10 Jembatan Penyeberangan Hewan Liar Yang Membuktikan Negara ini Peduli Pada Hewan

Posted on

Jembatan penyeberangan hewan memang tidak lazim di Indonesia. Namun di beberapa negara lain, jembatan dan juga terowongan sengaja dibangun khusus untuk hewan liar agar mereka mudah untuk menyeberang jalan raya.

Sudah sering kita melihat di jalan raya ada bangkai hewan seperti kucing dan ular. Kedua hewan ini adalah contoh hewan yang mati tertabrak kendaraan saat hendak menyeberang jalan raya. Hewan tidak lah sama dengan manusia dalam hal ini karena hewan tidak memiliki ketrampilan yang baik dalam menyeberang jalan raya.

Di beberapa negara ada beberapa masalah tentang hewan liar yang tertabrak kendaraan dikarenakan menyeberang secara tiba-tiba. Rusa, kanguru, kura-kura hingga kepiting merupakan beberapa hewan yang seringkali menjadi masalah di jalan raya. Untuk itulah mereka berusaha membangun jembatan ataupun terowongan khusus untuk hewan ini agar memudahkan untuk menyeberang.

Jembatan ini tentu dibuat sedemikian rupa menyesuaikan dengan hewan apa yang akan menyeberang.

Di kawasan Taman Nasional Banff di Alberta, Kanada terdapat 24 jalan layang hijau di atas jalan raya yang sibuk untuk membantu hewan seperti beruang, rusa dan serigala agar menyeberang dengan aman.

Di Oamaru, Selandia Baru, dibuat terowongan khusus untuk penguin yang migrasi dari pelabuhan ke sarang lokal sehingga tidak terganggu oleh lalu lintas di atasnya.

Di pulau Christmas, terletak dekat dengan Australia, setiap tahun ada jutaan kepiting yang bermigrasi dan memenuhi badan jalan raya sehingga banyak sekali yang mati terlindas. Untuk itulah dibuat jembatan khusus para kepiting ini agar mereka aman dan tidak mengganggu para pemakai jalan.

Masih ada beberapa negara yang melakukan hal yang sama. Berikut ini sepuluh foto jembatan penyeberangan hewan liar yang membuktikan negara ini peduli pada makhluk hidup lain.

1.Jembatan layang di Taman Nasional Banff, Kanada berjumlah 24 untuk membantu rusa, beruang dan serigala menyeberang.

jembatan hewan liar

2.Jembatan tali yang membantu tupai menyeberang di malam hari

jembatan hewan liar

3.Jembatan hewan liar yang dihiasi dengan pohon-pohon dan semak-semak di Singapura.

jembatan hewan liar

4.Terowongan yang menghubungkan 2 gurun di Kenya khusus untuk Gajah sehingga aman dari kendaraan.

jembatan hewan liar

5.Jembatan khusus tupai yang dibangun tahun 1963 di jalan utama di Longview, Washington.

jembatan hewan liar

6.Sebuah terowongan kecil untuk kura-kura yang menuju laut agar aman saat menyeberang rel kereta di Jepang.

jembatan hewan liar

7.Jembatan jaring khusus monyet yang dibangun di atas jalan raya di Bahia, Brasil.

jembatan hewan liar

8.Jembatan hewan di Montana dibuat khusus singa gunung, beruang, rusa dan lain-lain.

jembatan hewan liar

9.Jembatan khusus yang dirancang agar jutaan kepiting yang bermigrasi di Pulau Natal untuk bertelur di dekat Samudra Pasifik aman dari terjangan mobil di jalan raya.

jembatan hewan liar

10.Terowongan yang dibangun di bawah jalan raya dekat pelabuhan di Oamaru, Selandia Baru, khusus untuk Penguin biru agar aman berjalan dari pelabuhan ke sarang mereka.

jembatan hewan liar

(referensi : dailymail)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *