ASUS Zenfone Max Pro (M1) Limitless Gaming : Pilihan Tepat Smartphone Gaming

Posted on

Saat ini smartphone menjadi bagian vital dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk alat komunikasi, smartphone kini juga dicari untuk keperluan hobi bermain game. Sehingga muncullah berbagai smartphone seri gaming dengan spesifikasi khusus, salah satunya adalah ASUS Zenfone Max Pro (M1) Limitless Gaming.

Perkembangan smartphone yang sangat pesat telah merasuki ke segala bidang kehidupan manusia. Di jaman sekarang ini manusia modern sepertinya sulit sekali lepas dari smartphone, karena memang telah menjadi bagian hidup semua orang.

Dahulu di awal-awal kemunculannya, handphone digunakan hanya untuk alat komunikasi portable menggantikan telepon kabel. Kemudian muncullah smartphone dengan kemampuan lebih dari sekedar alat komunikasi apalagi setelah dapat terhubung dengan internet.

Bagi orang yang hobi bermain game terutama anak muda, smartphone menjadi perangkat tak terpisahkan. Game mobile saat ini tidaklah seperti game jadul yang hanya dapat dimainkan sendiri, game saat ini dapat dimainkan bersama orang lain karena dapat saling terhubung secara online.

Kemunculan smartphone berbasis Android juga membuat perkembangan game mobile semakin beragam. Kita mengenal game-game mobile yang telah populer seperti Angry Birds, Fruit Ninja, Plants&Zombie dan Clash of Clans. Biasanya untuk dapat memainkan game mobile dengan lancar, maka harus juga didukung perangkat smartphone yang mumpuni, apalagi untuk game-game berat seperti PUBG Mobile.

pubg mobile
Game PUBG Mobile

Bagi seorang gamer sejati, apalagi gamer hardcore, maka dalam memilih smartphone tentu tidak sembarangan. Ada spesifikasi khusus yang harus dimiliki smartphone untuk dapat memainkan sebuah game berat dengan lancar tanpa cela. Pada intinya smartphone gaming harus dapat mengakomodasi kemampuan yang mendukung bermain game diantaranya tidak berat saat dimainkan, tampilan grafis yang memanjakan mata, memori yang besar, dan baterai yang tahan lama.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi smartphone yang dapat mendukung bermain game :

1.System on a Chip (SoC) atau Chipset

SoC merupakan sebuah chipset pada perangkat mobile. SoC ini adalah bagian yang sangat penting dan vital pada sebuah smartphone karena didalam SoC terdiri berbagai komponen yang saling terintegrasi diantaranya prosesor, pengolah grafis, memori, USB controller, hingga pengontrol konektivitas jaringan.

Semakin baik teknologi SoC ini maka semakin baik pula kinerja smartphone. Ada beberapa merk SoC yang telah beredar, namun ada dua jenis SoC yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar vendor yaitu :

  • Snapdragon yang dikembangkan oleh Qualcomm. Untuk bermain game maka pilih Snapdragon versi 4xx keatas, bila ingin yang lebih elit pilihlah yang Snapdragon versi 8xx. SoC jenis ini memiliki keunggulan dalam performa, dukungan grafis dan konsumsi daya.
  • Mediatek yang diproduksi oleh Taiwan. Untuk bermain game minimal pilih Mediatek seri MT6xxx. Keunggulan SoC ini adalah murah dan memiliki kemampuan yang baik.

2.Graphics Processing Unit (GPU)

GPU bertugas untuk menentukan kualitas visual yang ditampilkan di layar smartphone agar mulus dan tidak patah-patah. GPU yang bagus dapat membuat grafis game menjadi lebih tajam dan memanjakan mata. GPU yang populer dan menjadi bawaan Qualcomm adalah Adreno yang memiliki kinerja sangat baik untuk mendukung grafis sebuah game mobile.

Dan jangan lupa juga untuk mendukung kualitas visual yang mumpuni pilihlah smartphone dengan layar yang lapang dan resolusi tinggi. Minimal ukuran layar 5,5 inci dan resolusi full HD.

3.Prosesor

Prosesor pada smartphone merupakan komponen penting yang bertugas melaksanakan perintah yang diinginkan misalnya mengirim pesan, melakukan panggilan, memutar musik atau video, hingga memainkan game. Bagian dari prosesor untuk melaksanakan instruksi tersebut disebut core.

Untuk sebuah smartphone yang digunakan untuk perintah standar seperti mengirim email, browsing, chat, dan membuka aplikasi sosial media cukuplah menggunakan prosesor dual-core. Namun bila penggunaannya melebihi standar seperti bermain game berat dengan grafis resolusi tinggi maka minimal menggunakan smartphone dengan prosesor quad-core.

Arsitektur prosesor atau CPU juga mempengaruhi kinerja smartphone. CPU adalah bagian dari prosesor yang bertugas layaknya direktur, meskipun CPU bukan penentu segalanya karena harus bekerjasama dengan bagian lain. Ada beberapa jenis CPU antara lain CPU ARM dan CPU Kyro. CPU yang sangat baik saat ini yang berukuran 10 nm, semakin kecil ukurannya maka semakin hemat daya.

4.Random Acces Memory (RAM)

RAM memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas dan performa smartphone. RAM ini yang memiliki peran untuk memastikan seberapa lancar smartphone kita saat digunakan, apalagi saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Untuk smartphone gaming tentu membutuhkan RAM yang tinggi, minimal 3GB.

5.Memori

Meskipun sepele tapi besarnya memori smartphone tidak boleh diabaikan karena game-game mobile saat ini memiliki kapasitas yang besar bahkan ada yang mencapai lebih dari 1GB. Untuk itu dalam memilih smartphone gaming, semakin besar memori maka semakin baik.

6.Baterai

Baterai dengan kapasitas besar sehingga tahan lama bila digunakan untuk bermain game adalah salah satu faktor penting dalam menikmati game mobile. Kita tidak ingin tentunya baru bermain satu jam baterainya habis. Untuk sebuah smartphone gaming maka pilih baterai dengan kapasitas besar dan kemampuan pengisian daya yang cepat.

Berdasarkan spesifikasi minimal yang dapat mendukung kinerja sebuah smartphone gaming tersebut maka kita dapat lebih selektif dalam memilih.

asus zenfone max pro m1

Ada beberapa smartphone dari kelas menengah hingga kelas premium yang bisa dijadikan rekomendasi smartphone gaming. Namun kali ini akan kita bahas mengenai smartphone gaming dari kelas menengah namun memiliki spesifikasi yang mumpuni, yaitu ASUS Zenfone Max Pro (M1) Limitless Gaming.

ASUS saat ini memiliki produk smartphone yang disediakan untuk konsumen dengan segmen khusus gamer. Bahkan ASUS menggunakan jargon ‘Limitless Gaming’ yang ingin menunjukkan bahwa Zenfone Max Pro ini adalah smartphone gaming yang bisa diandalkan.

ASUS Zenfone Max Pro ini membawa spesifikasi yang sangat mendukung game mobile,yaitu:

  • Chipset Snapdragon 636SoC ini merupakan jawaban Qualcomm yang ingin teknologi canggih di premium-tier Snapdragon seri 800 dapat dinikmati oleh lebih banyak orang melalui high-tier Snapdragon 636. SoC ini merupakan yang terbaru dan diperkenalkan Oktober 2017. Snapdragon 636 menggunakan teknologi 14 nm yang tentu lebih hemat daya serta arsitektur CPU octa-core Kyro 236 yang biasanya disematkan di smartphone kelas atas dan juga GPU 509 yang memberi tampilan grafis maksimal.
  • Baterai 5000 mAhSmartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas besar yaitu 5000 mAh, termasuk yang paling tinggi di kelasnya. Dengan dukungan kapasitas baterai yang besar maka bermain game mobile menjadi lebih nyaman. Selain itu juga kemampuan flash charging-nya benar-benar menambah nilai plus dari sisi baterai asus zenfone max pro ini
  • Layar 6 inci rasio 18:9 full HDLayar yang dengan ukuran 6 inci cukup lapang dan nyaman untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama, didukung resolusi 2160×1080 membuat layar yang lapang juga berkualitas baik.
  • RAM 3GB Memori 32GBDengan RAM 3GB dan Memori 32GB merupakan spesifikasi yang cukup untuk smartphone gaming. Namun bila ingin game yang lebih berat dapat memilih seri yang lain yaitu RAM 4GB/64GB dan RAM 6GB/64GB.

Dengan spesifikasi seperti itu, sepertinya Zenfone Max Pro ini bersiap untuk menantang vendor lain yang memiliki kemampuan setara namun dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk para gamer mobile yang ingin memiliki smartphone gaming mumpuni dengan harga kelas menengah, maka Zenfone Max Pro akan menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini spesifikasi lengkap ASUS Zenfone Max Pro (M1) Limitless Gaming.

Prosesor Powerfull 14nm, Qualcomm Snapdragon 636, Octa Core Prosesor,
Skor Antutu 116.618
Layar 6 inch, full view display (18:9), Full HD 2160×1080, 85% NTSC, 450 nits brightness, 1500:1 contract rasio, 2.5 D Curve glass design.
Baterai 5000 mAh for 12.4 hrs gaming, 42.4 hrs talk time.

Charging Time : 2h 40 m

Kamera Depan Up to 16MP, soflight LED Flash
Kamera Belakang 16MP (6GB/64GB), 13MP (3GB/32GB & 4GB/64GB)

Dual real camera with PDAF

Kamera Kedua 5MP bokeh camera for perfect portrait effect
SIM CARD dan Slot Micro SD Triple slots : dual Nano SIM & one micro SD Card
Audio 5 magnet speaker & NXP Smart amplifier
RAM / Memori 6GB/64GB , 4GB/64GB , 3GB/32GB
OS Pure Andorid Oreo 8.1
Desain / Fitur Premium metal body

0.3 s ultrafast fingerprint sensor & Face unlock fiture

Harga Rp 2.399.000 (3GB/32GB)

Rp 2.799.000 (4GB/64GB)

Rp 3.299.000 (6GB/64GB)

Dari apa yang sudah diuraikan diatas, maka kita bisa mengetahui banyak kemampuan Zenfone Max Pro ini.

Kami melihat ada tiga keunggulan teknologi yang dimiliki Zenfone Max Pro yaitu :

  • Chipset Snapdragon 636 Octa Core dengan teknologi yang biasa disematkan di smartphone kelas atas.
  • Layar yang lebar 6 inci dengan rasio 18:9 sehingga nyaman untuk gaming, serta
  • Baterai 5000 mAh dengan flash charging sehingga dapat bermain game lebih lama tanpa sering ngecharge.

Semoga ulasan ASUS Zenfone Max Pro (M1) Limitless Gaming ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari smartphone gaming yang dapat diandalkan.

 

Referensi : ASUS.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *