10 Rumus yang Telah Mengubah Dunia Seperti Sekarang

Posted on

rumus

Rumus digunakan oleh para ilmuwan sejak dulu kala untuk menuangkan pikiran geniusnya dengan cara yang lebih sederhana. Seiring perjalanan waktu sejak ribuan tahun lalu, telah membuktikan bahwa hanya dengan satu rumus saja telah mampu mengubah dunia.

Matematika merupakan dasar dari berbagai cabang keilmuan dalam menemukan sebuah solusi secara sederhana. Melalui rumus matematis maka sebuah teori yang dikemukakan ilmuwan dapat disampaikan secara sederhana dan lebih mudah untuk diterapkan.

Waktu telah membuktikan bahwa hanya dengan satu rumus saja, ilmuwan dapat membuat perubahan besar pada dunia ini.

Berikut ini 10 rumus yang telah mengubah dunia dari waktu ke waktu.

1.Hukum Gravitasi Newton.

rumus mengubah duniaSir Isaac Newton merupakan salah satu ilmuwan terbesar sepanjang masa. Teorinya yang sangat terkenal yaitu hukum gravitasi universal. Teori gravitasi Newton menjelaskan bahwa setiap benda memiliki gaya tarik menarik yang dipengaruhi oleh massa nya. teori tersebut yang dapat menjelaskan bagaimana bumi bergerak dan juga planet-planet sehingga dapat lebih memahami cara alam semesta ini bekerja.

Teorinya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1687 melalui bukunya The Principia. Teori gravitasi Newton telah digunakan hingga 200 tahun sebelum akhirnya digantikan oleh teori gravitasi umum Einstein.

2.Teori Relativitas Einstein

E =  m . c2

Albert Einstein merupakan seorang ilmuwan yang sangat terkenal hingga saat ini. Teorinya yang paling terkenal adalah mengenai relativitas. Teorinya mengenai ruang dan waktu telah mampu mengubah pemahaman cara kerja alam semesta ini secara radikal.

Teorinya tentang gravitasi umum telah mampu mematahkan teori gravitasi Newton, dimana gravitasi merupakan efek lengkungan ruang waktu bukan karena massa benda. Namun secara klasik, teori Newton tidak sepenuhnya salah dan tetap dapat menjelaskan cara kerja alam ini.

3.Teorema Pythagoras

c2 = a2 + b2

Teorema pythagoras merupakan prinsip dasar dalam geometri Euklides. Teorema ini dikemukakan oleh seorang matematikawan dan ahli filsuf Yunani sejak akhir abad ke-6 SM.

Teorema pythagoras menjelaskan tentang keterkaitan antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku.

4.Logaritma

log xy = log x + log y

Logaritma dikemukakan pertama kali oleh John Napier pada awal abad 16. Logaritma sering digunakan untuk memecahkan persamaan yang pangkatnya tidak diketahui. Logaritma digunakan untuk memecahkan integral karena turunannya mudah diketahui.

Dalam sains dan teknik, misalnya untuk mengukur intensitas gempa bumi, mengukur intensitas bunyi, mengukur terangnya bintang dalam astronomi.

5.Persamaan Maxwell

∇ x E = – ∂B/∂t

James Clerk Maxwell adalah seorang fisikawan Inggris yang mampu menjelaskan hubungan antara listrik dan magnet. Meski sebelumnya telah banyak teori tentang listrik dan magnet, namun tidak dapat menyatukannya dalam satu teori terpadu. Maxwell adalah orang yang mampu menyatukannya dalam empat persamaan sederhana dan dapat menjebarkan secara tepat hubungan listrik dan magnet.

6.Hukum II Thermodinamika

dS ≥ 0

Clausius menyatakan bahwa energi secara alami mengalir dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah dan tidak sebaliknya. Perubahan bentuk energi terjadi secara irreversible artinya hanya terjadi dalam satu arah saja.

Contoh penerapan Hukum 2 Termodinamika yaitu pada mesin pendingin dan pemanas.

7.Kalkulus
rumus mengubah dunia

Beberapa konsep kalkulus sebenarnya sudah dikembangkan di beberapa negara seperti Mesir, Yunani, Cina dan sebagainya. Namun penggunaan kalkulus modern dimulai di Eropa oleh Newton dan Leibniz pada abad ke-17.

Aplikasi kalkulus meliputi perhitungan kecepatan, percepatan, luas. volume, pusat massa, dan lain sebagainya.

8.Persamaan Schrodinger

rumus mengubah duniaPersamaan ini dikemukakan oleh fisikawan Austria Erwin Schrodinger tahun 1925. Persamaan ini menjelaskan hubungan ruang-waktu pada sistem mekanika kuantum.

Dari persamaan ini kemudian membuka jalan menuju penemuan energi nuklir, mikroskop elektron, mikrochips, dan komputer kuantum.

9.Teori Informasi

rumus mengubah duniaTeori informasi adalah bagian dari matematika terapan, cabang dari matematika peluang dan statistika. Aplikasinya meliputi kompresi data (contoh pada file MP3), kompresi data tanpa cacat (contoh file ZIP), dan pengkodean kanal (contoh DSL,ADSL).

Implementasi teori ini berdampak langsung dengan jaringan komputer, jaringan internet, jaringan telepon genggam, hingga pemahaman mengenai lubang hitam dan galaksi.

10.Teori Chaos

x(n+1) = kx(n) (1 – x(n))

Teori chaos adalah suatu sistem dinamik yang sangat sensitif terhadap nilai awal dan sangat sulit memprediksi dalam jangka waktu lama. Perubahan yang sangat kecil pada kondisi awal akan mempengaruhi perubahan drastis dalam jangka panjang.

Penerapan teori chaos diantaranya pada meteorologi, komputer sains, ekonomi, biologi, sosiologi, teknik.

(Referensi : wikipedia dan futurism)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *