7 Inovasi Teknologi Mutakhir Ciptaan Elon Musk yang Visioner

Posted on

Berbagai inovasi teknologi mutakhir ciptaan Elon Musk memang sangat mengagumkan. Sebut saja Hyperloop dan mobil listrik Tesla sebagai salah satu pelopor teknologi masa depan.

 

Siapa orang di dunia ini yang tidak mengenal Elon Musk, seseorang yang selama beberapa tahun terakhir ini sangat populer di bidang inovasi teknologi mutakhir. Dia menciptakan teknologi yang selama ini hanya khayalan dan di tangannya hal itu bisa menjadi kenyataan. Teknologi ciptaannya menjadi pelopor inovasi teknologi mutakhir dan menjadikan dunia ini seperti melangkah jauh ke depan.

Salah satu perusahaannya yang fenomenal dan melambungkan namanya adalah SpaceX dan Tesla. Pria kelahiran Afrika Selatan tahun 1971 ini di tahun 2017 masuk sebagai orang ke-21 dalam daftar orang paling Berkuasa di dunia.

Bakat geniusnya sudah terlihat sejak kecil, pada usia 12 tahun, Ia berhasil membuat dan menjual kode pemrograman game Blastar senilai $500. Dalam perjalanan hidupnya, Ia berhasil membuat beberapa perusahaan yang menghasilkan inovasi teknologi mutakhir. Berikut ini perusahaan milik Elon Musk dan teknologi yang diciptakannya.

1.Zip2

Zip2 merupakan perusahaan yang didirikan Elon Musk bersama adiknya Kimbal Musk tahun 1995 setelah Ia berhenti dari program Pascasarjana jurusan Fisika Energi. Zip2 merupakan perusahaan yang fokus mengembangkan dan memasarkan panduan suatu kota (city guide) dalam industri surat kabar.

Meski masih seumur jagung, Zip2 berhasil mendapatkan kontrak dari perusahaan besar seperti The New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, Compaq melalui AltaVista akhirnya mengakuisisi Zip2 senilai $307 juta.

2.X.com dan Paypal

Elon Musk mendirikan X.com setahun sebelum Zip2 dijual. X.com merupakan perusahaan penyedia layanan keuangan online. Perusahaan ini menjadi cikal bakal Paypal yang sampai saat ini masih populer digunakan oleh netizen. Setelah X.com mengakuisisi Confinity yang merupakan perusahaan penyedia transfer uang secara mobile, maka X.com berubah nama menjadi Paypal.

Namun pada tahun 2002, Paypal diakuisisi oleh eBay senilai $1,5 milliar yang otomatis menambah kekayaan Elon Musk karena Ia adalah pemegang saham terbesar Paypal.

3.SpaceX

inovasi teknologi mutakhir
kapsul Dragon via SpaceX

Elon Musk mendirikan perusahaan SpaceX (Space Exploration Technologies) setahun setelah Paypal dijual yaitu tahun 2002. SpaceX merupakan perusahaan yang fokus dalam mengembangkan dan memproduksi teknologi roket serta wahana luncur antariksa.

Salah satu teknologi roket yang sangat bersejarah adalah keberhasilan roket miliknya yaitu Falcon9 yang berhasil kembali ke pangkalan setelah melakukan tugasnya membawa kapsul Dragon berisi perbekalan rutin untuk para astronot di Stasiun Luar Angkasa (ISS). Dengan keberhasilan ini maka roket milik SpaceX dapat dipakai ulang, dan ini tentu sangat menghemat biaya dan efisien karena biasanya setelah roket digunakan maka akan jatuh ke laut.

Dengan keberhasilannya tersebut, SpaceX unggul atas kompetitornya dan berhasil mengamankan kontrak dengan pemerintah Amerika untuk misi mengantar suplai ke ISS dengan nilai kontrak yang besar, ditambah kontrak dari para klien. Salah satu klien SpaceX adalah Telkom Indonesia untuk mengirim satelit Telkom 4 pada tahun 2018.

SpaceX juga menjadi salah satu bukti ambisi Elon Musk yang sangat tinggi. Ia berambisi untuk mengeksplorasi dan membuat koloni manusia di Planet Mars suatu saat nanti.

4.Tesla Motor

tesla roadster

Tesla motor adalah perusahaan otomotif yang awalnya didirikan oleh Martin Eberhard dan Marc Tapenning pada tahun 2003. Elon Musk memimpin investasi untuk Tesla tahun 2004 yang kemudian dengan terpaksa ia harus mengemban tugas sebagai CEO setelah terjadi pemutusan hubungan kerja akibat krisis keuangan 2008.

Tesla merupakan perusahaan otomotif yang berfokus dalam produksi mobil listrik. Mobil seri pertama buatan Tesla adalah Tesla Roadster yang merupakan mobil sport listrik dan diproduksi tahun 2008.

Mobil seri kedua Tesla merupakan mobil sedan yang dinamakan Tesla model S. Prototipe mobil ini mulai diperkenalkan tahun 2009 dan mulai diproduksi akhir tahun 2011. Mobil ini mampu melaju 300 km sekali pengisian baterai dan baterainya dapat diisi dirumah dengan charger khusus.

Produk ketiga dari Tesla adalah sebuah mobil minivan/SUV yang dinamakan Tesla model X. Mobil ini mulai diproduksi tahun 2013.

Perkembangan Tesla Motor sangat pesat dan hingga saat ini Tesla merupakan produsen mobil listrik paling unggul di dunia. Elon Musk memiliki ambisi besar dalam ekspansi pabriknya. Tesla ditargetkan dapat memproduksi mobil listrik 500.000 unit pertahun pada tahun 2020. Untuk mewujudkan ambisi tersebut maka Tesla membangun pabrik yang sangat besar di Nevada. Pabrik yang mulai dibangun tahun 2017 ini diperkirakan akan menjadi bangunan terbesar ke-2 di dunia.

5.SolarCity

SolarCity adalah sebuah perusahaan penyalur sistem tenaga surya terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2006, sepupu Musk yaitu Lyndon Rive mendirikan SolarCity yang konsep awalnya diusung oleh Elon Musk.

Visi SolarCity adalah melawan pemanasan global, ini menunjukkan keterkaitan antara SolarCity dan Tesla Motor dengan pemikiran Elon Musk yang menginginkan teknologi bersih. Pada tahun 2012 Musk mengumumkan kerjasama antara Tesla Motor dan SolarCity yang didasarkan visi yang sama.

6.Hyperloop

Teknologi Hyperloop

Hyperloop merupakan sebuah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi. Secara garis besar konsep Hyperloop ini dikemukakan Elon Musk tahun 2013.

Hyperloop adalah sebuah kereta super cepat yang memiliki rute di dalam kapsul bertekanan rendah dan menggunakan magnet superkonduktor sehingga dapat melaju dengan kecepatan tinggi hingga mencapai kecapatan suara.

Teknologi Hyperloop ini oleh Elon Musk dibuat Open Source sehingga publik dapat mengambil konsep tersebut dan dapat mengembangkannya sendiri. Kemudian perusahaan Hyperloop Transportation Techonologies membuat konsep Musk tersebut akhirnya menjadi kenyataan sejak tahun 2017.

Bahkan sempat ada wacana beberapa waktu lalu bahwa Hyperloop akan diterapkan di Indonesia dengan rute Jogja-Jakarta. Dengan kecepatan yang dimiliki Hyperloop, diperkirakan jarak Jogja-Jakarta dapat ditempuh setengah jam saja.

7.Neuralink

Pada tahun 2017, Elon Musk lagi-lagi membuat konsep yang futuristik dalam inovasi teknologi mutakhir dan kali ini ia mendirikan perusahaan Neuralink. Tujuan Neuralink adalah mengembangkan teknologi yang dapat menghubungkan antara otak dengan komputer. Alat yang digunakan sebagai penghubung tersebut dinamakan Matrix.

Musk merupakan salah seorang yang sangat kuat menolak kehadiran kecerdasan buatan (AI) yang ditakutkan akan melebihi kecerdasan manusia dan menguasai manusia di masa depan. Karena alasan itulah maka Neuralink adalah cara Musk untuk membantu manusia dapat bersaing dengan robot dengan AI di masa depan.

Referensi : Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *