6 Tips Untuk Menjadi Pengembang IoT Handal

Posted on
Tips Menjadi Pengembang IoT
Internet of Things (IoT) via techrepublic.com

Anda ingin menjadi pengembang IoT atau IoT Developer? Sudah siapkah dengan ilmu yang dimiliki? Pelajari dulu hal yang dibutuhkan agar sukses jadi pengembang yang handal.

Perkembangan industri Internet of Things (IoT) diperkirakan akan booming di tahun 2017 ini, jumlah perangkat yang akan saling terhubung akan mencapai 8,4 miliar dan itu melebihi jumlah penduduk manusia dunia. Hingga di tahun 2020 diperkirakan akan ada lebih dari 20,8 miliar perangkat yang akan saling terhubung.

Saat ini sebagian dari masyarakat kita masih awam dengan sebutan Smart Home, Smart Car, Smart Office hingga Smart City. Namun nantinya semua itu menjadi hal yang biasa, seperti halnya awal mula kemunculan Smartphone dulu.

Baca juga:

 

Dengan potensi perkembangan IoT tersebut tentu akan membuka peluang besar bagi para pengembang. Industri ini akan membutuhkan banyak sekali pengembang IoT  yang harus menguasai tentang hardware dan software nya.

Industri ini akan melibatkan banyak disiplin ilmu seperti jaringan, keamanan, system engineering, cloud programming, dan pemrograman perangkat keras.

Ada setidaknya 4 hal dalam mengembangkan perangkat IoT, antara lain :

Perakitan perangkat keras. Merakit sebuah device atau perangkat fisik yang nantinya dapat terhubung dengan internet.

Pemrograman perangkat keras. Perangkat ini agar bisa terhubung membutuhkan sensor, hal ini membutuhkan keahlian membuat pemrograman untuk dapat membaca suatu data dari sensor yang tertanam di perangkat kemudian dikirimkan ke server.

Pemrograman server. Membuat pemrograman yang akan menerima dan menyimpan data yang dikirim dari perangkat. Keahlian yang harus dikuasai meliputi PHP, ASP.NET atau Node.js, dan query database berdasarkan MySQL.

Menampilkan data ke pengguna. Data dari server ditampilkan melalui website atau aplikasi smartphone. Keahlian yang harus dikuasai diantaranya PHP, Java Script, HTML, CSS dan MySQL.

Dengan memperhatikan 4 hal tersebut, maka dalam membuat suatu perangkat IoT dibutuhkan sebuah tim dengan keahlian khusus yang berbeda-beda tadi. Anda dapat mengambil salah satu peran dalam suatu tim, ada 6 tips untuk bisa sukses berkarir menjadi pengembang IoT yang dikemukakan oleh para ahli IoT yaitu :

1.Pemahaman yang mendalam tentang Sensor

Menurut Karen Panetta yang dilansir dari Techrepublic, seorang profesor teknik elektro dan komputer di Tutts University, menjadi pengembang IoT berbeda dari pengembang lain karena harus memiliki pemahaman mendalam tentang sensor dan komunikasi nirkabel. Maka dari itu, pengembang IoT direkomendasikan memiliki latar belakang ilmu komputer atau teknik elektro.

2.Sempurna dalam User Interface

Ketika mengembangkan sebuah produk komersial IoT, sangat penting memperhatikan kualitas dari pengalaman pengguna dalam mengakses data. Para pengguna menginginkan kemudahan, kesederhanaan dan keakuratan dalam menggunakan perangkat IoT dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak ada toleransi untuk sebuah kegagalan akses data yang ditampilkan.

Mentalitas untuk membuat produk yang berkualitas dan handal untuk sebuah kesempurnaan hasil haruslah dimiliki oleh para pengembang IoT.

3.Pelajari Java Script atau Python

Menurut ahli, untuk menjadi pengembang IoT disarankan untuk menguasai Javascript. Dengan segala kelebihannya, Javascript adalah bahasa pemrograman yang ideal dalam mengembangkan sebuah perangkat IoT. Selain Javascript, pengembang IoT akan cenderung menggunakan Python.

4.Bermain dengan Rasberry Pi

Bagi Anda yang tidak memiliki latarbelakang ilmu komputer atau teknik elektro, dapat mencoba bermain-main dengan Rasberry Pi untuk mengetahui bakat tentang proyek IoT.

Rasberry Pi merupakan sebuah mini komputer, dengan harga yang murah, sehingga sangat cocok untuk belajar bagaimana membangun sebuah proyek sederhana dengan menghubungkan sirkuit ke perangkat lunak. Jika Anda berbakat dan punya passion di pengembangan IoT, membuat demo sederhana dan proyek sendiri menggunakan Raspberry Pi pasti akan membuat Anda antusias dan tentu untuk melatih kemampuan juga.

5.Masuk dalam Komunitas

Dunia IoT merupakan dunia baru yang masih samar, bergabung dengan suatu komunitas yang berhubungan dengan IoT  meliputi pembuat, penemu ide hingga pengusaha akan membuat seseorang daat mengeksplorasi, mengembangkan hingga menyempurnakan ide menjadi proyek yang nyata.

6.Selalu update informasi teknologi

Menjadi pengembang IoT  haruslah selalu up to date dengan informasi teknologi, perkembangan informasi cepat sekali diperbaharui. Platform yang dibuat hari ini mungkin bisa jadi usang 6 bulan kemudian. Menjadi pengembang IoT adalah seorang yang juga pecandu berita teknologi, tahu berita lama, apa yang sedang tren saat ini, bahkan harus jeli dengan teknologi yang diperkirakan akan booming kedepannya.

Anda ingin menjadi pengembang IoT, sudah siapkah dengan ilmunya, jika belum segera kuasai ilmu yang dibutuhkan karena peluang besar menunggumu di depan mata.

(Referensi : techrepublic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *