10 Makanan Wajib Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Posted on

makanan meningkatkan metabolisme

Ada banyak makanan yang dikonsumsi, namun ada beberapa makanan untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang wajib Anda konsumsi.

Metabolisme tubuh akan memungkinkan makanan atau sumber daya lain dapat digunakan untuk sumber energi, memperbaiki kerusakan hingga membersihkan racun dalam tubuh.

Jika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, maka Anda pun mempunyai energi yang maksimal, stamina bagus, berat badan terkendali, dan menjadi lebih fit. Layaknya sebuah mesin kendaraan, semuanya bekerja dengan baik tanpa ada hambatan dan kerusakan.

Untuk meningkatkan metabolisme, olahraga yang teratur merupakan faktor penting karena dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu faktor makanan juga sangat vital, dan berikut ini makanan yang wajib Anda konsumsi untuk meningkatkan metabolisme.

1. Kopi dan Teh Hijau

Kopi dan teh merupakan minuman yang sudah melegenda, baik di Indonesia maupun di dunia. Ternyata kegemaran kita dalam mengkonsumsi kopi dan teh terutama teh hijau memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kopi dan teh hijau dapat mempercepat metabolisme. Keduanya dapat membantu mengatur kadar gula darah, membantu membakar lemak dan mempunyai sejumlah besar antioksidan.

2. Asam Lemak Omega-3

Omega-3 terutama paling banyak terdapat pada ikan, tetapi pada biji-bijian dan kacang-kacangan ternyata juga memiliki banyak kandungan omega-3. Zat ini dapat mereduksi produksi hormon leptin yaitu bahan kimia alami yang dapat memperlambat metabolisme. Sehingga mengkonsumsi makanan ini akan dapat mempercepat proses metabolisme tubuh Anda.

3. Buah Jeruk

Buah-buahan sejenis jeruk seperti jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang dapat mengatur tingkat insulin. Buah ini terbukti dapat membakar lemak dan menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi.

4. Rempah-rempah

Beruntung negara kita kaya akan rempah-rempah seperti lada hitam, bawang putih, jahe dan sebagainya. Rempah-rempah ternyata sangat bermanfaat menjaga metabolisme tetap tinggi. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan rempah dapat membakar 1000 kalori perharinya.

5. Apel dan Pir

Tidak kalah dengan jeruk, ternyata buah apel dan pir juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Keduanya mempunyai kandungan kalori yang rendah. Wanita yang mengkonsumsi 3 buah apel atau 1 buah pir tiap hari dipercaya lebih banyak turun berat badannya daripada yang tidak mengkonsumsi.

6. Sup

Biasanya dalam program diet, sup menjadi makanan pembuka sebelum makanan utama. Kombinasi padatan dan cairan pada sup akan dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat mengurangi terlalu banyak asupan makanan. Hal ini lah yang membuktikan bahwa konsumsi sup dapat menurunkan masalah obesitas.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C dan K serta sumber kalsium yang tinggi sehingga dapat memepercepat metabolisme. Brokoli juga mengandung berbagai antioksidan dan menjadikannya makanan detoks terbaik untuk diet Anda.

8. Makanan Tinggi Kalsium

Makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi merupakan makanan wajib yang seharusnya Anda konsumsi untuk meningkatkan metabolisme. Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 1200 miligram perhari kehilangan dua kali berat badan lebih banyak daripada yang tidak mengkomsumsi.

9. Beras Merah

Makanan dengan tinggi serat seperti beras merah atau roti gandum akan membuat Anda lebih cepat kenyang. Sehingga efeknya dapat mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk ke tubuh.

10. Cabai

Cabai telah hampir menjadi bumbu wajib dalam setiap makanan di negara kita. Selain membuat masakan lebih lezat, ternyata cabai dapat meningkatkan  metabolisme tubuh 25% lebih banyak.

Senyawa capsaicin pada cabai dapat merangsang reseptor nyeri pada tubuh. Sehingga hal itu dapat meningkatkan tingkat metabolisme karena sirkulasi darah lancar, dan dapat membakar lemak lebih cepat.

 

(Referensi : brightside.me, ruangipa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *