7 Teknologi Mutakhir yang Akan Kita Lihat di Tahun 2030

Posted on

teknologi mutakhir

Teknologi canggih saat ini akan menjadi cikal bakal munculnya teknologi mutakhir di masa depan yang menjadi bagian kehidupan manusia.

Masa depan adalah sekarang. Ungkapan itu sepertinya layak menggambarkan dunia kita saat ini. Sejak pesatnya era informasi melalui internet, segala teknologi dari berbagai bidang juga berkembang sangat pesat. Saat ini bila kita perhatikan, muncul teknologi-teknologi baru sebagai embrio yang nantinya hingga 10 tahun ke depan diperkirakan akan mengubah cara kita hidup di dunia ini.

Ini dia 7 teknologi mutakhir yang akan kita lihat hingga 2030 :

1.Internet menjadi hak dasar

Saat ini manusia hampir tidak dapat lepas dari internet. Segala lini kehidupan dari sosial, komunikasi, pekerjaan, bisnis, belanja, pemerintahan, berita, hingga kebutuhan sehari-hari dapat kita akses melalui internet. Wajar jika akan menjadi seperti kiamat bila jaringan internet di dunia ini mati sehari saja.

Dan menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri juga bila kebutuhan akan akses internet ini menjadi sebuah kebutuhan mendasar bagi manusia modern saat ini.

Dari jaringan internet inilah muncul teknologi lain seperti Robot, Artificial Intelligence hingga Internet of Things yang mengotomatisasi banyak perangkat seperti mobil autonom, rumah cerdas dan sebagainya.

Dengan memandang hal tersebut, maka tidak heran bila internet nantinya menjadi hak dasar bagi kehidupan manusia layaknya kemunculan listrik pada jaman dahulu.

2.Sensor

Teknologi sensor berkembang mengikuti perkembangan dari Internet of Things (IoT). Saat ini saja teknologi IoT yaitu teknologi yang memungkinkan semua benda/perangkat dapat saling terhubung melalui jaringan internet, sudah berkembang dengan cepat. Benda-benda yang akan terhubung akan terus bertambah hingga di tahun 2020 diperkirakan akan mencapai lebih dari 20 miliar perangkat.

IoT tidak bisa terlepas dari sensor karena sebuah perangkat akan dapat terhubung karena ada sensornnya. Seperti misalnya lampu yang bisa dikendalikan melalui smartphone, pasti terhubung internet dan pada lampu harus tersemat sensor.

Teknologi sensor akan semakin canggih hingga nantinya dapat ditanam ke tubuh manusia sebagai solusi medis.

3.Medis

Selain teknologi sensor yang akan sangat membantu dalam dunia medis. Teknologi printer 3D yang saat ini mulai berkembang dengan pesatnya juga akan merambah ke dunia medis.

Ketika saat ini donor organ masih menjadi solusi untuk mengatasi organ yang telah rusak, dan itupun belum tentu tersedia pendonor organ dan belum tentu cocok. Maka dengan printer 3D, organ manusia seperti jantung atau ginjal dapat dibuat dengan mudah.

4.Implant Perangkat

Semakin canggih perangkat maka ukurannya justru menjadi semakin mini. Bahkan saat ini kemunculan nanoteknologi menjadi isyarat bahwa kita akan memasuki era teknologi seukuran nano. Tidak mengherankan bila nantinya apa yang tiap hari kita pergunakan seperti misalnya telephone akan dapat disematkan atau diimplant dibalik kulit kita.

Kartu identitas yang tiap hari kita bawa didompet yang bisa saja lupa, nantinya id card tersebut dapat disematkan di dalam tubuh kita dan tinggal discan saat penggunaan.

Dan bahkan sebuah perangkat dapat disematkan di otak manusia yang memungkinkan manusia dapat saling berkomunikasi hanya dengan pikiran saja. Seperti telepati namun kali ini menggunakan teknologi.

5.Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan saat ini telah berkembang pesat. Sebenarnya secara tidak kita sadari, AI telah digunakan secara luas, misalnya ramalan cuaca, prediksi di mesin pencari, aplikasi pencari rute perjalanan Waze hingga Siri dan Cortana.

AI memiliki kemampuan untuk mempelajari data yang diterima dan dianalisis sehingga dapat belajar dari suatu kesalahan. Dengan algoritma khusus, maka semakin banyak data yang dianalisis maka AI juga semakin hebat dalam memprediksi.

AI sangat membantu pekerjaan manusia. Manfaatnya sudah sangat besar dirasakan. Namun ada kekhawatiran pula bila suatu saat AI bisa semakin pandai dibanding manusia. Kekhawatiran yang wajar, tapi manusia sudah mengantisipasi sedini mungkin kemungkinan itu.

6.Mobil Cerdas

Saat ini produsen mobil berlomba-lomba untuk membuat sebuah mobil otomatis tanpa sopir atau lebih dikenal dengan mobil autonom (smart car). Bermula dari proyek Google yang berhasil menciptakan mobil tanpa sopir, saat ini teknologi tersebut sudah bisa secara penuh diaplikasikan.

Mobil autonom muncul setelah berkembangnya Internet of Things. Melalui sensor yang terpasang pada mobil dan juga jaringan internet, maka mobil dapat bergerak sesuai arahan keduanya.

Suatu saat bis dan taksi di kota besar seluruh dunia akan berlaih ke mobil autonom sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.

7.Robot

Imajinasi manusia tentang robot sudah semenjak dulu kala. Dan saat ini teknologi robot telah berkembang dengan sangat pesat. Negara-negara yang telah maju dalam bidang teknologi seperti Jepang, Amerika, Jerman atau Rusia telah menghasilkan berbagai robot dengan berbagai bentuk dan kegunaan.

Dari robot hewan seperti robot burung, robot ikan, robot cheetah hingga robot manusia dan yang sedang booming adalah robot seks. Robot dengan bentuk wanita lengka dengan bagian tubuh wanita dan dibuat semenarik mungkin.

Perkembangan robot yang ditanami kecerdasan buatan pun sudah dilakukan. Dan hal ini memunculkan kekhawatiran seperti yang terjadi pada film Terminator dimana robot akan beralih menguasai manusia.

Bahkan Elon Musk, CEO SpaceX, melontarkan ide sebaiknya manusia di masa depan beralih menjadi cyborg atau setengah robot untuk mengatasi kemungkinan robot cerdas akan membelot pada manusia. Namun demikian, segala kemungkinan tersebut pastilah sudah dipertimbangkan dan dicari solusinya.

Perkembangan teknologi memberi manfaat yang sangat besar bagi manusia dan tentu tak terhindarkan juga akan efek negatifnya.

Itulah 7 teknologi yang akan kita lihat hingga 10 tahun ke depan dan bersiaplah untuk menuju perubahan besar pada dunia kita.

(image:pwc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *