10 Robot Humanoid Canggih Dengan Kemampuan Mirip Manusia

Posted on

Robot Humanoid adalah robot yang menyerupai manusia baik dari bentuk hingga kemampuannya. Beberapa robot humanoid telah tercipta dengan kemampuan berbeda-beda dari berbagai negara.

Robot humanoid memiliki bentuk seperti manusia yaitu kepala, dua tangan dan dua kaki. Terkadang hanya setengah badan atas saja. Perkembangan robot humanoid saat ini memiliki kemampuan yang semakin mendekati kemampuan manusia. Robot humanoid mampu mengenal dan merespon suara, mampu berjalan, berlari, mengangkat beban dan sebagainya.

Dengan kemampuan seperti manusia tersebut diharapkan suatu saat dapat membantu berbagai hal pekerjaan manusia.

Berikut ini 10 robot humanoid canggih dari berbagai negara yang telah kami rangkum.

1.ATLAS

Boston Dynamics, sebuah anak perusahaan dari Alphabet dan dibawah DARPA, yang fokus membuat robot dengan kemampuan mirip manusia. Sebuah video yang dirilis memperlihatkan robot humanoid yang bernama Atlas dengan generasi terbarunya.

Atlas ini dapat berjalan dengan lancar, baik di kondisi jalan yang rata maupun tidak rata. Atlas juga mampu mengangkat kotak beban dengan dua tangannya. Selain itu dia juga dapat mempertahankan keseimbangannya ketika didorong dari depan. Bahkan hebatnya lagi dia dapat berdiri kembali ketika dijatuhkan ke lantai.

2.ASIMO

Asimo (Advanced Step in Innovative Mobility) merupakan robot humanoid buatan Honda. Proyek Asimo telah dimulai sejak tahun 1986 dan versi terbaru saat ini adalah yang kesebelas.

Asimo merupakan robot humanoid yang canggih. Tinggi badannya 130 cm dan berat 54 kg. Asimo memiliki keseimbangan tubuh yang sempurna, dia dapat berjalan dan  berlari layaknya manusia bahkan dapat melompat-lompat dengan satu kaki, serta dapat manaiki-menuruni tangga dengan baik.

Asimo dilengkapi sensor-sensor yang mendukung kemampuannya. Sensor ultrasonik di perut dan kepala yang membuatnya dapat merespon gerakan atau merespon suara. Dengan sensor tersebut maka dia dapat mengenali rintangan dan menghindarinya, juga dapat mengendalikan kecepatan gerakan secara tepat.

Dan hebatnya, Asimo mampu membuka tutup botol dan menuangkan isinya ke gelas serta meletakkannya di meja dengan sangat sempurna. Dia juga dapat mengenali gerakan sehingga dapat diperintah dengan gerakan seperti menunjuk jari.

3.ICub

ICub merupakan robot yang dibuat untuk sebuah riset. Robot ini telah mulai dikembangkan sejak tahun 2007 oleh pakar informatik Cor-Lab Universitas Bielefeld.

Pengembang ICub merasa bahwa banyak robot yang tersedia saat ini yang berfungsi untuk membantu pekerjaan kantor dan rumah tangga, tidak berfungsi secara efektif, kemampuannya sangat terbatas sesuai apa yang diprogramkan saja. Oleh karena itu ICub sebagai riset dalam pengembangan robot yang lebih efektif yaitu robot yang dapat belajar dan meniru.

Diperlihatkan bahwa robot ICub dapat menata beberapa gelas berwarna setelah diberi contoh. Robot ICub seukuran anak-anak dan kemampuannya layaknya seorang anak yang sedang belajar meniru orang dewasa. Dia akan meniru, mencoba, mengalami kegagalan dan akan mencobanya lagi.

4.POPPY

Robot Poppy merupakan sebuah robot humanoid yang dibuat menggunakan printer 3D. Robot ini dibuat secara open source dan merupakan robot humanoid yang mudah digunakan untuk riset dan pendidikan. Robot ini memiliki tinggi 84 cm dan berat 3,5 kg, dan dirancang agar mudah untuk berinteraksi secara alami dengan manusia.

5.ROMEO

Robot Romeo dibuat oleh perusahaan asal Perancis Aldebran Robotics. Robot ini dibuat dengan wajah yang lucu dan mempunyai perasaan halus dan bahkan romantis, dan nama Romeo terinspirasi dari tokoh romantis Romeo dan Juliet.

Robot yang dapat melaksanakan tugas sesuai dengan pesanan ini berfokus untuk membantu penyandang disabilitas , orang sakit dan lansia. Romeo juga dapat ditugaskan untuk membuang sampah, membuka & menutup pintu, hingga menjadi teman cerita karena mampu menunjukkan mimik wajah sesuai kondisi lawan bicaranya.

6.PETMAN

Kali ini sebuah robot humanoid dirancang sebagai robot militer. Robot yang dikembangkan oleh Boston Dynamics yang merupakan perusahaan di bawah DARPA (Defence Research Project Agency), memiliki kemampuan yang sangat baik menyerupai manusia.

Dengan teknologi auto-balance, Petman dapat berjalan, berlari, berbelok, dan mengendap dengan sempurna layaknya prajurit. Dengan investasi besar yang dihelontorkan oleh DARPA, bisa jadi robot Petman dipersiapkan untuk membuat pasukan tentara robot di masa depan oleh Amerika. Bila Petman telah ditambahkan senjata ditubuhnya maka dapat menjadi robot mematikan dan era perang modern dengan robot diambang nyata.

7.NAO

Robot NAO mulai dikembangkan tahun 2008 oleh perusahaan Aldebaran Perancis. Versi terbaru robot ini dirilis tahun 2014 yang dinamakan NAO Evolition. Robot ini memiliki peningkatan daya tahan, mampu berjalan lebih cepat, mampu bergerak seperti menari, kemampuan anti-tabrakan serta dapat merespon suara.

Robot ini dikembangkan dalam sistem operasi Linux. NAO dilengkapi sistem komputer dan koneksi wifi sehingga dapat melakukan aktivitas internet seperti mengirim email dan download atas perintah kita.

NAO merupakan robot yang cocok untuk riset dan edukasi. Ia dapat membimbing anak-anak untuk mengenal robot dan mempelajarinya. Robot ini juga cocok untuk sahabat di rumah karena memiliki berbagai kemampuan yang dapat membantu aktivitas di rumah.

8.RoboThespian

RoboThespian dikembangkan pertama kali tahun 2005 oleh perusahaan mesin di Inggris. Robot ini diciptakan dengan kemampuan untuk dapat berkomunikasi dan menghibur manusia, dia dapat menari dan bernyanyi.

RoboThespian juga dirancang sebagai pemandu di museum, untuk riset dan edukasi.

9.Actroid

Actroid pertama kali diperkenalkan di Tokyo, Jepang tahun 2003. Robot yang dikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company, Ltd. ini merupakan robot perempuan dan dibuat dengan bentuk luar yang sangat mirip perempuan.

Actroid memiliki kemampuan mengenali dan memproses percakapan serta menanggapinya. Actroid dapat meniru fungsi manusia seperti berkedip dan berbicara.

10.Lexy and Tess

Sebuah perusahaan perangkat lunak Toboit di Jerman mengembangkan robot yang ditampilkan di expo CeBit di Hannover. Terdapat dua robot yang ditampilkan dan sedang menari di sebuah tiang. Dua robot tersebut saling berkolaborasi dengan robot DJ dengan megafon terpasang di kepalanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *