7 Cara Menjaga Ingatan Agar Tidak Pikun Lebih Cepat

Posted on

cara meningkatkan ingatan

Menjaga ingatan agar tetap tajam di usia senja adalah keinginan setiap orang. Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan ingatan dapat dimulai sejak usia 20 an.

Jika Anda pernah mengalami pergi ke dapur tapi lupa barang apa yang ingin diambil. Atau saat Anda sedang mengobrol dan tiba-tiba lupa mengingat nama seseorang. Atau saat Anda pergi ke toko dan lupa barang apa yang ingin dibeli. Bisa jadi Anda sudah mulai mengalami penurunan daya ingat.

Anda merasa menjadi sangat pelupa. Memang sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehilangan ingatan dapat dimulai sejak usai 20 an dan berlanjut hingga bertambahnya usia.

Sebenarnya ada cara untuk menjaga ingatan kita agar tidak menurun dengan tajam. Berikut ini 7 cara yang dapat Anda coba agar tidak pikun lebih cepat.

1.Sarapan Pagi Dengan Karbohidrat

Sarapan itu penting. Namun hal yang sebenarnya sederhana ini justru sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Bagi karyawan atau anak sekolah, mereka terkadang melupakan sarapan agar tidak terlambat masuk kerja atau sekolah.

Melewatkan sarapan dengan karbohidrat akan membahayakan ingatan Anda. Otak perlu energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Sarapan yang baik adalah yang mempunyai kandungan karbohidrat, bisa roti atau nasi. Karbohidrat sangat penting karena akan dikonversi menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel otak.

Sarapan dengan nasi atau roti ditambah telur dan susu akan sangat baik untuk memulai aktivitas dengan otak yang bekerja maksimal.

2.Olahraga Sebelum Bekerja

Pagi hari sebelum bekerja ada baiknya Anda melakukan olahraga, karena dapat memperlancar peredaran darah dan menaikkan aliran darah ke noggin.

Noggin adalah protein yang bertindak sebagai agen kontra terhadap protein lain, sehingga merangsang peningkatan pembagian sel otak, menyebabkan otak tetap aktif dan gesit.

Anda juga dapat menghafal kosa kata 20% lebih cepat ketika kegiatan menghafal dilakukan setelah melakukan latihan intensif seperti olahraga daripada aktivitas yang ringan.

3.Mengubah Jenis Font

Apa hubungannya jenis huruf (font) dengan daya ingat?

Biasanya jenis huruf yang kita gunakan dalam sebuah tulisan sehari-hari atau resmi adalah Times New Roman. Cobalah gunakan jenis huruf yang berbeda dari biasanya karena berfokus pada jenis huruf yang baru akan membuat otak kita bekerja lebih keras dari biasanya.

Dengan cara sederhana itu, otak akan terus aktif dan terus bekerja sehingga dapat menjaga daya ingat.

4.Searching Web

Jangan salah….kegiatan sepele seperti melakukan searching di internet ternyata dapat menjaga daya ingat juga. Menghabiskan satu jam sehari untuk melakukan searching tentang hal baru untuk menambah pengetahuan akan dapat merangsang bagian  lobus frontal  yang berperan dalam mengendalikan ingatan jangka pendek.

Sirkuit neural pada otak yang terlibat dalam pengambilan keputusan, kemampuan verbal dan kemampuan visual-spasial, juga menjadi sangat aktif saat Anda melakukan pencarian di internet.

5.Menggerakkan Mata di Tempat Parkir

Anda mungkin pernah lupa saat ingin mengambil kendaraan di tempat parkir di Mall atau pasar. Cobalah latihan sederhana ini : saat Anda berada di tempat parkir Mall, perhatikan dimana Anda memarkir kendaraan, kemudian gerakkan mata Anda dari sisi ke sisi setiap 1/2 detik delama 30 detik sambil berdiri di tempat.

Melakukan gerakan mata sederhana ini ternyata dapat meningkatkan ingatan Anda 10%. Gerakan ekstra tersebut dapat membantu mengingat sebuah informasi penting.

6.Tidur Siang

Para peneliti menemukan, mereka yang sepanjang hari terjaga tanpa tidur siang cenderung lebih sulit mempelajari tugas-tugas baru. Tidur selama satu jam di siang atau sore hari dapat meningkatkan daya kerja otak.

Tidur siang juga dapat meningkatkan kapasitas memori otak, meningkatkan kemampuan dalam mempelajari fakta dan tugas baru.

7.Membersihkan Gigi Sebelum Tidur

Membersihkan gigi dianjurkan dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Biasanya kita membersihkan gigi menggunakan sikat gigi. Namun itu sebenarnya belum cukup, akan lebih baik lagi bila menggunakan Dental Foss atau benang gigi.

Flossing adalah kegiatan membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Meski masyarakat telah banyak yang mengetahui namun hanya sedikit yang mempraktekkan.

Alasan pentingnya membersihkan gigi karena bila gigi tidak bersih, bisa jadi akan menyebabkan peradangan gusi sehingga memudahkan bakteri jahat masuk ke aliran darah. Begitu berada di aliran darah maka bakteri bisa menyebabkan radang di seluruh bagian tubuh termasuk otak yang bisa menyebabkan disfungsi kognitif.

(Referensi : Health, Dental)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *