Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis agar Keuntungan Berlipat

Posted on
memanfaatkan domain untuk bisnis
image by pixabay

Di era revolusi industri 4.0 ini, segala sesuatunya telah berhubungan dengan internet. Penggunaan sosial media dan website sudah menjadi makanan sehari-hari hampir oleh setiap manusia di seluruh dunia.

Sejak komputer mulai dikembangkan tahun 1980, disusul kemudian lahirnya internet di tahun 1992, maka sejak itulah kehidupan manusia semakin berkembang pesat.

Lahirnya internet diiringi lahirnya website, yang pada awalnya hanya digunakan untuk bertukar informasi di kalangan ilmuwan saja. Dalam perkembangannya, website digunakan pula oleh lembaga pemerintah, organisasi, situs berita hingga bisnis.

Ketika website dimanfaatkan dalam dunia bisnis, hasilnya sangat luar biasa. Saat ini jumlah website yang beredar di dunia maya telah mencapai angka milyaran. Maka tidaklah mengherankan ketika beberapa tahun belakangan ini website marketplace semisal Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya, berkembang dengan keuntungan yang sangat besar.

Kemunculan sosial media dalam kurun waktu satu dekade ini juga telah mengubah gaya hidup kaum milenial. Bahkan saat ini sosial media bukan hanya digunakan untuk pertemanan saja namun juga dimanfaatkan dalam berbisnis.

Dan ternyata dari dua hal tersebut yakni marketplace dan sosial media, dapat memberikan dampak yang luar biasa, bahkan seorang yang tidak memiliki modal sekalipun dapat melakukan bisnis jual beli melalui dua hal tersebut.

Meskipun marketplace dan sosial media menjadi alat marketing yang efektif, namun bagi pebisnis sepertinya belum afdol bila tidak memiliki website dengan domain sendiri.

memanfaatkn domain untuk bisnis

Sebenarnya apa sih manfaat memanfaatkan domain untuk bisnis ?

Ada beberapa manfaat memiliki domain sendiri untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan

Ketika Anda memiliki bisnis online yang tergolong sukses meskipun hanya melalui sosial media dan marketplace, bisnis Anda akan terasa belum sempurna bila tidak memiliki toko online sendiri dengan domain sendiri.

Toko online dengan domain sendiri akan menjadi acuan yang jelas bagi para pelanggan. Dengan begitu maka bisnis Anda di mata pelanggan akan memiliki kredibilitas yang baik dan kepercayaan pelanggan juga meningkat.

Membuat toko online dengan domain sendiri tidaklah mahal dan sulit. Kadangkala mereka yang memiliki bisnis yang sukses dan belum memiliki website sendiri dikarenakan mengira bahwa membuat website itu mahal.

Dalam membuat website apalagi untuk toko online juga akan jauh lebih baik bila memanfaatkan domain sendiri. Misalnya Anda memiliki usaha yang diberi nama LARIS MANIS. Kemudian Anda membuat toko online tapi bukan dengan domain sendiri alias domain gratisan. Misalnya seperti ini,

Anda membuat dengan domain gratisan : www.larismanis.blogspot.com.

Bandingkan dengan website toko online Anda yang dibuat dengan domain sendiri, misal seperti ini,

Anda membuat dengan domain sendiri : www.larismanis.com

Dengan melihat dua domain itu, maka sudah jelas nama website dengan domain sendiri lebih kredibel dibanding nama website dengan domain gratisan.

2.Sebagai Acuan Informasi kepada Pelanggan

Biasanya ketika Anda memiliki bisnis online melalui sosial media dan marketplace, infomasi yang diberikan akan cenderung tidak terstruktur dan kurang fokus. Pelanggan hanya tahu informasi terbaru saja dari bisnis Anda.

Namun bila Anda memiliki website sendiri, maka semua informasi yang dibutuhkan lebih terfokus di satu lokasi saja sehingga pelanggan menjadi lebih mudah dalam mencari dan mengaksesnya.

Sebuah website bisnis biasanya tidak hanya menampilkan berbagai produk yang dijual saja, namun ada pula informasi lain yang membuat hubungan pelanggan dan penjual menjadi lebih kuat. Kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda pun juga semakin meningkat.

3.Membangun Brand

Manfaat domain pribadi untuk bisnis berikutnya adalah dapat membangun brand. Membangun brand ini sangat penting dalam bisnis karena bila brand bisnis Anda sudah kuat, maka bisnis Anda akan dicari oleh calon pelanggan.

Melalui website dengan domain sendiri, nama brand bisnis Anda akan terbangun dengan cepat karena mudah diakses, jangkauannya lebih luas, dapat menampilkan testimoni dan kelebihan-kelebihan lainnya.

Lantas bagaimana caranya untuk membuat website dengan memanfaatkan domain sendiri ?

Sebenarnya sudah banyak infromasi di pencarian google tentang bagaimana cara membuat website. Anda tidak perlu takut biaya pembuatannya mahal karena sebenarnya tidak semahal yang kita kira.

Biaya untuk membuat website lebih digunakan untuk membeli domain, menyewa hosting dan membeli template website. Hanya itu yang kita keluarkan bila membuat website sendiri, namun bila tidak ingin repot dapat juga minta jasa pembuatan website yang tentu ada biaya jasanya.

Ada banyak tempat untuk membeli domain murah dan hosting murah yang terpercaya. Secara umum masalah harga tidak berbeda jauh, mungkin yang membedakan lebih ke pelayanan yang maksimal.

Sebagai referensi saja, bahwa website gravitime.net ini sejak awal menggunakan layanan domain dan hosting dari Rumahweb.com. Selama 3 tahun website ini beroperasi, tidak pernah ada keluhan terkait layanan domain dan hostingnya meskipun harganya termasuk murah. Secara pelayanan informasinya juga sangat bagus karena kita dapat chat langsung setiap saat dibutuhkan meski pada malam hari.

Rumahweb juga menyediakan layanan website builder untuk membangun website sendiri. Caranya adalah sebagai berikut :

a. Setelah Anda mengaktifkan layanan weebly gratis di rumahweb, Anda dapat masuk ke panel editor dengan cara login dan masuk ke clientarea.

b. Klik menu Services > My Services > Klik status aktif pada hosting.

c. Setelah itu klik Edit Website. Disini Anda dapat otak-atik untuk setting tampilan website yang diinginkan.

d. Setelah selesai dapat di publish.

Untuk lebih lengkapnya, dapat masuk ke link website builder rumahweb.

Bila Anda memiliki bisnis tapi belum memiliki website dengan domain sendiri. Segeralah untuk memanfaatkan domain untuk bisnis agar keuntungan menjadi lebih berlipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.