7 Tren IoT Akan Terlihat di Tahun 2017

Posted on

Tren IoT

Era internet of things (IoT) semakin menggurita secara global di berbagai bidang kehidupan manusia.  Tren IoT diprediksi akan terlihat di tahun 2017 ini mulai dari bidang industri, kesehatan hingga kecerdasan buatan.

Keberadaan internet membuat manusia semakin bergantung padanya. Dari hanya sekedar mencari informasi hingga untuk membantu berbagai aktivitas sehari-hari. Karena itulah tren IoT yang menjadikan semua benda, semua aktivitas akan terhubung melalui internet semakin terlihat.

Di tahun 2016 lalu booming mengenai mobil autonom hingga game augmented reality Pokemon Go. Jika melihat perkembangannya, tren IoT di tahun lalu akan terus berlanjut di 2017 ini yang tentu lebih disempurnakan. Selain itu akan semakin banyak bidang lain yang mengikuti tren IoT tersebut secara global.

Baca juga : Era Internet of Things Akan Segera Mengubah Dunia

Berikut ini 7 prediksi tren IoT yang akan terlihat di tahun 2017,

1.Kecerdasan Buatan / Artificial Intelligence (AI)

Perkembangan Kecerdasan buatan (AI) semakin kesini semakin mendekati sempurna. Amazon, Google, Microsoft dan Facebook masing-masing memiliki aplikasi asisten berbasis AI. Tahun 2017 ini diprediksi muncul gelombang baru inovasi berbasis kecerdasan buatan, hal itu didorong dari semakin canggihnya aplikasi asisten seperti Siri, Alexa, Cortana dan jenis AI lainnya.

Teknologi AI ini dapat membuat keputusan seperti halnya otak manusia. AI dapat mereplikasi beberapa kemampuan khusus dari kecerdasan. Pada prinsipnya, algoritma AI mengumpulkan fakta dari sensor atau input manusia. Komputer akan membandingkan fakta dengan informasi yang telah tersimpan. Kemudian komputer akan memutuskan tindakan apa yang dianggap paling berhasil berdasarkan informasi yang terkumpul.

Kita akan mulai memasuki tahap awal penggunaan Internet berbasis AI. Akan terjadi pergeseran dari penggunaan teknologi dengan antarmuka 2D seperti layar handphone atau laptop, ke antarmuka 3D. Dengan antarmuka 3D maka lingkungan fisik sekitar akan menjadi antarmuka internet Anda. Contohnya Go Jek yaitu sebuah aplikasi ojek online dimana Anda berinteraksi dengan layanan digital dan secara real time Ojek yang diminta akan mendatangi lokasi secara langsung.

2.Bidang Industri

Kita nantinya akan mulai terbiasa mengetahui adanya lampu cerdas di perkotaan. Lampu yang bekerja otomatis berubah tingkat terangnya berdasarkan tingkat pencahayaan di lingkungan sekitarnya. Dengan begitu maka akan mengalami penghematan karena energi yang dikeluarkan hanya sesuai dengan kebutuhannya saja. Hal itu akan mempengaruhi bidang industri untuk menghasilkan produk berbasis IoT seperti itu.

Selain itu ada juga produk industri bidang pertanian dan peternakan dimana pemantauan tanaman dan hewan serta pakannya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan secara otomatis. Dan tentu produk bidang lain yang pasti mengikuti tren IoT ini untuk penghematan, fleksibilitas dan efektifitas.

3.Keamanan dan Privasi IoT

Ketika era IoT hadir dimana semua perangkat akan terhubung melalui internet, maka tentu akan diikuti kekhawatiran tentang keamanannya dan privasi yang harus terjaga. Bayangkan saja misal mobil autonom diretas oleh hacker sehingga bisa dikendalikan dari jauh, tentu akan sangat merugikan. Apalagi bila berhubungan dengan keamanan suatu negara atau pemerintahan karena IoT akan terus berkembang hingga terwujud smart city dan smart nation.

Oleh karena itu, kita akan melihat tahun 2017 ini pembuat kebijakan akan mulai membuat pedoman keamanan IoT di seluruh industri dan pemerintahan. Semakin berkembang IoT maka penjahat cyber juga semakin canggih, tentu berharap akan banyak pemain yang berperan di bidang keamanan dan privasi IoT ini.

4.Perawatan Kesehatan

Tahun 2017 akan mulai terkikis perbedaan perangkat kesehatan di rumah dengan yang ada di klinik. Akan bermunculan perangkat kesehatan untuk mengontrol kebugaran, memonitor jantung, tekanan darah dan juga kadar insulin. Informasi dari perangkat tersebut akan otomatis terkirim ke perangkat milik dokter pribadi sebagai data kesehatan pasien sehingga dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan secara tepat. Namun tentunya hal tersebut membutuhkan sistem keamanan yang baik untuk mencegah data dicuri atau diubah hacker.

5.Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Tahun lalu dunia dihebohkan dengan sebuah game Pokemon Go berbasis AR serta kemunculan perangkat VR Oculus Rift besutan facebook. Bila di awal kemunculannya VR dan AR masih digunakan sebatas dalam industri game, maka tahun 2017 ini diprediksi akan merambah ke bidang yang lebih real di berbagai bidang industri. Menggabungkan IoT dengan AR/VR tentu akan membuat sebuah perubahan besar dalam sistem industri sehingga lebih efektif.

6.Pembayaran Digital

Pembayaran digital memungkinkan seseorang melakukan pembayaran secara mobile tanpa kontak langsung. Pembayaran digital kian hari kian mempunyai daya tarik dan kepercayaan dari pengguna. Kepercayaan ini akan memungkinkan penyedia pembayaran digital mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan mulai menawarkan transaksi tak terbatas. Seperti kemunculan ponsel dulu, jenis perdagangan dengan pembayaran digital nantinya akan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari secara signifikan.

7.Lingkungan IoT

IoT nantinya akan mempengaruhi lingkungan di sekitar kita dalam hal pengelolaan sehingga lebih efektif dan efisien. Perangkat IoT melalui sensor untuk memantau hutan, air, pertanian, perikanan hingga jembatan akan menjadi tren yang tak terelakkan.

Sistem irigasi cerdas dengan cara mengumpulkan data kandungan tanah dan faktor lingkungan lainnya melalui jaringan nirkabel untuk tujuan mengurangi limbah air. Sistem ini juga akan menghemat air karena akan menganalisis data tadi secara selektif untuk mengairi berbagai bidang tanah sesuai kebutuhan.

Monitor serangga otomatis yang dapat mengirim data jenis serangga secara nirkabel. Dengan cara ini, petani dapat mendeteksi peta jenis serangga beserta GPS nya sehingga penanganannya akan lebih efektif.

Dalam bidang peternakan ikan, sebuah alat pemberi makan ikan cerdas dapat mendeteksi melalui sensor tentang kondisi ikan yang lapar sehingga alat tersebut akan secara otomatis memberi makan ikan sesuai kebutuhan ikan tersebut. Selain itu data yang didapat akan dikirimkan secara nirkabel sehingga peternak dapat memantau secara fleksibel dari manapun.

Sensor pada jembatan akan mengirimkan data secara nirkabel untuk memantau keamanan jembatan meliputi getaran, tekanan, kelembaban dan suhunya. Sehingga memungkinkan untuk dilakukan pencegahan dan perbaikan jembatan secara tepat.

Dan masih banyak lagi tren IoT yang akan difungsikan di lingkungan sekitar kita. Manfaat dari IoT akan semakin dapat dirasakan karena dapat secara tepat, efektif dan efisien dalam operasional sehingga dapat menghemat energi dan biaya.

(Refernsi : TechRepublic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *