12 Aplikasi Printer 3D dalam Berbagai Bidang di Era Revolusi Industri 4.0

Posted on

Teknologi printer 3D sepertinya akan menjadi bagian penting dari revolusi industri 4.0 yang saat ini sudah dimulai. Printer 3D akan menjadi perangkat vital dalam berbagai bidang dan menuntut dunia ini berubah ke wajah yang baru. Berbagai aplikasi printer 3D antara lain di bidang otomotif, konstruksi, pesawat, fashion, hingga makanan.

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia kini telah memasuki Era Revolusi Industri 4.0, diprediksi mulai tahun 2018 hingga 2030. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir ini. Diantaranya internet telah menjadi kebutuhan yang mendasar, berkembangnya teknologi robot, berkembangnya kecerdasan buatan (AI), mulai diaplikasikannya printer 3D dalam berbagai bidang, hingga teknologi dalam ukuran nano.

Bila diperhatikan, dalam revolusi industri generasi keempat ini akan ditopang oleh beberapa teknologi utama diantaranya Internet of Things (IoT), Printer 3D, Kecerdasan Buatan (AI), dan Nanoteknologi.

Apa itu Printer 3D ?

Printer 3D adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita mencetak suatu obyek 3D dari yang paling mudah hingga yang paling rumit. Prinsipnya hampir sama dengan printer 2D yang dicetak ke dalam kertas, yaitu dengan mendesain model dulu dengan suatu software yang kemudian outputnya adalah pencetakan dengan bahan tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Semua bentuk benda dapat dicetak dengan printer 3D, dari obyek sederhana misalnya patung, sepatu, baju hingga mencetak makanan, mobil dan rumah.

Berikut ini rangkuman aplikasi printer 3D dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

1.Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran akan lebih mudah bila menggunakan model. Dengan menggunakan printer 3D maka guru dapat mewujudkan ide-ide untuk model pembelajaran. Misalnya membuat model organ pada manusia, membuat model sebuah mesin, dan sebagainya hanya dengan mencetaknya.

Begitu pula para siswa juga dapat mewujudkan ide-ide untuk tugas belajar ataupun inovasi dengan cara yang mudah dan murah.

2.Pembuatan Prototipe

Produsen suatu produk akan membuat desain atau prototipe terlebih dahulu sebelum diproduksi dalam jumlah besar. Dengan menggunakan printer 3D maka pembuatan prototipe menjadi lebih mudah, murah dan cepat.

Misalnya, produsen sepatu merk terkenal menghabiskan ribuan dolar dalam membuat prototipe dan itupun harus menunggu berminggu-minggu. Namun sekarang, pembuatan prototipe dapat dilakukan dengan mudah, desain melalui komputer, bila ada perubahan dapat dilakukan saat itu juga dan dicetak ulang di hari yang sama. Itupun dengan biaya yang jauh lebih murah.

3.Industri Manufaktur

Dalam industri manufaktur yaitu membuat bahan mentah menjadi bahan jadi, maka dengan teknologi printer 3D dapat dilakukan dengan cepat. Kali ini tidak lagi hanya membuat prototipe tapi sudah pembuatan barang jadi. Perusahaan akan menjadi lebih efisien dalam memproduksi suatu obyek.

4.Industri Otomotif

Produsen mobil telah lama menggunakan pencetakan 3D konvensional. Dengan adanya teknologi printer 3D saat ini, maka produsen mobil akan lebih dimudahkan dalam proses produksi dengan biaya yang lebih kecil.

mobil hasil printer 3D via DetikOto

Saat ini telah bermunculan mobil konsep yang dibuat dengan menggunakan printer 3D. Mobil-mobil konsep tersebut terlihat lebih eksentrik dan bahkan ada yang siap untuk diproduksi massal.

Ada juga sebuah perusahaan raksasa penerbangan Airbus yang membuat sepeda motor listrik yang diberi nama Light Rider dengan bodi berlubang. Sepeda motor buatannya tersebut sulit bila dibuat dengan teknologi konvensional.

Para penggemar otomotif juga dapat memanfaatkan printer 3D untuk membuat bagian-bagian dari mobil tua yang sudah tidak diproduksi lagi. Hal ini tentu sangat memudahkan para penggemar untuk membuat komponen sendiri dengan mudah.

5.Industri Penerbangan

Produsen pesawat juga telah lama menggunakan pencetakan 3D. Namun dengan adanya teknologi printer 3D saat ini maka proses pembuatan komponen pesawat akan menjadi lebih cepat. Sebuah komponen pesawat yang biasanya diproduksi dalam waktu 3 bulan, maka dengan teknologi printer 3D dapat dibuat hanya dalam waktu 6 hari saja.

6.Dunia Antariksa

Baru-baru ini suatu printer 3D berhasil mencetak sejumlah paralatan yang dibutuhkan oleh kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Penggunaan mesin printer 3D dapat membuat efisiensi waktu dan penghematan banyak biaya.

Bila biasanya peralatan yang dibutuhkan kru ISS harus dibuat dulu di bumi dan baru dikirim ke ISS yang tentunya membutuhkan waktu lama dan biaya besar, maka dengan printer 3D hal itu dapat teratasi dengan mudah. Para peneliti akan cukup mengirimkan rancangan desain yang nantinya akan dicetak melalui printer 3D di ISS.

7.Bidang Konstruksi

Dalam membangun sebuah rumah biasanya akan membutuhkan waktu hitungan bulan. Namun dengan printer 3D maka waktu yang dibutuhkan hanya dengan hitungan jam saja.

Sebuah rumah pertama yang dibangun dengan menggunakan printer 3D berhasil dibuat oleh sebuah perusahaan Apis Cor. Sebuah printer 3D berukuran besar dapat membuat rumah lapis demi lapis hanya dalam waktu kurang dari satu hari.

Rumah hasil printer 3D via Apis Cor

Sebuah perusahaan asal China, Winsun, juga telah membuktikan dapat membuat 10 rumah dengan printer 3D dalam waktu kurang dari 24 jam.

Teknologi ini akan sangat efisien dan memangkas biaya produksi yang besar dalam bidang konstruksi.

8.Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu pengadopsi awal teknologi printer 3D. Ketika seorang arsitek ingin mempresentasikan model fisika hasil rancangannya, maka cara yang cepat dan efisien adalah menggunakan printer 3D. Hal tersebut dapat mengurangi waktu dan tenaga untuk memvisualisasikan kepada kliennya.

9.Desain Produk

Seperti halnya dalam pembuatan prototipe, dalam pembuatan desain produk bukan hanya dalam prototipe namun sudah menjadi produk jadi. Ada banyak bidang yang membutuhkan misalnya mebel, alat listrik lampu dan aksesorisnya, hingga produk untuk kehidupan sehari-hari.

10.Dunia Medis

Penggunaan printer 3D dalam dunia medis berkembang dengan sangat cepat. Kelebihan penggunaan printer 3D ini dapat mencetak dengan kerumitan yang tinggi dan ini cocok untuk pembuatan organ manusia.

Saat ini teknologi printer 3D dalam dunia medis terus berkembang untuk mencapai teknologi generasi terbaru. Diperkirakan dalam beberapa tahun ke dapan, organ seperti hidung, telinga, gigi, hati bahkan jantung dengan kompleksitas tinggi dapat dibuat dengan sempurna.

Dengan adanya teknologi ini maka pasien yang membutuhkan transplantasi organ akan mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan efisien serta biaya yang jauh lebih kecil.

11.Makanan

Teknologi printer 3D bahkan dapat digunakan pula untuk mencetak makanan, yang tentu dapat dimakan. Bahkan dengan teknologi ini, diperkirakan akan memberikan ruang inovasi jenis makanan yang lebih banyak.

Teknologi ini juga sangat bermanfaat bagi astronout di stasiun ruang angkasa, misalnya ingin makan pizza maka dapat dicetak melalui printer 3D.

12.Fashion

Teknologi printer 3D sudah merambah di dunia fashion di berbagai negara. Penggunaan teknologi akan memungkinkan pembuatan desain yang unik dan out of the box. 

Sepatu hasil printer 3D via 3ders.org

Kita dapat membayangkan ketika teknologi ini sudah dimiliki tiap orang di rumah, maka kita dapat mencetak baju dan sepatu yang kita inginkan dengan mudah.

Itulah tadi beberapa aplikasi printer 3D dalam berbagai bidang. Ke depan akan melingkupi seluruh sisi kehidupan manusia yang tak terlepas dari printer 3D seperti halnya smartphone saat ini.

 

Referensi : 3dprinting.com ,cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *