10 Bukti Manusia Akan Menjadi Cyborg di Masa Depan

Posted on

Manusia akan menjadi cyborg di masa depan bukanlah isapan jempol belaka. Dengan melihat teknologi saat ini dan ketergantungan manusia padanya menjadi bukti bahwa hal itu akan benar terjadi.

Cyborg singkatan dari Cybernetic Organism yang berarti campuran antara bagian organik dengan mesin. Istilah tersebut bila diterapkan pada manusia akan lebih tepat disebut sebagai manusia setengah robot. Namun istilah itu belakangan menjadi lebih umum, yaitu penyatuan antara manusia dengan teknologi.

Sebenarnya tanpa kita sadari, saat ini manusia sudah mulai menyatu dengan mesin atau teknologi. Lihat saja apapun aktivitas manusia tidak bisa lepas dari smartphone. Segala hal dalam kehidupan sehari-hari dapat diatur melalui aplikasi smartphone.

Para ilmuwan, pengusaha hingga perusahaan berlomba untuk menciptakan berbagai aplikasi baru nan canggih untuk membantu hidup manusia menjadi lebih kuat, lebih pintar, lebih tahan penyakit dan sebagainya.

Berikut ini 10 bukti manusia akan menjadi cyborg di masa depan,

1.RFID Chips

manusia cyborg
mikrochip seukuran beras via wikipedia.org

RFID atau Radio Frequency Identification merupakan sebuah metode identifikasi menggunakan sarana label atau transponder untuk menyimpan atau mengambil data dari jarak jauh. Label RFID yang hanya seukuran sebutir beras ini terdiri dari mikrochip silikon dan antena.

Sebenarnya mikrochip bukan merupakan hal baru, namun bila chips tersebut ditanamkan di tubuh manusia maka itu adalah suatu hal yang belum familiar saat ini. Dalam perkembangannya, penggunaan mikrochip yang ditanam di dalam tubuh akan menjadi solusi praktis pengganti kartu identitas diri.

Ritual merepotkan seperti membawa kartu-kartu identitas ke dalam saku atau dompet akan dapat teratasi. Data KTP, SIM, Paspor dan identitas lainnya sudah tersimpan di dalam RFID sehingga kita tidak akan lagi risau kehilangan dompet dengan isi kartu identitas lengkap.

Bahkan mikrochip ini bisa menjadi kunci elektronik, sehingga kita dapat membuka pintu rumah tanpa mengeluarkan kunci. Dan juga dapat menyimpan data riwayat kesehatan kita, sehingga memudahkan kita dalam memantau kesehatan diri.

2.Exoskeletons

manusia cyborg
hyundai eksoskeletons

Sebuah kerangka luar berbasis mesin. Exoskeletons ini akan mejadi sesuatu yang sangat membantu manusia. Pada suatu pertempuran, tentara yang memakai exoskeletons akan mempunyai kemampuan yang berlipat ganda, dan memungkinkan untuk membawa pasokan lebih banyak.

Pada manusia biasa, exoskeletons akan sangat berguna dalam membantu pekerjaan berat seperti tukang bangunan. Dengan exoskeletons, pekerjaan mengangkat beban menjadi lebih ringan.

Yang lebih merasakan manfaat besar adalah bagi mereka yang mengalami lumpuh karena penyakit tulang belakang. Dengan exoskeletons, maka akan membuatnya dapat berdiri dan berjalan lagi seperti biasa.

3.Penerjemah Bahasa Secara Real Time

Alat penerjemah sekarang ini telah banyak seperti yang paling populer adalah google translate. Namun dalam perkembangannya, mesin penerjemah ini semakin mendekati real time. Artinya untuk menerjemahkan tidak perlu harus menulis atau meng-copy-paste terlebih dahulu, langsung dalam sekejap seperti mengobrol biasa namun dengan bahasa berbeda.

Ditambah dengan perkembangan kecerdasan buatan, yang nantinya dapat ditanam ke aplikasi penerjemah sehingga bukan mustahil kita dapat bepergian kemanapun tanpa repot memikirkan kendala bahasa.

4.Mata Bionic

Saat ini untuk mengobati kebutaan dapat mengandalkan kamera yang dipasang pada lensa kacamata yang terdapat elektroda yang dilekatkan ke retina, dan ini adalah cara yang luarbiasa inovatif.

Lensa bionic ini ke depan akan terus dikembangkan untuk tujuan mengatasi para penderita mata sehingga dapat melihat dengan normal kembali.

Namun seorang Fisikawan Michio Kaku yang dilansir dari BigThink berpikir bahwa lensa bionic dapat dimanfaatkan bukan hanya untuk tujuan pengobatan. Lensa bionic dapat membuat manusia mempunyai penglihatan super. Lensa kontak teleskopik yang dapat memperbesar obyek dengan hanya mengedipkan dan dapat juga untuk melihat di dalam gelap atau night vision.

5.Smart Contact Lenses

manusia cyborg
mata bionic via industrytap.com

Sony dan Samsung telah mematenkan sebuah lensa kontak pintar yang dapat merekam video hanya dengan mengedipkan mata saja. Dan ini adalah sebuah awal yang sangat hebat untuk mewujudakan sebuah lensa mata yang fungsinya juga sebagai layar. Jika hal itu terjadi maka perubahan besar akan terjadi dalam kehidupan manusia.

Mata kita akan menjadi seperti sebuah layar smartphone dengan berbagai fungsinya. Smartphone ada di dalam diri kita.

6.Printer 3D Organ Tubuh

Saat ini telah ada yang berhasil memasang sebuah vagina fungsional. Namun ke depan, organ yang lebih penting seperti ginjal dan jantung akan dapat dibuat. Sebuah printer 3D akan menjadi solusi mengatasi masalah donor organ ini.

Para ahli bahkan meyakini kurang dari satu dekade, organ hasil cetak printer 3D akan dapat digunakan untuk donor organ. Dan ini tentu menjadi sebuah lompatan besar dalam bidang medis.

7.Smarter Drugs

Manusia tak terlepas dari obat. Entah obat yang paling ringan hingga berat. Namun para ilmuwan telah memulai untuk menciptakan sebuah obat yang berbasis genom.

Kode genetik manusia 99 persen identik namun 1 persennya itu yang membuat manusia menjadi berbeda satu dengan yang lain dari sifat hingga penyakitnya.

Sebuah terobosan besar pada tahun 2006 lalu bahwa para peneliti berhasil menguraikan kode genetik manusia secara tuntas. Selanjutnya para peneliti akan menyelesaikan proyek ambisius lagi yakni 1 juta genom personal hingga 2020.

Rencana ambisius menambang database genetik ini akan mempercepat inovasi obat pribadi yang cerdas.

8.Brain-Computer Interface

manusia cyborg
brain computer interface

Manusia saat ini sudah dapat mengendalikan kursi roda dan drone dengan pikiran. Sebuah Brain-computer Interface juga digunakan untuk berkomunikasi dengan seorang penderita sindrom langka.

Ke depan teknologi ini bukan hanya digunakan untuk para penderita sindrom. Dengan semakin berkembang teknologi maka tidak heran bila manusia suatu saat dapat saling berkomunikasi melalui pikiran layaknya telepati.

9.Mendesain Bayi

manusia cyborg
mendesain bayi

Kata mendesain bayi ini agaknya tepat karena dengan cara mengedit gen maka bayi yang diinginkan bisa dibuat.

Bayi dapat didesain yaitu sel telur ibu yang akan didonor di hapus intinya dan diganti dengan sel telur dengan genetika yang lebih bagus. Dan pada tahun 2016, bayi dengan donor 3 induk telah berhasil dibuat.

Sepertinya manusia nantinya dihadapkan pada pilihan, kalau bayi dapat didesain lalu kenapa kita harus berspekulasi dengan keadaan bayi kita. Terutama bila kita menyadari bahwa kita adalah pembawa gen yang merusak. Dengan cara desain bayi, maka gen yang merusak dihapus dan diganti dengan gen pendonor yang sehat.

Namun sepertinya teknologi ini akan banyak pertentangan karena menyalahi kodrat.

10.Merubah Organ Seksual

Beberapa tahun terakhir ini kita sering mendengar tentang implant payudara untuk memperbesar, implant pantat dan sebagainya dengan bahan silikon. Dan bahkan para transgender dapat melakukan operasi untuk perubahan kelamin secara lengkap.

Sepertinya tren ini akan terus berlanjut dan bahkan semakin sempurna dengan adanya perkembangan teknologi bidang medis yang pesat. Perubahan organ seksual tidak lagi hanya dengan silikon, namun dapat menggunakan bagian sel-sel kulit yang diprogram sehingga tumbuh sesuai yang diinginkan.

Entah akankah nantinya perubahan kelamin bisa dilakukan secara sempurna, bahkan untuk memodifikasi kelamin menjadi lebih sempurna sesuai yang diinginkan.

(Referensi : BigThink)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *