22 Film Marvel Hingga Avengers Endgame

Posted on

Telah 11 tahun sejak tahun 2008 dimulainya film Marvel Cinematic Universe (MCU). Sampai saat ini telah rilis 22 film Marvel hingga Avengers Endgame yang fenomenal.

Film Avengers Endgame menjadi fenomena tersendiri di dunia perfilman karena hampir di setiap bioskop semua studionya menayangkan film tersebut. Meski semua studio di setiap bioskop menayangkannya, tetap saja semuanya penuh hampir tidak ada tempat duduk yang kosong.

Bagi penggemar berat film Marvel, tentu kehadiran Avengers Endgame ini sudah sangat dinantikan setelah Avengers Infinity War. Semua sangat penasaran dengan akhir cerita dari perjalanan panjang film Marvel sejak tahun 2008. 

Film yang menceritakan sepak terjang para superhero Marvel ini menjadi trend perfilman dunia. Setiap film marvel akan saling berkaitan sehingga ketika kalian yang belum pernah melihat film Marvel sebelumnya kemudian melihat Avengers Endgame, maka akan banyak pertanyaan dan kebingungan dalam mengikuti ceritanya.

Untuk itu bagi kalian yang belum mengikuti keseluruhan cerita film Marvel dari pertama, kami urutkan keseluruhan 22 film Marvel sesuai tahun rilisnya berikut ini.

1.Iron Man (2008)

film marvel
Iron Man via Paramount Pictures

Judul : Iron Man

Rilis : 2 Mei 2008

Sutradara : Jon Favreau

Aktor Utama : Robert Downey Jr

Anggaran : 140 juta dolar

Pendapatan : 585,2 juta dolar

Pada film ini Tony Stark yang diperankan Robert Downey Jr dikisahkan sebagai milyuner yang mewarisi perusahaan Stark Industries milik ayahnya yang fokus dalam pembuatan senjata canggih. Tony Stark adalah seorang yang sangat jenius dan merupakan anggota Avengers terkaya. 

Di film ini lah cikal bakal dibuatnya seragam tempur khas Iron Man dan berkembang semakin canggih. Iron Man kelak menjadi salah satu pemimpin tim Avengers dan memiliki peran penting hingga Avengers Endgame.

2.The Incredible Hulk (2008)

film marvel
The Incredible Hulk

Judul : The Incrdible Hulk

Rilis : 13 Juni 2008

Sutradara : Louis Letterier

Aktor Utama : Edward H.Norton

Anggaran : 150 juta dolar

Pendapatan : 263,4 juta dolar

Inilah cikal bakal terciptanya makhluk hijau nan kuat bernama Hulk. Seorang peneliti cerdas bernama Bruce Banner mengalami kecelakaan di labortarium hingga dirinya terpapar sinar gamma. Akibatnya Ia justru berubah menjadi makhluk raksasa hijau bila dalam keadaan emosi. 

Bruce menjadi memiliki kepribadian ganda dan sulit mengendalikan Hulk dalam dirinya saat emosi. Kelak Hulk ini manjadi salah satu tim Avengers terkuat yang sangat sulit dikalahkan.

3.Iron Man 2 (2010)

film marvel

Judul : Iron Man 2

Rilis : 7 Mei 2010

Sutradara : Jon Favreau

Aktor Utama : Robert Downey Jr , Scarlett Johansson, Samuel L Jackson, Gwynet Paltrow, Mickey Rourke, Don Cheadle

Anggaran : 200 juta dolar

Pendapatan : 623,9 juta dolar

Pada Iron Man 2 ini, Tony Stark agaknya sudah dilirik oleh Nick Fury untuk masuk ke tim Avengers. Di film inilah Natasha yang merupakan anggota Agen of S.H.I.E.L.D mulai diperkenalkan, seorang wanita yang kuat dan ahli dalam beladiri dan kelak Ia juga menjadi tim utama Avengers.

4.Thor (2011)

film marvel
Thor dan Loki

Judul : Thor

Rilis : 6 Mei 2011

Sutradara : Kenneth Brannagh

Aktor Utama : Chris Hemsworth, Tom Hiddlestone

Anggaran : 150 juta dolar

Pendapatan : 449,3 juta dolar

Berbeda dengan film Marvel sebelumnya dimana superhero Iron Man dan Hulk tercipta karena adanya teknologi, Thor merupakan superhero yang memiliki kekuatan asli karena Ia adalah seorang Dewa Petir.

Thor merupakan salah satu superhero terkuat di Avengers, Ia memiliki senjata yang sangat hebat yaitu Palu Mljonir. 

Thor berasal dari bangsa Asgard dan memiliki saudara yang sering memusuhinya yaitu Loki. 

5.Captain America : The First Avengers (2011)

film marvel
Captain America

Judul : Captain America : The First Avengers

Rilis : 22 Juli 2011

Sutradara : Joe Johnstone

Aktor Utama : Chris Evans

Anggaran : 140 juta dolar

Pendapatan : 370,6 juta dolar

Film ini mengisahkan awal mula Steve Rogers menjadi Captain America. Mengambil setting di masa perang dunia kedua, Steve yang saat itu ingin masuk militer tetapi selalu ditolak karena tubuhnya yang kurus dan pendek. Kebetulan saat itu sedang ada proyek percobaan untuk menghasilkan prajurit super.

Steve akhirnya menjadi bahan percobaan dan berhasil mengubahnya menjadi prajurit super dengan perubahan drastis pada bentuk tubuh dan kekuatannya. Selain itu Ia juga mengalami perlambatan penuaan dan mampu memulihkan diri lebih cepat. Tidak lupa juga, Ia diberi tameng khas yang sangat kuat terbuat dari vibranium.

6.Marvel’s The Avengers (2012)

Film Marvel
Marvel’s The Avengers

Judul : Marvel’s Avengers

Rilis : 4 Mei 2012

Sutradara : Joss Whedon

Aktor Utama : Chris Evans, Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Jeremy Renner, Scarlett Johansson, Tom Hiddlestone, Samuel L Jackson.

Anggaran : 220 juta dolar

Pendapatan : 1,52 milyar dolar

Film ini adalah kali pertama para superhero bersatu melawan musuh yang mengancam bumi. Loki yang merupakan saudara Thor menjadi musuh utama di film ini. Ia membuat kekacauan setelah membuka portal antar dimensi yang menyebabkan para makhluk perusak dari luar angkasa masuk bumi. 

Captain America, Iron Man, Hulk, Hawkeye, Black Widow dan Thor bersatu untuk melawan Loki. Film ini sukses menyatukan beberapa superhero marvel dan booming saat itu.

7.Iron Man 3 (2013)

film marvel
Iron Man 3

Judul : Iron Man 3

Rilis : 3 Mei 2013

Sutradara : Shane Black

Aktor Utama : Robert Downey Jr., Don Cheadle

Anggaran : 200 juta dolar

Pendapatan : 1,2 milyar dolar

Film ini lebih ingin memperkenalkan teknologi baru yang diciptakan oleh Tony Stark. Sebuah baju perang khas Iron Man menjadi lebih canggih karena dapat secara otomatis menghampiri Tony hanya dengan memanggilnya dan secara otomatis pula menyatukan diri dengan Tony Stark.

Selain itu pula Tony Stark mulai menciptakan armor-armor baru untuk melengkapai baju Iron Man nya.

8.Thor : The Dark World (2013)

film marvel
Thor : The Dark World

Judul : Thor : The Dark World

Rilis : 8 November 2013

Sutradara : Alan Taylor

Aktor Utama : Chris Hemsworth

Anggaran : 170 juta dolar

Pendapatan : 644,6 milyar dolar

Kali ini Thor berfokus pada bangsa Asgard yang mengalami gejolak. Poin utama film ini adalah pada kematian Ibu Thor serta bersatunya Thor dengan Loki karena harus melawan Malekith meskipun Loki tetap saja masih ada sifat jahatnya.

9.Captain America : The Winter Soldier (2014)

film marvel
Captain America : The Winter Soldier

Judul : Captain America : The Winter Soldier

Rilis : 4 April 2014

Sutradara : Anthony dan Joe Russo

Aktor Utama : Chris Evans, Sebastian Stan, Scarlett Johansson

Anggaran : 170 juta dolar

Pendapatan : 714,3 juta dolar

Film ini menceritakan tentang asal usul Winter Soldier yang ternyata adalah Bucky Barnes. Ia adalah sahabat Steve Rogers yang dikira sudah meninggal saat menjelang akhir perang dunia 2 saat melawan Hydra.

Bucky juga juga diberikan serum super sama seperti Steve, namun Ia telah dicuci otak oleh Hydra sehingga lupa jatidirinya dan melawan Steve (Captain America).

10.Guardians of The Galaxy (2014)

film marvel
Guardians of The Galaxy

Judul : Guardians of The Galaxy

Rilis : 1 Agustus 2014

Sutradara : James Gunn

Aktor Utama : Chris Pratt, Dave Bautista, Zoe Zaldana, Karen Gillan

Anggaran : 232,3 juta dolar

Pendapatan : 773,3 juta dolar

Inilah para penjaga galaksi yang terdiri dari Peter Quill atau Star Lord, Gamora, Rocket Racoon, Drax, dan Groot si makhluk akar. Para Guardians berusaha untuk melawan Ronan dan mencegahnya untuk mendapatkan Orb yang berisi Power Stone.

Di film ini terlihat jelas perseteruan antara 2 anak angkat Thanos yaitu Gamora dan Nebula.

11.Avengers : Age of Ultron (2015)

film marvel
Avengers : Age of Ultron

Judul : Avengers : Age of Ultron

Rilis : 1 Mei 2015

Sutradara : Joss Whedon

Aktor Utama : Chris Evans, Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Jeremy Renner, Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen

Anggaran : 316 juta dolar

Pendapatan : 1,4 milyar dolar

Kisah di film ini berawal dari keinginan Tony Stark membuat robot dengan kecerdasan buatan untuk membantu tim Avengers menjaga Bumi. Dengan tambahan kekuatan dari tongkat Loki yang terdapat Batu Pikiran, robot Ultron yang diciptakan oleh Tony justru melawan dan ingin menghabisi Avengers.

Di film ini mulai diperkenalkan Wanda maximoff alias Scarlett Witch yang merupakan mutan dan memiliki kekuatan sihir yang hebat. Selain itu terciptalah Vision yang merupakan bentuk fisik JARVIS dan dihidupkan melalui Batu Pikiran.

12.Ant-Man (2015)

film marvel
Ant Man

Judul : Ant-Man

Rilis : 17 Juli 2015

Sutradara : Peyton Reed

Aktor Utama : Paul Rudd

Anggaran : 130 juta dolar

Pendapatan : 519,3 juta dolar

Ilmuwan Hank Pym memiliki teknologi nano penyusut tubuh atau benda apapun. Scott Lang yang merupakan pencuri ulung diincar Hank Pym untuk menggunakan teknologinya melalui jaket khusus dan menyusut seukuran semut. Melalui teknologi ini maka Ant Man mampu masuk ke dunia kuantum yang kelak menjadi pilar cerita di Avengers Endgame. 

13.Captain America : Civil War (2016)

film marvel
Captain America : Civil War

Judul : Captain Amercia : Civil War

Rilis : 6 Mei 2016

Sutradara : Anthony dan Joe Russo

Aktor Utama : Chris Evans, Robert Downey Jr., Jeremy Renner, Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Tom Holland, Paul Rudd, William Hurt

Anggaran : 250 juta dolar

Pendapatan : 1,15 milyar dolar

Pada film ini, the Avengers terpecah menjadi dua kubu karena terjadi perselisihan akibat perbedaan pendapat antara Tony Stark dan Steve Rogers. 

Berkaca dari kejadian sebelumnya dimana sepak terjang para superhero yang membasmi musuh justru membahayakan dan membinasakan banyak sekali manusia. Maka pemerintah berencana untuk memberi pengawasan dan mengatur para superhero, namun Steve tidak setuju dengan pemerintah sedangkan Tony sepakat. 

Ditambah bumbu-bumbu permusuhan lainnya terutama yang dilakukan oleh Bucky yang notabene otaknya telah dicuci oleh Hydra. Maka perselisihan dan perpecahan semakin menjadi. 

Pertarungan akhir antara Tony melawan Steve dan Bucky berakhir imbang, dan setelah itu Steve dan Bucky pergi dan mendapat suaka di Wakanda oleh T’Challa.

14.Doctor Strange (2016)

film marvel
Doctor Strange

Judul : Doctor Strange

Rilis : 4 November 2016

Sutradara : Scott Derrickson

Aktor Utama : Benedict Cumberbatch

Anggaran : 165 juta dolar

Pendapatan : 677,6 juta dolar

Doctor Strange sebenarnya hanyalah manusia biasa yaitu seorang dokter bedah yang sangat ahli. Cerita berawal ketika Ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan kedua tangannya tidak dapat bekerja normal. Akhirnya Ia mencari pengobatan hingga Nepal dan bertemulah dengan Ancient One yang membuatnya memiliki kemampuan layaknya sihir.

Ia kemudian dipercaya untuk menggunakan dan menjaga Time Stone yang kelak sangat berperan penting dalam perang akhir dengan kubu Thanos di Avengers Endgame.

15.Guardian of The Galaxy Vol.2

film Marvel
GoTG Vol 2

Judul : Guardians of The Galaxy Vol.2

Rilis : 5 Mei 2017

Sutradara : James Gunn

Aktor Utama : Chris Pratt, Dave Bautista, Zoe Zaldana, Karen Gillan, Bradley Cooper, Kurt Russel, Silvester Stallone

Anggaran : 200 juta dolar

Pendapatan : 863, 54 juta dolar

Pada film ini cerita lebih terfokus pada asal usul Peter Quill dan siapa ayahnya. Ayahnya bernama Ego yang merupakan Celestial setingkat Dewa, namun Ego memiliki niat jahat untuk mengkonsumsi setiap planet dengan kekuatannya namun harus dengan 2 Celestial. Sehingga Ia menghamili banyak sekali wanita termasuk ibunya Quill untuk menanam bibit agar kelak memiliki kemampuan seperti dirinya sehingga rencana jahatnya dapat tercapai.

Namun setiap anak yang gagal akan dihabisinya, Quill sebenarnya mampu untuk menggunakan kekuatannya namun Ia menentang karena tahu Ego menanam tumor ke Ibunya. Pada pertarungan dengan Ego, Quill mampu membunuhnya dengan meledakkan planetnya.

16.Spider-Man Homecoming (2017)

Film marvel
Spider Man Homecoming

Judul : Spider-Man : Homecoming

Rilis : 7 Juli 2017

Sutradara : Jon Watts

Aktor Utama : Tom Holland

Anggaran : 175 juta dolar

Pendapatan : 481 juta dolar

Film Spider-Man versi Marvel ini memang berbeda dengan versi sebelumnya. Pada versi ini terasa lebih ringan dan segar karena cerita aktor utamanya masih usia sekolah.

Peter Parker muda ini masih dalam bimbingan Tony Stark sang Iron Man. Istilahnya Spider-Man masih magang untuk menjadi anggota tetap Avengers. 

17.Thor: Ragnarok (2017)

film marvel
Thor Ragnarok

Judul : Thor : Ragnarok

Rilis : 3 November 2017

Sutradara : Taika Waititi

Aktor Utama : Chris Hemsworth, Mark Rufallo, Tom Hiddlestone

Anggaran : 150 juta dolar

Pendapatan : 449,3 juta dolar

Cerita di film ini terjadi setelah kejadian di Age of Ultron, maka tidak heran bila di Civil War tidak muncul Thor dan Hulk. 

Film ini bercerita tentang Thor bersama Hulk dan Loki serta Valkyri melawan Hela dan pasukannya yang berniat membuat kiamat di Asgard. Kekuatan Hela bahkan mampu dengan mudah menghancurkan palu Mljonir milik Thor.

18.Black Panther (2018)

film Marvel
Black Panther

Judul : Black Panther

Rilis : 16 Februari 2018

Sutradara : Ryan Coogler

Aktor Utama : Chadwick Boseman

Anggaran : 200 juta dolar

Pendapatan : 1,35 milyar dolar

Black Panther adalah film yang saat itu fenomenal dengan jargon Wakanda Forever, melebihi ekpektasi banyak orang. Sebelum adanya film ini, nama Black Panther masih terasa asing sebagai seorang superhero Marvel. Namun film ini mampu membuat namanya melonjak sangat tinggi melebihi karakter superhero lain.

Setting film ini adalah setelah Civil War dan sebelum Infinity War. Film ini bercerita tentang asal usul Black Panther dengan teknologi kostum canggihnya. Diceritakan tentang adanya negara fiksi di Afrika bernama Wakanda. Negeri ini memiliki teknologi yang sangat canggih melebihi teknologi yang ada di bumi, namun tersembunyi sehingga tidak ada yang tahu kecuali orang Wakanda sendiri.

Konon Steve Rogers dan Bukcy mendapat suaka di Wakanda dan diberi pengganti tameng untuk Steve dan tangan untuk Bucky yang semuanya terbuat dari Vibranium. 

19.Avengers : Infinity War (2018)

film marvel
Avenger Infinity War

Judul : Avengers : Infinity War

Rilis : 24 April 2018

Sutradara : Anthony dan Joe Russo

Aktor Utama : Chris Evans, Robert Downey Jr., Mark Rufallo, Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Tom Holland, Christ Hemsworth, Benedict Cumberbatch, Chadwick Boseman, Chris Pratt, Zoe Zaldana, Dave Bautista, Karren Gillan, Josh Brolin.

Anggaran : 400 juta dolar

Pendapatan : 2,1 milyar dolar

Inilah film Avengers yang sukses besar membuat para penggemar sangat mengagumi ceritanya. Film ini memiliki plot cerita yang sangat apik dan sangat berhasil menggabungkan banyak sekali karakter menjadi satu cerita yang sangat bagus.

Kini avenger harus dibuat tak berkutik sama sekali dengan musuh baru bernama Thanos. Bahkan Thor dan Hulk yang merupakan superhero terkuat di Avengers pun tak berkutik sama sekali saat awal kemunculan Thanos menghancurkan Asgard dengan mudah.

Film ini bercerita tentang Thanos yang memulai pencarian enam Batu Keabadian yang tersebar di seluruh galaksi. Jika enam batu telah dimiliki maka kekuatannya tak terbatas bahkan dapat mengatur alam semesta hanya dengan jentikan jari saja. Thanos berniat untuk menciptakan alam semesta yang seimbang yaitu dengan cara memusnahkan sebagian penduduk alam semesta yang sudah terlalu padat ini.

Di akhir film ini, Thanos berhasil memiliki keenam Batu dan berhasil menjentikkan jarinya sehingga setengah penduduk alam semesta hilang menjadi debu termasuk beberapa tim Avengers. Ending film ini lah yang membuat sekuel selanjutnya menjadi sangat ditungu-tunggu yaitu di Avengers Endgame.

20.Captain Marvel (2019)

film marvel
Captain Marvel

Judul : Captain Marvel

Rilis : 8 Maret 2019

Sutradara : Kevin Feige

Aktor Utama : Brie Larsson, Samuel L Jackson

Anggaran : 152 juta dolar

Pendapatan : 1,12 milyar dolar

Film Captain Marvel menjadi jembatan antara Infinty War dan Endgame. Setting cerita film ini adalah tahun 1990 an, tentang asal mula Carol Danvers menjadi seorang superhero terkuat nantinya.

Carol Danvers adalah seorang manusia biasa yang merupakan seorang pilot wanita. Suatu kecelakaan pesawat secara tidak sengaja menyebabkan Ia terpapar sebuah energi yang dahsyat. Sejak itulah Ia memiliki kekuatan yang besar bahkan sebuah pesawat luar angkasa sangat besar milik bangsa Kree dapat dihancurkan dengan sangat mudahnya hanya dengan dilewati saja.

Captain Marvel akhirnya menjadi pahlawan bukan hanya untuk Bumi tapi lebih luas lagi untuk semua kehidupan antar galaksi yang membutuhkan pertolongannya.

22.Avengers : Endgame (2019)

film marvel
Avengers Endgame

Judul : Avengers : Endgame

Rilis : 24 April 2018

Sutradara : Anthony dan Joe Russo

Aktor Utama : Chris Evans, Robert Downey Jr., Jeremy Renner, Mark Rufallo, Brie Larsson, Scarlett Johansson, Elizabeth Olsen, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Tom Holland, Christ Hemsworth, Benedict Cumberbatch, Chadwick Boseman, Chris Pratt, Zoe Zaldana, Dave Bautista, Karren Gillan, Josh Brolin 

Anggaran : 356 juta dolar

Pendapatan : 2,2 milyar dolar (saat ini masih diputar di bioskop)

Inilah film yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Marvel di seluruh dunia. Sebuah akhir dari perjalanan panjang 11 tahun film Marvel. 

Cerita di film ini melanjutkan kejadian di Infinity War dimana setengah dari populasi penduduk semesta musnah oleh jentikan jari Thanos yang telah memiliki enam batu infinity.

Point penting dari Endgame adalah adanya dunia kuantum yang dikemukakan oleh Scott sang Ant-Man. Perencana waktu oleh Doctor Strange, serta tidak lepas pula Captain America dan Iron Man yang menggerakkan semua rencana untuk Endgame.

Perjalanan 11 tahun diakhiri dengan sangat elegan di film Avengers Endgame ini. Ini adalah akhir yang adil bagi semuanya.

Dan akhir kata, Kami para penggemar MARVEL masih tetap ingin terus menikmati cerita-cerita para superhero. Kami akan terus menunggu rencana besar apalagi yang akan dilakukan oleh Marvel Cinematic Universe.

 

Referensi : Wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.