7 Film Jadul Yang Meramal Internet of Things di Masa Depan

Posted on

Film jaman dulu mempunyai imajinasi teknologi tinggi yang meramalkan Internet of Things di Masa Sekarang dan saat ini benar-benar dapat terwujud.

Film-film Sci-Fi di masa lalu yang menampilkan teknologi canggih ternyata menjadi sebuah ramalan yang menjadi kenyataan. Padahal saat film itu dibuat, teknologinya masih kuno dibanding saat ini, namun imajinasi manusia memang mampu menembus batas masa.

Teknologi revolusioner yang dimulai saat ini dan diperkirakan akan mengubah dunia yaitu Internet of Things, ternyata sudah diramalkan oleh beberapa film di masa lalu. Tentu saja waktu itu belum ada sebutan Internet of Things. Sebuah teknologi yang menghubungkan segala obyek dengan internet sehingga menjadi serba otomatis dan saling terkoneksi.

Berikut ini adalah 7 film yang meramalkan tentang Internet of Things yang saat ini mulai menjadi kenyataan,

1.Back to The Future

Film legend tahun 1989 yang menampilkan teknologi canggih jauh dari masanya ini benar-benar seperti film peramal. Teknologi yang ditampilkan pada film tahun itu tentu sulit dibayangkan hanya dianggap sebagai khayalan belaka. Namun siapa sangka di jaman kita ini teknologi itu bisa diwujudkan. Seperti misalnya papan seluncur terbang (Hoverboard), mobil terbang hingga sidik jari biometrik.

Dari beberapa teknologi itu, yang berhubungan dengan Internet of Things adalah sebuah kacamata yang dipakai oleh Marty McFly. Kacamata tersebut mengingatkan kita pada Google Glass, sebuah kacamata canggih yang dapat terhubung internet, menavigasi dan mengambil gambar atau video.

2.Knight Rider

Bagi kamu yang lahir di tahun ’80 an dan masa kecil di tahun ’90 an pasti tahu film legendaris Knight Rider. Sebuah film TV Series yang selalu ditunggu-tunggu karena begitu memukau saat itu. Film yang pemeran utamanya menggunakan mobil canggih yang bernama KITT untuk memberantas kejahatan. Mobil ini begitu canggih karena dapat berkomunikasi dengan pemiliknya, sang driver dapat memanggil dari jarak jauh menggunakan jam tangan canggihnya, KITT dapat berjalan sendiri tanpa sopir dan menemukan lokasi drivernya.

Dan tentu KITT mengingatkan kita pada mobil Autonom yang saat ini benar-benar terwujud. Berawal dari proyek mobil Google yang dapat berjalan tanpa sopir, kini teknologi mobil otomatis tanpa sopir tersebut mulai digunakan oleh beberapa produsen mobil dunia.

3.Star Wars

Film legendaris lain yaitu bertema luar angkasa adalah Star Wars. Film ini menampilkan teknologi dimana segala hal saling terhubung di semua tempat, yang merupakan konsep Internet of Things. Untuk sebuah film yang dibuat tahun 1977 dan telah membicarakan tentang konektivitas dan otomatisasi merupakan sebuah hal yang mengagumkan.

star wars wallpaper
star wars via wonderfulengineering.com

4.Terminator

Film Sci-Fi sepanjang masa ini merupakan film teknologi canggih yang benar-benar mumpuni. Seorang sutradara James Cameron yang terbukti menghasilkan film-film fenomenal ini mempunyai imajinasi tinggi dalam teknologi. Film terminator muncul tahun ’90 an, dan sampai saat ini bila kita lihat film terminator dari seri pertama rasanya seperti melihat film jaman sekarang.

Teknologi yang ditampilkan seperti Kecerdasan buatan (AI) yang tertanam pada robot, Skynet sebuah komando militer otonom dan jaringan komputer menggunakan AI untuk membuat keputusan sendiri, serta teknologi pelacakan. Dan hampir semua teknologi itu saat ini dapat terwujud. Amazing.

5.Total Recall

Film ini juga muncul tahun 1990, dibintangi oleh Arnold Swarzenegger seperti halnya Terminator. Film yang menampilkan nuansa kondisi tahun 2084 tersebut menampilkan beberapa teknologi yang saat itu belum ada namun terwujud di era sekarang. Salah satunya adalah mobil taxi otomatis. Taxi tersebut berjalan tanpa sopir dan dikendalikan secara otomatis. Dan tentunya saat ini mobil seperti itu telah benar-benar ada.

total recall

6.Minority Report

Film ini muncul tahun 2002 yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Sama halnya seperti James Cameron, Steven juga merupakan sutradara yang sangat mumpuni dalam berimajinasi tentang teknologi masa depan. Film Minority Report menampilkan teknologi yang benar-benar nyata di jaman sekarang. Siapa yang mengira alat pengenal wajah, robot serangga, mobil tanpa sopir hingga rumah otomatis ini benar-benar dapat terwujud di masa sekarang.

minority report

7.Eagle Eye

Meskipun film ini muncul di tahun 2008 dimana teknologi canggih sudah mulai terlihat, namun penggambaran tentang Internet of Things dalam film ini sangat mengagumkan yang tentunya saat itu belum terlihat teknologi seperti itu.

Film ini menampilkan teknologi dimana semua obyek terhubung dengan internet di semua tempat, dan semua itu dikendalikan otomatis oleh pusat kontrol super komputer yaitu ARIIA yang disebut Eagle Eye. ARIIA merupakan super komputer dengan AI sehingga dapat membuat keputusan sendiri. Dimanapun sang pemeran utama (yang diperankan oleh Shia LeBouf) berada maka ia dapat terdeteksi oleh ARIIA melalui CCTV dan benda-benda elektronik lainnya dan bahkan mampu mengendalikan benda-benda tersebut selama terhubung internet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *