Mengenal Alphabet Sebagai Induk Baru Google

Posted on
alphabet
Selama ini pasti diantara kita mengenal Google hanya sebagai mesin pencari paling mumpuni di internet. Padahal google sebenarnya mempunyai banyak lini bisnis seperti google maps, android, blogger, youtube, Google Apps dan sebagainya. Selain bisnis inti tersebut ternyata google mempunyai proyek-proyek ambisius di segala bidang seperti mobil tanpa sopir, google glass, google loon dan masih banyak lagi.

Dikarenakan layanan google sudah merambah keluar dari inti bisnisnya, maka didirikanlah Alphabet untuk mengantisipasi. Dengan Alphabet maka cakupannya menjadi lebih luas dan google menjadi bagian dari lini bisnis Alphabet itu sendiri. Bila dijabarkan, perusahaan-perusahaan dibawah Alphabet diantaranya :

abc-copyGoogle
Google akan tetap fokus di layanan inti seperti mesin pencari, gmail, android, google plus, google maps, blogger dan youtube. Dengan didirikan Alphabet maka google diserahkan kepada Sundar Pichai asal India sebagai CEO, sedangkan Larry Page beralih menjadi menjadi CEO Alphabet dan Sergey Brin sebagai Presiden Alphabet 

Google X
Google X adalah perusahaan yang akan mengerjakan proyek-proyek ambisius google. Diantaranya yang telah kita ketahui adalah mobil tanpa sopir yang kemudian sekarang berkembang, perusahaan-perusahaan otomotifpun mengikuti jejak memproduksi mobil otonom tersebut. Ada juga Google Glass yang sempat heboh, namun sampai sekarang belum dipasarkan. Selain itu ada Google Loon, Blood Screening, lensa kontak canggih dan sebagainya.
 
Google Fiber
Fiber adalah penyedia layanan TV Kabel dan internet super cepat yang mencapai bandwidth 1Gbps.
 
Google Nest
Nest merupakan perusahaan startup Smart Home yang diakuisisi google. Nest memproduksi alat rumah tangga, thermostat, kamera pengawas dan perangkat lain yang terkoneksi
 
Google Calico
Calico merupakan perusahaan yang berfokus pada kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Proyek Calico sangat ambisius karena ingin mengakali waktu kematian manusia dalam hal penuaan dan penyakit.
 
Google Ventures
Google ventures fokus pada pengembangan dan pendanaan perusahaan yang sedang berkembang. Perusahaan yang ditarget adalah bidang software, internet, biotech, hardware dan layanan kesehatan.
 
Google Capital
Google capital juga mengurusi pendanaan namun lebih ke investasi pada perusahaan teknologi yang sudah solid bukan perusahaan berkembang atau startup.
 
Saat ini ada 7 perusahaan dibawah Alphabet. Sesuai dengan namanya, Alphabet merupakan cakupan huruf dari A hingga Z. Ambisi Alphabet adalah ingin membuat proyek-proyek yang namanya akan memenuhi setiap huruf pada alfabet, misal Calico memenuhi huruf C. 
 
Situs Alphabet adalah abc.xyz. Mengapa tidak menggunakan alamat alphabet.com? hal ini karena alamat tersebut sudah dimiliki oleh perusahaan jerman. Penggunaan alamat abc.xyz juga dapat merepresentasikan huruf alfabet, dan suatu saat domain .com akan ditinggalkan karena sudah sangat jenuh dan sulit untuk mendapatkan nama alamat yang pas.

0 thoughts on “Mengenal Alphabet Sebagai Induk Baru Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *