7 Jenis Virus Online dan Cara Mengatasi

Posted on

jenis virus online dan cara mengatasi

Jenis virus online bermacam-macam dengan berbagai tipe dan tujuannya. Netizen perlu waspada dengan jenis virus online yang suatu saat bisa saja menyerang perangkatnya.

Semakin hari segala aktivitas sehari-hari sudah secara online, baik itu berhubungan dengan pekerjaan maupun hiburan. Dengan interaksi online yang meningkat maka meningkat pula peluang untuk terkena virus.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui jenis virus online yang tersebar di jagat maya ini. Dengan mengetahui maka menjadi tahu pula bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini rangkuman 8 jenis virus online dan cara mengatasi :

1.Malware

Malware singkatan dari Malicious Software, yaitu sebuah software atau program komputer untuk tujuan jahat. Malware bertujuan untuk mencari kelemahan dari software atau sistem operasi/jaringan komputer sehingga dapat merusak sistemnya.

Malware dapat mengedit bahkan menghapus data dari sistem sehingga sangat merugikan pengguna. Selain itu malware juga dapat menyebar melalui website dan biasanya google akan memberi peringatan saat membuka website yang terinfeksi malware.

Yang termasuk malware diantaranya virus, worm, spyware, trojan, dan lainnya. Dengan kata lain hampir semua program yang mempunyai tujuan jahat pada sebuah perangkat komputer atau gadget merupakan malware.

Cara mengatasi :

  • Dapat diatasi menggunakan antivirus. Banyak antivirus handal dan gratis seperti Avira, Norton, AVG, dan sebagainya.
  • Dengan malware scanner. Terkadang antivirus tidak dapat mendeteksi 100 persen malware yang ada di komputer. Maka ada baiknya dideteksi juga dengan program malware scanner seperti malwarebytes, BitDefernder Free edition, dan sebagainya.
  • Bila semua cara telah dilakukan tapi tetap tidak dapat mengatasi, maka jalan terakhir adalah instal ulang komputer.

2.Trojan Horse

Trojan horse atau kuda troya adalah program yang dibuat seolah-olah baik dan bermanfaat (misalnya game, crack, .jpg, .doc, dan sebagainya) namun ternyata merusak. Trojan dapat ditunggangi malware lain dan ikut menyebarkannya.

Cara mengatasi :

  • Diatasi dengan antivirus. Lakukan scan untuk mendeteksi dan menghapusnya.
  • Bila sulit diatasi bisa memformat hard drive dengan resiko banyak data ikut hilang namun pasti trojan akan terhapus permanen.

3.Botnet

Botnet merupakan suatu kegiatan menyusupkan program tertentu (bots) ke server-server komputer yang ditanam melalui malware. Cara bekerjanya seperti zombie yang bisa diperintahkan dan digerakkan untuk keperluan DDOS, logging, recover, dsb.

Botnet sangat berbahaya. Penjahat cyber yang mengirim botnet dapat mengontrol komputer target. Data yang dapat dicuri diantaranya windows/unix password, email account, control panel, dsb.

Maka dari itu kita yang suka berselancar di internet harus sangat berhati-hati karena banyak data-data penting melalui email.

Cara mengatasi / pencegahan :

  • Selalu update antivirus
  • Pilih password yang sulit ditebak, buat password yang berbeda-beda di akun berbeda dan rutin mengganti password.
  • Install Firewall

4.Virus

Virus ini sebenarnya bagian dari malware. Namun masyarakat kita sudah terlanjur terbiasa menyebut ancaman apapun yang menyerang komputer/gadget adalah virus.

Virus adalah malware yang menginfeksi sebuah perangkat komputer/gadget dengan melibatkan pihak ketiga untuk mengaktifkannya. Jadi virus tidak akan aktif bila file pembawa virus tersebut tidak di klik oleh pengguna komputer. Biasanya virus tersebut mirip seperti file .jpg, .doc, exe atau folder yang bila diklik maka virus akan aktif.

Virus dapat pula menyebar melalui jaringan yang digunakan untuk berbagi file.

Cara mengatasi :

  • Dengan antivirus seperti Avira, AVG, Norton, Kapersky, dsb

5.Worm

Worm kebalikan dari virus, yaitu dapat menginfeksi ke perangkat pengguna tanpa membutuhkan pihak ketiga. Jadi worm dapat mengaktifkan dirinya sendiri. Worm hanya dapat masuk ke suatu jaringan bila terdapat celah keamanan. Bila keamanan sebuah perangkat tersebut sulit ditembus maka virus dapat menjadi cara lain.

Worm biasanya menyebar melalui jaringan internet. Worm dapat menyebabkan kegagalan jaringan, kehilangan file, dan koneksi internet menjadi lambat.

Cara mengatasi :

  • Dengan antivirus
  • Jangan membuka email dari alamat yang tidak dikenal.
  • Install Firewall

6.Spyware

Spyware sebenarnya awalnya tidak berbahaya, beda dengan worm atau virus. Spyware digunakan untuk memata-matai pengguna komputer dari perilaku dan kebiasannya berselancar di internet. Perilaku tersebut digunakan untuk manampilkan iklan pop-up sesuai kebiasaan pengguna tentang apa yang dicari di internet.

Namun banyak yang kemudian memanfaatkannya untuk mencuri data, password, akun email, dsb.

Cara mengatasi :

  • Dengan antivirus yang update
  • Instal anti spyware
  • Hindari situs porno

7.Ransomware

Baru-baru ini dunia dihebohkan oleh malware yang diberi nama Ransomware Wanna Cry. Sesuai namanya, Ransomware digunakan untuk memeras pengguna dengan uang tebusan.

Ada 2 jenis Ransomware yaitu :

  • Locker ransomware. Dimana pengguna menjadi tidak dapat mengakses komputernya dan terkunci hingga uang tebusan dibayar.
  • Crypto ransomware. Dimana pengguna menjadi tidak dapat mengakses data-data penting di komputer. Data-data menjadi terkunci kecuali ia mendapatkan kunci dekripsi.

Ransomware menyebar melalui pancingan di email. Misal pengguna mendapatkan email dari sebuah bank dimana pengguna mempunyai rekening di bank tersebut.

Untuk Wannacry termasuk unik karena menyebar dengan memanfaatkan kerentanan pada server Windows SMB. Itulah mengapa Wannacry dapat menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.

Cara mengatasi ketika telah menyebar seperti saat ini :

  • Tutup semua jaringan internet.
  • Update antivirus terbaru
  • Update semua OS
  • Matikan file sharing di Windows Desktop
  • Waspada saat terima email dengan attachment atau link seperti invoice, tagihan, dll.
  • Jangan mengeklik attachment atau link dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Referensi : dimensidata, binushacker, idcloudhost, cyburg

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *