10 Hal Cerdas yang Bisa Dilakukan dengan Smartphone

Posted on

dengan smartphone

Hal cerdas bisa dilakukan dengan smartphone kita, dari mengukur jarak, memonitor denyut jantung, mengendalikan mobil, membuat kopi dan mengontrol cahaya lampu. Banyak aplikasi smartphone tercipta untuk mempermudah berbagai aktivitas hidup kita. 

Smartphone saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan yang sulit terelakkan. Apalagi setelah mengguritanya aplikasi android untuk segala aktivitas, sepertinya segala hal bisa dilakukan dengan smartphone, ibaratnya dunia ada dalam genggaman.

Hal-hal keren, unik dan cerdas bisa dilakukan dengan smartphone. Berikut ini saya rangkum 10 hal cerdas yang bisa dilakukan dengan smartphone.

1. Mengukur Sesuatu dengan Smartphone

Ini adalah cara cerdas yang menyangkut urusan mengukur sesuatu. Dengan smartphone, kita dapat mengukur dengan mudah misal jarak, tinggi badan, lebar, dan bahkan luas area. Aplikasi android untuk mengukur ini banyak tersedia, diantaranya Auto Distance, Smart Distance, GPS meter jarak, dan yang paling terkenal adalah Smart Measure.

Aplikasi Smart Measure menggunakan kamera smartphone sebagai alatnya dan juga rumus trigonometri yang telah terprogram di dalam aplikasi tersebut.

Dengan cara cerdas dan mudah ini, maka tidak perlu lagi berdebat tentang berapa tinggi badan kita. Selain itu, kemampuan smartphone untuk mengukur ini akan sangat berguna bagi orang yang pekerjaannya selalu berhubungan dengan mengukur, seperti teknik sipil dan arsitek.

2. Memonitor Denyut Jantung

Hal cerdas yang bisa dilakukan dengan smartphone berikutnya adalah memonitor denyut jantung. Memonitor denyut jantung termasuk hal yang penting untuk mengetahui kesehatan jantung dan tubuh secara umum karena jantung adalah pemompa darah.

Denyut jantung yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mengindikasikan ketidakberesan kesehatan jantung. Ada alat-alat khusus untuk mengukur denyut jantung namun pastinya berharga mahal. Kini ada yang lebih mudah dan murah yaitu dengan aplikasi smartphone.

Bila Anda pengguna smartphone premium seperti iPhone 6s tentu sudah dibekali sensor denyut jantung. Namun untuk smartphone android biasa, kita dapat menggunakan aplikasi Instant Heart Rate. Aplikasi ini menggunakan kecepatan aliran darah untuk menghitung denyut jantung.

3. Scan dengan Smartphone

Bagi Anda yang pekerjaannya berhubungan dengan administrasi, tentu tidak asing dengan kegiatan men-scan dokumen. Biasanya digunakan alat scanner khusus, namun tentu harganya juga mahal.

Saat ini ada cara cerdas men-scan dokumen yaitu dengan menggunakan smartphone. Hanya dengan menggunakan aplikasi scan maka kita dapat melakukan kegiatan men-scan dengan sangat mudah seperti memfoto biasa.

Ada beberapa aplikasi scanner terbaik di android diantaranya tiny scanner, camscanner, turboscan, office lens, fastscan, dan pdf scanner. Aplikasi tersebut dapat me-scan dengan mudah, cepat dan murah yang kemudian menyimpannya dalam bentuk PDF, Word atau Powerpoint serta dapat langsung di-share ke media penyimpan seperti dropbox, google drive dan ke mediasosial.

4. Remote TV dengan Smartphone

Salah satu cara cerdas yang bisa dilakukan dengan smartphone berikutnya adalah menjadikan smartphone sebagai remote TV. Mungkin kita pernah mengalami saat dimana remote TV rusak dan berpikir smartphone kita apakah bisa menjadi remote. Dan ternyata memang bisa smartphone kita diubah menjadi remote, tentunya ada syarat yang harus dimiliki smartphone tersebut.

Syarat yang dibutuhkan misal koneksi bluetooth, WiFi dan InfraRed. Untuk pengguna smartphone premium biasanya telah dilengkapi fitur aplikasi remote bawaan misal WatchOn. Namun untuk smartphone android biasa, dapat mengubahnya menjadi remote dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang diunduh di Playstore seperti IR Remote.

5. Menjadi Webcam 

Untuk melakukan aktivitas video call melalui PC atau laptop, perangkat harus memiliki aksesori webcam. Namun bagaimana bila PC/Laptop kita tidak ada aksesori webcamnya, sekarang kita tidak perlu bingung lagi karena hal itu bisa diatasi dengan smartphone kita.

Untuk menghubungkan PC/Laptop dengan smartphone dapat menggunakan koneksi bluetooth atau WiFi. Aplikasi yang digunakan misalnya SmartCam, yang harus diinstal ke smartphone dan juga PC/Laptop. Setelah menginstal aplikasi ini, kita bisa melakukan video call di PC/Laptop melalui skype, messenger, atau googletalk dengan bantuan kamera smartphone.

Selain aplikasi SmartCam, ada juga IP WebCam dan DroidCam yang bisa diunduh di Playstore.

6. Pengunci Smartphone

Tak dapat dipungkiri smartphone telah menjadi bank data buat kita, dari data biasa hingga data yang sangat penting. Biasanya setiap smartphone telah memiliki fitur pengunci bawaan, untuk smartphone premium telah ada pengunci canggih seperti kunci fingerprint dan retina.

Namun untuk smartphone biasa, tidak ada salahnya bila kita menggunakan aplikasi pengunci pihak ketiga yang memberikan ketenangan karena kemampuannya mengunci yang baik.

Beberapa aplikasi pengunci smartphone android terbaik diantaranya DynamicNotification, AcDisplay, dan juga pengunci aplikasi misal Finger Security dan AppLock.

7. Mengendalikan Lampu dengan Smartphone

Dunia saat ini sudah memasuki era internet of things dimana segala sesuatu dapat dikendalikan dari manapun kapanpun karena semua telah terhubung internet.

Salah satunya adalah cara mengendalikan lampu, baik menghidupkan mematikan atau mengatur cahaya lampunya. Bila Anda menyukai otak-atik alat elektronik, maka bisa mencoba membuat sendiri rangkaian lampu menggunakan arduino sebagai penghubung dengan smartphone.

Ada juga lampu pintar buatan General Electric, sebuah perusahaan teknologi asal Amerika yang telah menciptakan lampu pintar yang dapat dikendalikan dengan smartphone. Teknologi ini merupakan bagian dari rencana rumah pintar di masa depan. Lampu ini dapat dikontrol dengan aplikasi Wink App. Namun sayangnya lampu ini masih hanya ada di Amerika saja.

Atau ada juga yang telah ada di pasaran Indonesia yaitu lampu Philips Hue Lux. Lampu yang dibanderol sekitar 3,6 juta ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dan dapat diatur kecerahan cahayanya, menyalakan mematikan dengan timer, bahkan membuat lampu berkedip bila ada email atau notifikasi sosmed di smartphone.

8. Mengendalikan Mobil dengan Smartphone

Masih dengan teknologi internet of things, kali ini adalah mobil yang dapat dikendalikan hanya melalui smartphone. Ada satu perusahaan asal Inggris  yakni Jaguar Land Rover yang mengembangkan sebuah mobil yang dapat dikendalikan jarak jauh dengan smartphone.

Mobil dapat dikendalikan jarah jauh seperti mengendalikan pedal gas, kemudi dan rem. Ada produsen mobil lain yang juga mengembangkan teknologi mobilnya agar mudah dikendalikan dengan smartphone misal membuka-menutup pintu, menyalakan, mengecek kondisi bahan bakar dan ban, serta menyalakan lampu dari jarak jauh sehingga memudahkan mencari mobil di tempat parkir.

9. Membuat Kopi dengan Smartphone

Ini dia salah satu hal cerdas dan unik yang bisa dilakukan dengan smartphone, yakni membuat kopi. Bahkan kopi ini siap dituang langsung dari smartphone. Bagaimana bisa?

Sebuah perusahaan asal Italia bernama Mokase berhasil membuat smartphone menjadi mesin pembuat kopi dalam genggaman. Mokase adalah casing smartphone yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menampung air kopi sebanyak 25 ml. Untuk memanaskannya, kita cukup mengoperasikan lewat aplikasi mokase di smartphone. Setelah cukup panas, maka dapat dituang melalui ujung casing tersebut.

Menurut perusahaan tersebut, bahan casing tersebut dijamin aman dan tidak menimbulkan racun. Mokase ini cocok untuk beberapa merk smartphone seperti Apple, LG dan Samsung.

10. Desain Rumah dengan Teknologi Augmented Reality

Satu lagi teknologi terbaru yang sangat canggih yaitu Augmented Reality (AR). Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan kemunculan game berbasis Augmented Reality yaitu Pokemon Go. Teknologi AR merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya.

Teknologi AR juga sangat efektif untuk pembuatan aplikasi desain rumah. Dengan teknologi AR maka kita dapat melihat desain rumah di smartphone terlihat nyata. Teknologi ini sangat cocok digunakan oleh para pebisnis properti.

Itulah 10 hal cerdas yang bisa dilakukan dengan smartphone. Banyak hal di masa depan akan dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Istilah dunia dalam genggaman agaknya memang akan menjadi kenyataan.

 

 

One thought on “10 Hal Cerdas yang Bisa Dilakukan dengan Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *