Bagaimana Penjelasan Ilmiah Suara, Gambar dan Video dapat Dikirim antar Handphone

Posted on

Handphone mulai booming di awal tahun 2000, dari hanya bisa untuk SMS dan telepon hingga saat ini sudah sangat canggih dapat digunakan untuk berkirim gambar bahkan video. Sebagai pemakai teknologi, kita terkadang ada terlintas pertanyaan bagaimana suara, gambar dan video dapat dikirim antar handphone. Padahal tidak ada kabel dan tidak terlihat oleh mata saat suara, gambar dan video tersebut dikirim antar handphone.

Bagi sebagian besar orang awam tentu sulit menalar bagaimana suara, gambar dan video tersebut dapat berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain. Hal yang mungkin dianggap mustahil atau sulit masuk logika bagi yang tidak memahami, namun tidak bagi para ilmuwan karena semua itu dapat dijelaskan secara ilmiah.

sinyal analog sinyal digital
gambar via makeuseof.com

Bagaimana Penjelasan Ilmiah Suara, Gambar dan Video dapat Dikirim antar Handphone ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus tahu mengenai cabang ilmu fisika yaitu gelombang. Jenis gelombang yang digunakan dalam penjelasan ini yaitu gelombang elektromagnetik. Gelombang ini adalah jenis gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium perantara, dapat merambat melalui udara dan melalui ruang hampa. Contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio dan gelombang cahaya.

Dahulu proses komunikasi masih menggunakan telepon kabel. Pada telepon kabel, proses pengiriman suara melalui kabel yaitu dengan mengubah suara menjadi sinyal elektrik. Prosesnya yaitu sumber suara diterima microphone yang mengubahnya menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan melalui kabel dan sampai ke penerima diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yaitu speaker.

Dengan prinsip yang sama, untuk telepon tanpa kabel prosesnya yaitu sumber suara diubah menjadi gelombang elektromagnetik (gelombang radio) dan kembali diubah menjadi gelombang suara saat sampai ke penerima.

Pada prinsipnya, secara sederhana dalam proses komunikasi diperlukan tiga hal yaitu :

Sumber —> Media Transmisi (kabel/gelombang elektromagnetik) —> Penerima

Pada perkembangannya, komunikasi tidak hanya dengan suara saja namun berkembang ke gambar dan video.

Berikutnya kita masuk ke ranah komunikasi data untuk bisa menjelaskan perubahan suara, gambar dan video menjadi sinyal.

Komunikasi data adalah proses pertukaran data diantara dua perangkat melalui media transmisi.

Jenis-jenis data dalam hal ini adalah :

1.Teks

  • Merupakan kumpulan huruf dan simbol
  • Tersimpan pada bits dan sistem pengkodean yang digunakan adalah ASCII dan Unicode

2.Angka

  • Angka terdiri dari kombinasi bit 0 sampai 9
  • Tersimpan pada bits dan sistem pengkodean yang digunakan adalah ASCII dan Unicode

3.Gambar

  • Gambar terdiri dari pixel
  • Pixel biasa dinyatakan dalam satuan bit dan besarnya tergantung tipe gambar hitam putih atau berwarna
  • Bits digunakan untuk menunjukkan nilai dari masing-masing pixel

4.Audio (Suara)

  • Audio bersifat kontinyu dan bukan diskrit

5.Video

  • Video merupakan penyebaran data dalam bentuk gambar bergerak

Baca juga : 10 Rumus yang Telah Mengubah Dunia Seperti Sekarang

Sumber data yang berupa teks, angka, gambar, suara dan video tersebut harus diubah menjadi kode, alasannya agar dapat dimengerti dari sisi pengirim ataupun penerima. Sumber data yang diubah menjadi kode atau yang disebut pengkodean tersebut harus dilakukan karena sebuah perangkat/komputer hanya dapat membaca data dalam bentuk angka biner yaitu 0 dan 1. Keadaan data dalam bentuk angka biner tersebut disebut sebagai sinyal digital.

Sinyal digital mempunyai 2 keadaan 0 dan 1 yang disebut sebagai bit. Biasanya sinyal ini disebut juga sebagai sinyal diskret.

Ada 2 jenis sinyal yaitu sinyal analog dan sinyal digital.

  • Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dalam bentuk gelombang. Misalnya sinyal suara pada radio konvensional, sinyal gambar pada kamera konvensional.
  • Sinyal digital adalah hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan biner 0 dan 1, yang disebut juga sinyal diskret. Oleh karena itu sinyal digital memiliki kelebihan istimewa dibanding sinyal analog. Sinyal digital dapat mengirim informasi dengan sangat cepat dan dapat diubah dalam berbagai bentuk serta dapat dilakukan berulang tanpa mengurangi kualitas data.
sinyal analog dan sinyal digital
gambar via ilhamiwsp

Sistem digital berhubungan dengan nilai-nilai, bukan dalam bentuk gelombang sehingga dapat dengan mudah dimanipulasi dalam bentuk rangkaian logika dan operasi matematika.

Sinyal analog dapat diubah menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya dengan menggunakan sebuah converter.

Jadi secara sederhana, proses pengiriman data berupa suara, gambar atau video antara 2 perangkat/komputer adalah :

  1. Salah satu perangkat/komputer mengirim data atau file ke perangkat/komputer lain
  2. Data atau file tadi diubah menjadi sinyal transmisi dengan sebuah transmitter dan ditransfer melalui media transmisi (dapat berupa kabel atau media wireless)
  3. Sinyal transmisi dari media transmisi tersebut diubah kembali menjadi data atau file dengan sebuah receiver untuk dapat diterima ke perangkat/komputer penerima.

Referensi : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *