Perusahaan Fintech Jenis Pembayaran (Payment) di Indonesia

Posted on

Perusahaan Fintech di Indonesia ada banyak jenis. Teknologi telah merubah cara kerja banyak hal termasuk pada bidang keuangan yang biasa disebut Financial Technology atau Fintech. Di Indonesia industri ini telah merambah ke berbagai bidang keuangan termasuk pada jenis pembayaran atau payment.

Fintech merupakan sebuah industri baru yang sangat potensial. Dengan Fintech, maka masyarakat akan dimudahkan dalam segala transaksi keuangan, mudah dalam mengakses produk keuangan, hingga mudah dalam mencari informasi yang berhubungan dengan keuangan.

Fintech adalah sebuah inovasi teknologi dalam bidang keuangan. Perusahaan Fintech di Indonesia mulai bermunculan, diantaranya ada payment gateway (pembayaran), penggalangan dana, perencanaan keuangan, saham, peminjaman (lending) hingga riset keuangan.

Kali ini akan kita bahas beberapa perusahaan Fintech jenis pembayaran (payment) di Indonesia.

1.Perusahaan Fintech Penyedia Sistem Pembayaran Online

Pesatnya industri ecommerce turut serta memunculkan teknologi penghubung antara konsumen dan perusahaan ecommerce dalam pembayaran secara online. Beberapa perusahaan penyedia sistem pembayaran online di Indonesia antara lain :

a. Veritrans

perusahaan fintech

Veritrans adalah salah satu perusahaan penyedia layanan pembayaran online yang berdiri sejak tahun 2012. Veritrans merupakan perusahaan ekspansi dari Jepang yang berasal dari grup MidTrans dan berdiri dibawah badan hukum PT.Midtrans.

Veritrans bekerjasama dengan sejumlah perusahaan ecommerce yang menawarkan kemudahan bertransaksi secara online. Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun di Indonesia, maka Veritrans menjamin sistem keamanan dalam setiap transaksi. Hal ini dibuktikan dengan dimilikinya sertifikasi PCI DSS sebagai standar keamanan pembayaran online tingkat internasional.

b.Doku

perusahaan fintech

Doku adalah perusahaan penyedia layanan pembayaran online yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Perusahaan yang didirikan ole seorang warga negara Singapura bernama Nabilah Alsagoff ini telah berkembang pesat hingga saat ini telah memiliki lebih dari 2000 perusahaan merchant.

Doku telah bekerjasam dengan berbagai layanan pembayaran yaitu Visa, Mastercard, e-pay, BRI, Mandiri. Selain itu juga memiliki beberapa klien diantaranya Air Asia, OPPO, VIVA, dan Sinar Mas Land.

Ada tiga produk utama dari Doku yaitu :

  • Doku Wallet, yaitu dompet virtual yang dapat digunakan untuk belanja online yang tergabung dengan merchant doku.
  • MyShortCart, yang sangat berguna bagi UKM yang menjual barangnya melalui website atau media sosial.
  • Sistem pembayaran terintegrasi untuk transaksi yang kompleks.

c.IPaymu

perusahaan fintech

Ipaymu adalah suatu cara pembayaran online untuk memudahkan transaksi secara online. Ipaymu sudah berdiri sejak tahun 2012 oleh Riyeke Ustadiyanto.

Hingga saat ini Ipaymu sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 merchant di seluruh Indonesia telah memfasilitasi pembayaran ke 137 bank di Indonesia.

Empat keunggulan menggunakan Ipaymu yaitu :

  • Praktis,mudah dan aman
  • Mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit VISA dan Mastercard
  • Pembayaran yang masuk ke Ipaymu dapat ditarik tunai secara real time
  • Ipaymu bekerjasama dengan beberapa marketplace di Indonesia sehingga memudahkan berbisnis online

d.Mimopay

perusahaan fintech

Mimopay adalah sebuah layanan agregator pembayaran online yang didirikan ole Andy Zain tahun 2012. Besarnya peluang di bidang layanan pembayaran online di Indonesia membuat Andy Zain berani ambil bagian dan bersaing dengan perusahaan epayment lainnya.

Mimopay pandai melihat peluang yaitu dengan mengambil ceruk keuntungan di bidang game online. Pesatnya perkembangan game online di Indonesia juga membuka peluang besar dalam penjualan voucher game online. Mimpopay memfasilitasi kemudahan para gamer dalam transaksi game online tersebut.

Baca juga : Teknologi e-SIM Memungkinkan Pindah Operator Tanpa Ganti SIM Card

2.Perusahaan Fintech Mobile Payment

Mobile Payment adalah cara pembayaran menggunakan sarana mobile phone atau smartphone. Selama ini kita mengenal mobile payment paling banyak adalah dari produk perbankan yang biasa dikenal Mobile Banking. Berikut ini inovasi baru Mobile Payment yang membuat bertransaksi jadi lebih mudah.

a.Dimo

perusahaan fintech

Dimo merupakan startup yang bergerak di bidang solusi Mobile Payment, yang didirikan sejak tahun 2013. Dimo menawarkan sistem pembayaran online yang jauh lebih mudah yaitu dengan menggunakan kode QR (Quick Response) atau disebut pay by QR. Sebenarnya sudah ada kompetitor yang memiliki cara yang sama diantaranya Sakuku BCA dan Ipaymu, namun peluang di bidang ini masih terbuka lebar.

Adanya sistem pembayaran online dengan uang elektronik memang telah memudahkan dalam bertransaksi, namun terkadang masih ada kendala karena bagi merchant masih perlu alat khusus yang harga investasinya lumayan mahal yaitu mesin EDC (Electronic Data Capture). Dimo memberikan solusi atas kendala tersebut, karena Dimo tidak membutuhkan infrastruktur seperti mesin EDC tersebut. Dimo hanya membutuhkan smartphone, stiker, poster, dan tampilan pada monitor komputer.

Keunikan dan cara kerja yang simple dari Dimo tersebut menjadi keunggulan tersendiri. Uniknya lagi, Dimo tidak berkompetisi dengan layanan uang elektronik lain namun saling terintegrasi. Uangku Smartfren, Dompetku Indosat Ooredo dan Simobi Sinar Mas adalah beberapa aplikasi e-wallet yang tela terintegrasi dengan Dimo.

Ada empat cara penggunaan Dimo yaitu :

  • Pertama, dengan memindai kode QR pada layar monitor komputer saat melakukan pembayaran di website ecommerce melalui aplikasi Uangku
  • Kedua, dengan mesin EDC. Meski Dimo dapat digunakan tanpa EDC namun masih ada opsi penggunaan EDC yang berfungsi untuk cetak kode QR yang selanjutnya adala memindai kode QR tersebut.
  • Ketiga, dengan dengan memindai kode QR pada gambar produk yang akan kita beli di Toko Dimo.
  • Keempat, dengan memindai kode QR pada layar smartphone. Hal ini dapat dilakukan misalnya di kafe atau toko atau bahkan di warung kelontong sekalipun.

Dimo telah memiliki hingga 15000 jumlah merchant yang merupakan bawaan dari bank atau penyedia layanan pembayaran online yang sudah terintegrasi.

b.Davestpay

perusahaan fintech
image via davestpay.com

Davestpay merupakan solusi layanan pembayaran online yang dibangun oleh PT.Hensel Davest Indonesia pada tahun 2016. Ada lima pilihan pembayaran utama diantaranya BPJS, PLN, tagihan Telkom, Pulsa prabayar dan tiket pesawat. Untuk selanjutnya, Davestpay juga akan melayani pembelian voucher game, voucher hotel, asuransi, cicilan kendaraan dan TV berlangganan.

c.GoPay

perusahaan fintech

Gopay merupakan salah satu lini bisnis dari GO-JEK sehingga gopay adalah dompet virtual yang digunakan untuk bertransaksi dalam aplikasi GO-JEK. Transaksi yang dapat dilakukan dengan Gopay diantaranya :

  • Transportasi yaitu GO-RIDE, GO-CAR, GO-BUSWAY
  • Membeli Makanan yaitu GO-FOOD
  • Berbelanja yaitu GO-MART, GO-SHOP
  • Mengirim barang yaitu GO-SEND, GO-BOX
  • Membeli pulsa yaitu GO-PULSA
  • Membeli tiket bioskop yaitu GO-TIX

Gopay berencana untuk memperluas bidang layanan bukan hanya untuk aplikasi GO-JEK namun dapat digunakan untuk masyarakat secara umum dan itu artinya Gopay harus berdiri sendiri secara mandiri.

d.Indomog

perusahaan fintech

Indomog adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang solusi pembayaran online. Indomog juga dikenal sebagai salah satu solusi pembayaran game online terbaik di Indonesia.

Indomog menyediakan berbagai konten digital diantaranya voucher game, pulsa selular, musik, komik dan lain sebagainya.

3.Perusahaan Fintech Cryptocurrency Bitcoin

Bitcoin disebut juga cryptocurrency yaitu sebuah uang elektronik yang saat ini semakin naik daun dengan nilai yang sangat tinggi. Perusahaan bitcoin di Indonesia yaitu :

a.LUNO

perusahaan fintech
luno via luno.com

Luno merupakan sebuah perusahaan bitcoin yang dulunya lebih populer dikenal BitX. Perubahan nama dari BitX menjadi Luno ini terjadi sejak Januari 2017 lalu. Meskipun ada perubahan nama namun secara umum tidak ada perubahan berarti pada aplikasinya.

Bitcoin sendiri merupakan sebuah uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto tahun 2009. Bitcoin Menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat. Nilai bitcoin saat ini sangat tinggi dalam rupiah bahkan bisa terus naik.

Kembali ke Luno, perusahaan ini didirikan tahun 2013 dan  berpusat di Singapura namun telah beroperasi di beberapa negara termasuk Indonesia. Luno Indonesia menyediakan layanan menyimpan, membeli dan menjual Bitcoin dengan Rupiah. Luno juga bekerjasam dengan DOKU agar pengguna dapat melakukan deposit ke Doku wallet untuk membeli Bitcoin.

Ada tiga produk dari Luno Indonesia yaitu :

  • Luno Bitcoin Wallet, produk memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengirim dan menerima Bitcoin.
  • Luno Exchange, produk digunakan ole pengguna untuk melakukan trading Bitcoin.
  • Luno Bitcoin API, produk ini digunakan ole rekan bisnis Luno Indonesia untuk tujuan jual-beli Bitcoin, kirim-terima Bitcoin, tambah alamat Bitcoin wallet, kirim dan lihat status order trading, akses data pasar Bitcoin, menerima pembayaran Bitcoin sebagai Merchant, dan lain sebagainya.

Baca juga : Perbedaan Jaringan 4G dan 5G Serta Generasi Sebelumnya

4.Bebas Transfer Antar Bank

Perkembangan ecommerce di Indonesia menyebabkan transaksi antar bank meningkat sangat pesat. Saat ini dalam bertransaksi antar bank akan dikenai biaya transfer yang tentu akan menambah beban pembayaran bagi konsumen. Atas alasan itulah muncul aplikasi pihak ketiga yang menawarkan transfer antar bank yang bebas biaya transfer, misalnya :

a.Flip

perusahaan fintech

Flip merupakan startup yang menawarkan solusi permasalahan biaya transfer antar bank. Flip dibangun oleh alumnus UI dan ada dibawah pengawasan Direktorat Inovasi dan Inkubasi UI, saat ini sedang dalam tahap menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Cara kerja Flip ini adalah sebagai penengah. Misal kita akan transfer dari bank A ke bank B, maka kita harus transfer dulu ke Flip kemudian Flip akan transfer ke bank B dengan nominal uang yang sama dengan yang kita transfer sehingga biaya transfer akan hilang.

Kekurangan dari Flip adalah waktu transfer bisa agak lama dikarenakan proses transfer tidak terjadi secara otomatis tapi dilakukan manual sehingga bila sedang banyak yang transfer maka harus menunggu antrian, namun diklaim tidak akan lebih dari satu jam menunggu.

5.Pembayaran Tagihan

Dalam kehidupan kita saat ini banyak tagihan-tagihan rutin yang harus dibayarkan misalnya tagihan listrik, asuransi, TV berlangganan hingga cicilan kendaraan bermotor. Teknologi membuat berbagai pembayaran tagihan tersebut menjadi lebih mudah dalam satu waktu saja. Aplikasi yang menawarkan solusi pembayaran tagihan tersebut misalnya :

a.Paybill

perusahaan fintech

Paybill Indonesia merupakan solusi layanan pembayaran tagihan secara online yang mengusung konsep one time payment solution. Aplikasi karya anak bangsa ini sangat memudahkan kita dalam pembayaran banyak tagihan rutin sehingga hemat waktu, biaya dan tenaga.

Berbagai macam tagihan yang dapat dibayarkan melalui Paybill diantaranya tagihan listrik, telepon, internet, PDAM, gas, asuransi, cicilan motor dan TV berlangganan.

Paybill sudah terhubung dengan 100 bank di Indonesia sehingga sangat memudahkan dalam melakukan berbagai pembayaran.

6.Pembelian Pulsa Selular

Pulsa selular di jaman teknologi seperti ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat secara umum. Belakangan ini semakin meningkat pembelian pulsa secara online, dan peluang tersebut ditangkap oleh pengembang untuk membuat startup pembelian pulsa online. Startup tersebut misalnya :

a.Sepulsa.com

perusahaan fintech

Sepulsa adalah tempat layanan pembelian pulsa yang memberi kemudahan pada customer. Membeli pulsa di Sepulsa lebih murah yaitu sesuai harga nominal, dibandingkan membeli di ATM, mobile banking, atau minimarket yang dikenai biaya administrasi 1500.

Kelebihan lain selain aman dan praktis untuk pembelian pulsa juga akan mendapatkan voucher belanja mulai dari toko online, restoran, minimarket hingga tiket pesawat.

b.Ayopop

perusahaan fintech

Ayopop adalah aplikasi yang membantu memudahkan pembelian pulsa dan paket secara online. Ayopop menawarkan kelebihan pembelian pulsa dan paket data secara mudah, cepat dan simpel, hanya dengan menekan satu tombol saja maka pulsa akan terisi.

Selain itu ada keuntungan lain yang ditawarkan yaitu pemberian voucher menarik setiap kali transaksi misal voucher diskon hotel dari A&W, voucher free karaoke dari DIVA, dan Buy 1 get 1 nonton di Blitz.

Ayopop sudah diunduh lebih dari 10.000 kali di Playstore dan lebih dari 30.000 pengguna di seluruh Indonesia.

 

Itulah tadi berbagai perusahaan Fintech jenis pembayaran di Indonesia. Peluang yang masih besar di bidang Fintech ini tentu akan memunculkan perusahaan Fintech baru berbagai jenis yang menawarkan keunggulan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *