Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Serta Generasi Sebelumnya

Posted on

Perbedaan jaringan 4G dan 5G serta generasi sebelumnya terdapat pada kecepatan transfer datanya. Semakin baru teknologi jaringan maka semakin tinggi kecepatan internetnya.

Banyak diantara kita bingung dengan simbol yang muncul di sebelah kanan atas layar smartphone yang menunjukkan jaringan datanya. Huruf yang muncul biasanya E, H, 3G, H+.

Perlu diketahui bahwa huruf yang muncul tersebut merupakan jenis jaringan sedangkan garis-garis yang ada disebelahnya merupakan indikator sinyal. Jadi ada perbedaan antara jaringan dan sinyal.

Ketika garisnya full artinya sinyal kuat belum tentu internetnya cepat bila jaringan yang muncul huruf E. Sedangkan bila sinyalnya hanya separuh tapi jaringannya di H+ maka internetnya bisa lebih cepat.

Untuk dapat memahami perbedaan jenis jaringan, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu istilah-istilah yang akan dipakai. Jaringan telepon seluler biasanya menggunakan huruf “G”, yang artinya Generasi. Urutannya adalah 1G, 2G, 2.5G, 3G, 3.5G, 4G dan 5G.

Nantinya kita akan sering menemui istilah seperti MBps , Mbps dan kbps. Itu adalah satuan dari kecepatan internet. Yang perlu diperhatikan adalah huruf B dan b. Sering kita tidak menyadari bahwa sebenarnya keduanya itu berbeda besarnya.

Misalnya ketika kita menggunakan sebuah penyedia jasa internet dan disitu tertulis kecepatan internet mencapai 5,2 Mbps, kita akan berpikir kecepatan internetnya sangat tinggi. Ternyata pada saat digunakan, kecepatannya hanya mencapai 600 KBps. Jangan emosi dulu dan menyebut penyedia internetnya berbohong, mari kita lihat kenapa bisa seperti itu.

MBps singkatan dari Mega Byte per second yaitu satuan untuk mengukur kecepatan internet tiap detik dengan satuan Byte. Sedangkan Mbps singkatan dari Mega bits per second yaitu satuan untuk mengukur kecepatan internet tiap detik dengan satuan bits.

Byte lebih besar dari bits. Ukurannya adalah 1 Byte = 8 bits atau bila dibalik adalah 1 bits = 1/8 Byte.

Jadi 5,2 Mbps atau 5200 kbps bila diubah ke satuan Byte yaitu 5200 kbps dibagi 8 didapat 650 KBps. Sehingga bila kita menggunakan jasa internet dengan kecepatan mencapai 5,2 Mbps dan ternyata prakteknya hanya mencapai 600 KBps itu memang benar, karena kecepatan maksimalnya 650 KBps.

Sekarang kita kembali ke topik utamanya, yaitu perbedaan jaringan 4G dan 5G serta generasi sebelumnya yaitu 1G, 2G, 2.5G, 3G, 3.5G.

perbedaan jaringan 4g dan 5g
Perbedaan jaringan 4g dan 5g serta generasi sebelumnya (gambar: 20min.ch)

Secara mendasar, perbedaan jaringan 4G dan 5G adalah besar kecepatan internetnya. Jaringan 5G tentu lebih cepat dari 4G. Jaringan 4G dapat mencapai kecepatan hingga 100 Mbps dan itu adalah kecepatan yang tinggi. Dengan kecepatan seperti itu maka kita bisa mendownload film 5 GB hanya 5 menit saja.

Sedangkan untuk jaringan 5G, kecepatannya digadang-gadang dapat mencapai lebih dari 1 Gbps atau 1000 Mbps. Itu berarti minimal 10 kali lebih cepat daripada 4G. Dengan kecepatan sebesar itu, kemungkinan kehadiran teknologi jaringan 5G akan memunculkan teknologi smartphone yang lebih canggih daripada saat ini.

Untuk lebih memahami, kita akan bahas perbedaan dari generasi pertamanya.

1.Generasi Pertama

  • 1G

Untuk generasi pertama, ponsel yang digunakan merupakan ponsel klasik. Tidak pas disebut smartphone, karena ponsel dengan jaringan 1G ini hanya dapat untuk telepon. Ukuran ponsel besar dengan layar sangat kecil, tidak ada kamera apalagi untuk akses internet.

Jaringan 1G merupakan sinyal radio yang ditransmisikan secara analog. Kelemahannya adalah sangat terbatasnya jaringan. Kecepatannya hanya mencapai 14,4 kbps.

2,Generasi Kedua

  • 2G

Jaringan 2G telah beralih ke teknologi digital.

Jaringan ini dijadikan standar komersial format digital.

Dengan kecepatan rendah-menengah sekitar 9-14,4 kbps. Contohnya adalah GSM dan CDMA2000.

  • 2,5G (GPRS)

Jaringan ini merupakan peningkatan dari jaringan 2G.

Teknologi yang masuk kategori ini adalah GPRS (General Packet Radio Service), dengan kecepatan 56 kbps hingga 115 kbps.

Kemampuannya telah dapat mengakses internet, mengirim email dan mengirim gambar(MMS), meski dengan kemampuan sangat terbatas.

  • 2,75G (EDGE)

Jaringan EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution), merupakan teknologi evolusi dari GSM.

Kecepatannya mencapai 3 kali dari GPRS dengan kemampuan yang sama yaitu dapat akses internet, email dan MMS.

3.Generasi Ketiga

  • 3G

Jaringan 3G disebut WCDMA/UMTS dengan kemampuan setingkat lebih tinggi daripada EDGE.

Secara teori kecepatannya dapat mencapai 480 kbps, sehingga dimungkinkan dapat melakukan video streaming dan video calling.

  • 3,5G/3G+ (HSDPA)

HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces) merupakan pengembangan dari 3G.

Kemampuannya sama dengan 3G namun dengan kualitas gambar yang lebih baik.

  • HSUPA

HSUPA (High Speed Uplink Packet Access) pertama kali dikomersialkan tahun 2007.

HSUPA memperbaiki kecepatan uplink hingga mencapai 5,76 Mbps, dengan begitu kemampuannya meningkat dalam hal mengunggah gambar, video hingga dapat melakukan video conference dan game real time dengan mudah.

  • HSPA 

HSPA (High Speed Packet Access) merupakan pengembangan dari teknologi 3G sehingga kemampuan meningkat jauh lebih cepat.

HSPA dapat disejajarkan dengan EV-DO yang merupakan pengembangan dari CDMA2000.

  • HSPA+

HSPA+ (High Speed Packet Access +) disebut evolusi dari HSPA dengan teknologi standar pita lebar nirkabel.

Kecepatannya saat donwlink mencapai 42 Mbps dan saat Uplink mencapai 11 Mbps.

  • EV-DO

EV-DO (Evolution Data Optimized) merupakan sebuah standar wireless broadband berkecepatan tinggi.

Istilah EV-DO secara resmi dikeluarkan oleh CDMA2000.

EV-DO merupakan salah satu dari standar wireless 3G selain WCDMA.

4.Generasi Keempat

  • 4G (LTE)

Teknologi generasi keempat atau 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G.

Nama resmi dari teknologi 4G adalah 3G anda beyond.

 Teknologi 4G akan merupakan sistem berbasis IP Terintegrasi penuh.

Jika konversi teknologi kabel dan nirkabel telah tercapai maka akan menghasilkan kecepatan 100 Mbps dengan kualitas premium dan keamanan tinggi serta harga yang terjangkau.

5.Generasi Kelima

  • 5G

Teknologi 5G merupakan teknologi generasi kelima. Jika dengan 4G saja kecepatannya begitu tinggi, bagaimana bila dengan 5G ini.

Kecepatan 5G digadang-gadang dapat mencapai lebih dari 1 Gbps, jauh lebih cepat daripada 4G.

Dengan kecepatan yang luar biasa tinggi itu maka dimungkinkan muncul teknologi-teknologi baru berbasis teknologi 5G.

Teknologi 5G diperkirakan akan bisa dinikmati pengguna mulai tahun 2018.

 

Itulah perbedaan 4G dan 5G serta generasi sebelumnya. Kehidupan manusia memang tak dapat dipisahkan lagi oleh teknologi internet. Semakin tinggi teknologinya maka semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *