Ingin Jadi Miliarder? Temukan Solusi Teknologi Untuk Mengatasi 4 Masalah Dunia Ini

Posted on

Bill Gates mencipta Microsoft Windows dan Mark Zuckerberg mencipta Facebook, mereka menjadi miliarder karena menemukan solusi dari permasalahan yang ada saat itu.

Perkembangan dunia yang sudah sangat modern ini memiliki sisi positif dan negatif. Perkembangan industri, teknologi serta jumlah penduduk yang melonjak tentu memberi banyak keuntungan. Namun juga pasti akan ada permasalahan yang membutuhkan solusi. Dan manusia dengan kecerdasannya selalu dapat mencari solusi dari masalah yang timbul tersebut, seperti pemenuhan energi, air hingga solusi teknologi.

Seperti halnya Bill Gates yang membuat microsoft Windows atau Mark Zuckerberg yang membuat Facebook, mereka berhasil menemukan solusi dari permasalahan manusia saat itu sehingga lebih memudahkan hidup manusia. Maka Anda pun bisa seperti mereka.

Berikut ini adalah masalah di dunia yang harus dicari solusinya. Dan bila Anda dapat menemukan solusi teknologi untuk mengatasinya, Anda bakal sukses besar jadi miliarder.

1.Panel Surya yang Murah

Dengan pertumbuhan penduduk yang besar, kebutuhan akan energi juga meningkat dan dikhawatirkan akan terjadi krisis energi. Dalam satu dekade ini, berbagai upaya dilakukan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan energi. Salah satu sumber energi yang melimpah dan tak ada habisnya adalah energi surya.

Panas matahari merupakan energi terbarukan, namun teknologi saat ini yaitu panel surya masih tergolong mahal untuk digunakan. Indonesia merupakan daerah khatulistiwa yang kaya akan panas matahari sehingga sangat potensial untuk menambang energi surya ini. Nah bila Anda dapat membuat teknologi panel surya yang murah, praktis dan mudah digunakan oleh siapapun, maka sukses besar dapat diraih.

panel surya
Panel Surya via alibaba.com

2.Teknologi Wifi Hingga ke Pelosok

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini bagi manusia. Sudah separuh lebih penduduk dunia dapat mengakses internet. Namun sayangnya mereka yang berada jauh dari perkotaan, jauh dari jangkauan akses internet, sampai saat ini belum bisa menikmatinya.

Para ahli teknologi sudah berusaha mencari solusi agar internet dapat diakses hingga ke daerah terpencil meski infrastruktur tidak ada.

Google membuat Project Loon atau sebuah balon udara yang dilengkapi alat pemancar sehingga dapat menjangkau daerah pelosok melalui udara. Bahkan ujicoba dilakukan di Indonesia mengingat secara geografis sangat luas dan banyak daerah terpencil.

Google project loon
Google project loon via cnn.com

Facebook pun juga tidak mau ketinggalan, kali ini menggunakan drone pesawat. Dengan konsep yang sama seperti Google agar dapat menjangkau sampai pelosok melalui udara.

Facebook drone
Facebook drone

Tahun 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa dari total penduduknya 256,2 juta jiwa. Survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 ini mengindikasikan separuh lebih penduduk Indonesia terhubung internet, namun masih ada sekitar 123 juta yang belum tersentuh. Jumlah yang sangat besar dan menjadi peluang yang besar juga bagi negara kita bila semua penduduknya dapat mengakses internet.

Permasalahan itulah yang membutuhkan solusi konkret mengingat infrastruktur internet belum ada di pelosok daerah. Siapa tahu Anda dapat menemukan solusi tersebut.

3.Teknologi Desalinasi Air Laut

Desalinasi adalah proses pemisahan kandungan garam dalam air misalnya air laut, sehingga menjadi air tawar yang bisa digunakan. Penduduk bumi yang melonjak hingga mencapai 6 miliar jiwa tentu memberi dampak masalah dalam pemenuhan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Berbagai cara dicari guna memenuhi kebutuhan air tawar sedangkan sumber airnya justru berkurang. Sebenarnya bumi terdiri dari 70% air, namun sebagian besarnya adalah air laut yang tidak dapat dikonsumsi langsung. Untuk Indonesia yang merupakan negara maritim, sebagian besar lautan, maka sangat potensial untuk pemenuhan kebutuhan air melalui desalinasi air laut.

Bila Anda dapat membuat teknologi desalinasi yang murah dan praktis, maka hal itu akan menjadi sebuah penemuan besar bukan saja untuk Indonesia tapi juga untuk umat manusia.

4.Teknologi Peramal Bencana

Berbagai bencana terjadi terkadang tanpa dapat diduga sebelumnya. Ada beberapa bencana yang dapat diprediksi seperti gunung meletus. Namun ada juga bencana yang tak terduga seperti gempa bumi. Bila suatu bencana dapat diprediksi melalui tanda-tanda alamnya maka bencana seperti gempa bumi bisa jadi dapat juga diprediksi. Permasalahannya adalah belum ada teknologi yang dapat dipakai untuk meramalkannya. Dan bila saja suatu saat memang ada yang dapat membuatnya, tentu hal tersebut merupakan suatu penemuan besar.

(Referensi : Techinsider)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *