Peran Matematika dalam Berbagai Bidang

Posted on

peran matematika

Untuk apa belajar matematika yang sulit ? Apa gunanya belajar matematika untuk hidup ? Apa manfaat mempelajari matematika ?. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu kadang muncul di pikiran saat kita belajar matematika di sekolah. Sebenarnya apa peran matematika dalam berbagai bidang.

Semua pasti setuju bahwa pada saat masih sekolah, pelajaran yang paling sulit dan menjadi momok adalah matematika. Bahkan karena sulitnya, banyak yang bertanya-tanya sebenarnya untuk apa belajar matematika yang sulit seperti itu, hanya membahas rumus dan angka-angka saja.

Para pelajar biasanya menganggap bahwa tidak penting belajar matematika hingga sedetail itu, tidak ada manfaatnya untuk bekerja dan hidup. Padahal bila tahu begitu pentingnya matematika untuk kehidupan manusia, maka belajar matematika akan menjadi kebutuhan utama bagi pelajar. Maka tidak heran bila pelajaran matematika sudah mulai diberikan sejak sekolah paling dasar.

Survei membuktikan bahwa seseorang yang memiliki nilai tinggi pada pelajaran matematika sejak sekolah, maka akan memiliki tingkat pengangguran lebih rendah dan karir yang lebih baik dalam pekerjaan daripada seseorang dengan kemampuan matematika rendah.

Di abad 21 yang merupakan era informasi dan teknologi semakin canggih ini, peran matematika menjadi sangat penting. Karena di era ini semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan kritis, kemampuan komputasi yang baik serta pemecahan masalah yang tepat dan efisien. Matematikawan memiliki keunggulan teknis dan dapat melakukan efisiensi biaya dengan kemampuan membuat permodelan dalam analisis, dan komputasi yang efektif.

Sekilas Tentang Matematika

Sejarah perkembangan matematika telah ada sejak jaman prasejarah, abad sebelum Masehi hingga sampai jaman modern. Perkembangan matematika tidak terlepas dari peran matematikawan Babilonia, matematikawan Yunani, matematikawan Cina, matematikawan India, matematikawan Arab hingga matematikawan Eropa Amerika.

Berbagai teorema yang dihasilkan bahkan dipakai hingga sekarang dan menjadi teori yang sangat penting dalam perkembangan sains dan teknologi. Sebut saja teorema Phytagoras, aljabar, aritmatika, geometri, trigonometri dan sebagainya.

Ketika ilmu pengetahuan semakin berkembang dan dibutuhkan cara berpikir ilmiah, maka peran matematika semakin vital. Perkembangan teori matematika menjadi sangat relevan dengan perkembangan sains dan teknologi. Di abad 19 ketika manusia masuk era industri, pada saat itulah penggunaan matematika semakin berkembang, dibutuhkan kemampuan matematika yang baik, dan sejak itu pendidikan matematika menjadi sangat penting.

Matematika merupakan bahasa yang bersifat artifisial, maksudnya adalah lambang-lambang matematika baru akan memiliki arti bila sebuah makna diberikan padanya. Sehingga matematika bersifat dinamis dan menjadi alat yang tepat untuk pemecahan masalah dalam ilmu pengetahuan.

Manfaat Mempelajari Matematika

Para pelajar seringkali mengeluhkan sulitnya mempelajari matematika, padahal dibalik itu banyak manfaat yang akan dihasilkan ketika sungguh-sungguh dalam belajar matematika, diantaranya :

  1. Melatih logika dan nalar, dasar dari matematika adalah pembuktian secara logis. Mempelajari matematika dapat melatih cara berpikir logis. Membuat kesimpulan dari informasi yang didapat bukan hanya dengan prasangka saja namun harus bisa dibuktikan. Cara berpikir seperti ini juga penting di era informasi seperti ini untuk menghindari banyaknya berita hoax.
  2. Melatih berpikir sistematis, belajar matematika adalah belajar berhitung salah satunya dengan deret hitung. Hal ini akan melatih otak akan berpikir secara runtut sehingga cara berpikir menjadi sistematis. Kemampuan sistematis sangat penting dalam memanajemen atau mengorganisasi segala sesuatu.
  3. Melatih berpikir obyektif, dalam matematika untuk membuat kesimpulan harus melalui pola yang bersifat deduktif. Hal tersebut dapat melatih otak untuk terbiasa berpikir secara obyektif. Cara berpikir obyektif tentu sangat penting dalam dunia kerja karena melihat segala suatu secara rasional sesuai fakta yang ada.
  4. Melatih ketelitian, belajar matematika identik dengan teliti karena ketidaktelitian akan memberikan hasil yang salah. Dan hal ini juga sangat penting dalam dunia kerja, ada banyak jenis pekerjaan yang menuntut seseorang harus memiliki ketelitian yang tinggi.
  5. Melatih kesabaran dan disiplin, untuk menyelesaikan soal matematika tentu membutuhkan kesabaran dan kedisplinan apalagi menghadapi soal-soal matematika yang sangat rumit. Sabar dan disiplin tentu sangat penting untuk bekal menjalani kehidupan ini. Tidak ada kesuksesan tanpa dua hal tersebut.

Baca juga : 7 Aplikasi Nanoteknologi yang Futuristik

Peran Matematika dalam Berbagai Bidang Pekerjaan

Di dunia modern ini banyak berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan matematika yang baik. Inilah beberapa peran matematika dalam berbagai bidang pekerjaan.

a.Bidang Kedokteran

Untuk masuk jurusan kedokteran dibutuhkan kemampuan sains yang tinggi, tentu termasuk matematika. Gabungan dari berbagai ilmu yang dibutuhkan dalam dunia kedokteran disebut ilmu bioinformathics yaitu meliputi matematika, kimia, biologi, ilmu komputer dan kedokteran.

Salah satu aplikasi matematika di dunia kedokteran adalah ilmu dosimetri, karena ilmu kalkulus berperan disitu. Dosimetri merupakan cabang dari radioterapi yang berhubungan dengan penggunaan sinar-X.

Penggunaan sinar-X biasanya pada pasien kanker atau tumor. Sebelum dokter melakukan penembakan sinar-X maka ia harus bekerjasama dengan ahli dosimetri berkaitan dengan penentuan dosis radiasi sinar-X yang digunakan. Ahli dosimetri harus tepat dalam menentukan penembakan lokasi koordinat pada penyakitnya karena bila tidak tepat akan beresiko merusak organ lain. Penentuan koordinat tersebut menggunakan kalkulus integral tentang volume benda putar.

b.Bidang Astronomi

Ilmu astronomi mempelajari tentang alam semesta sehingga dibutuhkan sebuah permodelan alam semesta dan dalam perhitungannya dapat menggunakan ilmu trigonometri.

c.Bidang Teknik Sipil

Insinyur teknik sipil berhubungan dengan pembangunan fisik di berbagai medan, oleh karena itu membutuhkan seorang surveyor yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi yang digambarkan melalui peta atau digital. Ilmu matematika yang berhubungan dengan pengukuran ini adalah trigonometri.

d.Bidang Arsitektur

Ilmu arsitektur berhubungan dengan membuat bangunan. Seorang arsitek bertugas mendesain sebuah bangunan yang tentu membutuhkan ketelitian dalam pengukurannya. Untuk itu dibutuhkan kemampuan penguasaan ilmu matematika diantaranya geometri, kalkulus, trigonometri dan finite math.

e.Bidang Teknik Mesin

Bidang teknik adalah bidang yang tidak akan terlepas dari matematika, salah satunya teknik mesin. Kalkulus adalah salah satu ilmu matematika yang wajib dikuasai dalam ilmu teknik mesin.

f.Bidang Teknik Informatika

Ketika membahas aplikasi dan program komputer maka itu artinya harus membahas matematika karena ilmu komputer merupakan aplikasi dari matematika. Berbagai ilmu matematika yang diterapkan di bidang teknik informatika yaitu probabilitas, algoritma, kalkulus dan logika matematika.

g.Bidang Asuransi

Ada ilmu matematika yang sangat penting sekali dalam bidang asuransi yaitu ilmu peluang. Di bidang asuransi harus ada ahli yang dapat menghitung peluang pada kasus asuransi yang disebut aktuaris.

Aktuaris adalah seorang yang menguasai ilmu aktuaria yaitu gabungan ilmu peluang, statistika dan pemrograman komputer.

h.Bidang Manajemen

Ilmu manajemen berhubungan dengan seorang manajer di perusahaan. Seorang manajer operasional harus menguasai manajemen operasi yang merupakan matematika terapan riset operasi. Pendekatan matematika yaitu permodelan matematika, analisis statistik, dan teori optimasi matematis.

Baca juga : 10 Rumus yang Mengubah Dunia seperti Sekarang

Itulah mengapa peran matematika di berbagai bidang sangat penting. Para pelajar harus diedukasi tentang pentingnya matematika karena bila generasi muda Indonesia tidak menyukai matematika dan menjauhinya maka dampaknya akan buruk bagi negara. Ketika banyak matematikawan handal maka akan berefek pada kemajuan suatu bangsa di berbagai bidang.

Referensi : wikipedia, pustaka.unpad.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *