Apa itu Mendengkur ? (Proses Terjadi dan Cara Mengatasi)

Posted on

apa itu mendengkur

Mendengkur merupakan hal yang lumrah kita temui pada seseorang yang sedang tertidur. Sebenarnya apa itu mendengkur, bagaimana proses terjadinya dan cara mengatasinya.

 

Mendengkur biasanya dialami sebagian besar orang yang sedang tidur dikarenakan berbagai faktor penyebab. Selain mengganggu orang lain didekatnya saat tidur, mendengkur juga dapat mengindikasikan suatu penyakit tertentu bahkan penyakit yang berat.

Proses Terjadinya Mendengkur

Secara ilmiah, mendengkur ini berhubungan dengan saluran pernapasan yakni meliputi hidung dan tenggorokan. Ketika udara yang mengalir dari hidung menuju paru-paru terhambat, maka akan terjadi turbulensi sehingga akan terjadi suara dengkurannya.

Penyebab mendengkur bisa macam-macam diantaranya karena saluran di hidung tersumbat entah karena hidung bengkok atau polip, obesitas, merokok, minum alkohol, kurang minum hingga posisi tidur yang salah.

Meski anggapan sebagian besar orang bahwa mendengkur adalah hal yang wajar, namun mendengkur dapat juga mengindikasikan tentang adanya penyakit yang lebih berat dan bisa saja berakibat fatal.

Mendengkur merupakan salah satu gejala sleep apnea, yaitu gangguan tidur yang merupakan tersumbatnya pernapasan pada saat tidur. Bila saluran pernapasan tersumbat, maka napas akan berhenti selama sepuluh detik atau bila kondisi parah bisa sampai satu menit.

Mendengkur ada dua jenis yaitu mendengkur karena kelelahan, yang biasanya hanya terjadi pada fase awal tidur. Jenis kedua adalah mendengkur dengan suara keras dan terputus-putus serta ada hentakan nafas. Mendengkur jenis kedua ini perlu diwaspadai karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Mendengkur dengan suara keras hingga terjadi hentakan atau henti nafas merupakan gejala sleep apnea. Kondisi ini menyebabkan penderita sering terjaga dari tidurnya, akibatnya akan menjadikannya kurang tidur. Parahnya lagi, akibat sleep apnea ini dapat meningkatkan resiko hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Gejala yang ditemukan pada penderita sleep apnea antara lain :

  • Mendengkur
  • Rasa seperti tercekik saat tidur
  • Mengantuk yang berlebihan pada siang hari
  • Insomnia
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Sakit kepala pada pagi hari

Sleep apnea dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Obstruktif, bila aliran udara terhenti namun gerakan dinding dada masih ada
  2. Central, bila aliran udara pernapasan dan gerakan dinding dada terhenti
  3. Campuran, adalah kombinasi yang dimulai dengan tipe central diikuti obstruktif

Dampak sleep apnea pada sistem tubuh manusia diantaranya :

  • Kardiovaskuler : hipertensi, penyakit jantung, stroke
  • Neuropsikologis : mengantuk berlebihan pada siang hari, depresi, sakit kepala
  • Metabolis : obesitas, diabetes
  • Respirasi : hipertensi pulmonum
  • Genito-urinari : impotensi, nokturia
  • Hematologis : polisitemia

Baca juga : Apa itu Stem Cell ?

 

Cara Mengatasi Mendengkur

Dengan mengetahui penyebab dari mendengkur, maka kita dapat mengetahui cara mengatasi mendengkur. Beberapa cara mengatasi mendengkur diantaranya :

  1. Olahraga , dengan berolahraga secara teratur maka kita dapat menjaga berat badan kita tetap stabil dan tidak terjadi obesitas. Kelebihan berat badan salah satunya berada di bagian leher sehingga akan dapat mendesak dan mempersempit saluran pernapasan yang menjadi penyebab mendengkur.
  2. Tidak merokok , bahaya merokok telah banyak dibahas salah satunya dapat menyebabkan mendengkur. Hal ini dikarenakan asap rokok yang dihisap akan menyebabkan peradangan di bagian saluran pernapasan dari hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Radang pada saluran pernapasan ini akan mempersempit jalur udara dan menyebabkan dengkuran.
  3. Posisi tidur yang benar , posisi tubuh saat tidur dapat juga menyebabkan seseorang mendengkur. Posisi telentang lebih berpeluang terjadinya mendengkur karena pada posisi ini lidah dapat tertarik ke belakang sehingga mempersempit jalur udara dan akan menyebabkan getaran yang menyebabkan suara dengkuran. Sebaiknya posisi tubuh saat tidur yang benar adalah miring, disarankan untuk miring ke kanan karena posisi miring ke kiri dapat menindih posisi jantung.
  4. Minum air putih yang cukup , minum air putih yang cukup akan memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat mencegah mendengkur. Dengan minum yang cukup maka cairan tubuh tercukupi sehingga sekresi di hidung akan lancar dan tidak lengket. Jika langit-langit di hidung lengket karena kurang cairan maka hal itu menjadi salah satu penyebab mendengkur.

Itulah pembahasan tentang pentingnya kita mengetahui tentang apa itu mendengkur, dengan tahu penyebab dan akibatnya maka kita juga dapat mengetahui cara mengatasinya.

 

Referensi : kompasiana, anwarusy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *