 
 
Ma kecil sangat tertarik dengan bahasa Inggris bahkan dibela-belain bersepeda 40 km ke hotel untuk bertemu turis asing agar bisa belajar bahasa Inggris. Ketertarikan Ma pada bahasa Inggris memang sangat berharga, meski sempat menjadi guru bahasa Inggris yang hanya digaji sekitar Rp 140.000, namun akhirnya Ma dapat pergi ke Amerika menjadi seorang penerjemah.
 
Ma bukanlah anak yang pandai matematika, ia bahkan gagal tes 2 kali masuk universitas hingga yang ketiga kalinya baru lolos di Hangzhou Teachers Institute tahun 1988. Ma kemudian menjadi guru di universitas setempat dengan bayaran sangat kecil.
 
Tahun 1995, Ma ke Amerika menjadi penerjemah.Disana ia mulai mengenal internet dari temannya. Ma diberitahu bahwa semua bisa dicari di internet. Namun Ma bukanlah seorang yang paham komputer, bahkan ia belum pernah menggunakan komputer sebelumnya.

Setelah kembali ke China, tahun 1999 Ma bersama 17 temannya berencana mendirikan perusahaan ecommerce yang kemudian bernama Alibaba.com
 
Seiring kesuksesan besar yang diraih Alibaba Group, maka Jack Ma pun juga menjelma menjadi seorang yang sangat kaya. Ia menjadi milliarder dan dinobatkan menjadi orang terkaya di China dan terkaya kedua di Asia. Pada usia 50, ia dikabarkan memiliki kekayaan bersih USD 26,5 milliar. 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *