7 Mekanisme Pertahanan Tubuh Yang Telah Menjadi Kebiasaan Kita

Posted on

mekanisme pertahanan tubuh

Mekanisme pertahanan tubuh merupakan salah satu cara tubuh kita untuk bertahan hidup. Tanpa disadari kebiasaan sehari-hari kita merupakan sebuah mekanisme pertahanan itu.

Tubuh kita ini merupakan sebuah sistem kompleks yang memiliki siklus tertentu yang masih sulit kita pahami. Salah satunya adalah mengenai mekanisme pertahanan tubuh.

Tubuh kita seperti sudah terprogram secara otomatis dalam melakukan pertahanan setiap waktu selama 24 jam sepanjang hidup. Dengan mekanisme pertahanan tersebut, maka tubuh kita akan senantiasa bekerja sesuai dengan prosedur sehingga sistem dalam tubuh berjalan lancar dan normal.

Berikut ini ada 7 kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari dan tanpa disadarai merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh,

1.Bersin

Ketika saluran di hidung terdapat debu, mikroba atau “sampah” lainnya yang mengganggu, maka bersin adalah cara untuk mengeluarkan semua itu dari tubuh sebelum masuk ke dalam tubuh kita. Maka tidaklah mengherankan bila bersin biasanya terjadi saat kita sedang bersih-bersih rumah atau saat kondisi cuaca sedang tidak baik.

2.Menguap

Secara normal, kebiasaan kita menguap adalah saat kita mengantuk. Mengantuk terjadi karena tubuh sudah lelah dan otak kita sudah kelebihan beban pikiran. Dan menguap bertujuan untuk mendinginkan otak kita yang sudah panas dan kelebihan beban tersebut.

3.Cegukan

Cegukan biasanya terjadi saat kita makan berlebihan, makan terlalu cepat atau menelan makanan dengan ukuran besar. Hal ini akan menyebabkan iritasi pada saraf pneumogastric. Nah untuk memperbaikinya maka terjadilah cegukan karena hal ini berkaitan erat dengan perut dan diafragma untuk pernafasan.

4.Kulit telapak tangan mengkerut

Kerutan pada telapak tangan biasanya terjadi saat kita berada pada kondisi kelembapan air tinggi, misalnya saat terlalu lama berendam atau saat kehujanan. Ternyata saat jumlah uap air tinggi, tubuh kita akan “membaca” bahwa disekitar kita menjadi licin sehingga ada sebuah mekanisme otomatis dengan mengkerutkan kulit telapak tangan agar kita bisa lebih mudah memegang sesuatu.

5.Meregangkan otot (ngulet)

Biasanya saat kita bangun tidur secara spontan akan melakukan gerakan peregangan atau ngulet. Gerakan ngulet ini ternyata bermanfaat untuk melemaskan otot sendi, meningkatkan suhu tubuh dan melancarkan peredaran darah sehingga kita menjadi lebih segar setelah tidur semalaman.

6.Merinding

Orang-orang biasanya mengkaitkan merinding atau bulu kuduk berdiri dengan kehadiran hantu didekatnya. Padahal merinding merupakan suatu respons otomatis tubuh yang berkaitan dengan produksi hormon adrenalin secara tak sadar.

Adrenalin berkaitan dengan emosi kuat, rasa takut serta suhu dingin, dan ini menyebabkan kontraksi pada otot mini pada tiap rambut yang akhirnya menjadikan rambut akan berdiri.

7.Menangis

Menangis biasanya terjadi karena respon dari keadaan emosional seseorang entah itu sedih dan terluka atau saat sangat bahagia. Air mata selain berfungsi sebagai alat pertahanan dari benda luar yang masuk mata, juga untuk tujuan biokemikal yaitu untuk melepaskan rasa stress dan racun dari tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan kita sehari-hari yang ternyata tanpa disadari merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh. Tentu masih banyak mekanisme lain yang belum tertulis disini. Untuk itu maka kita pantas bersyukur tubuh kita diciptakan dengan sebuah sistem yang sempurna untuk keberlangsungan hidup yang baik.

 

(referensi : brightside.me)

2 thoughts on “7 Mekanisme Pertahanan Tubuh Yang Telah Menjadi Kebiasaan Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *