18 Lukisan 3D Street Edgar Mueller Sang Maestro Pelukis Jalanan

Posted on

Lukisan 3D Street merupakan seni melukis jalanan dengan gaya 3 dimensi sehingga terlihat sangat nyata. Edgar Mueller merupakan salah satu pelukis 3D Street terbaik di dunia.

Bila di Indonesia corat-coret di jalanan menimbulkan keresahan karena merusak pemandangan dan fasilitas umum, beda halnya di Eropa oleh para seniman jalanan dibuat seni melukis 3D yang sangat menarik dan dikenal dunia.

Salah satu yang terbaik adalah Edgar Mueller, pria kelahiran Mulheim/Ruhr, 10 Juli 1968 di Jerman ini telah menghasilkan karya-karya yang mengagumkan di jalanan beberapa negara. Kesukaannya melukis sudah dimulai sejak Ia kecil dengan melukis keadaan di pedesaan Straelen, tempat Ia tinggal.

Edgar mulai melukis jalanan terinspirasi dari para seniman yang Ia temui saat dalam perjalanan ke sekolah. Pada usia 16 tahun, Ia mulai mencoba mengikuti kompetisi yang akhirnya berhasil Ia menangi saat usia 19 tahun dengan lukisan Yesus di Emaus yang terkenal (Carvaggio).

Tahun-tahun berikutnya Ia terus mengikuti kompetisi hingga tahun 1998, Ia mendapat gelar Maestro Madonnari atau master pelukis jalanan pada festival dunia The Grazie Festival. Menyadari jalan hidupnya adalah di dunia lukisan jalanan, pada usia 25 tahun Ia memutuskan mengabdikan diri menjadi pelukis jalan dengan berkeliling Eropa. Selain itu Ia juga memberi workshop di sekolah-sekolah dan juga mengadakan berbagai festival seni jalanan.

Berikut ini 18 karya lukisan 3D Street Edgar Mueller di beberapa negara yang sangat mengagumkan.

1.The Crevasse

lukisan 3D Street Edgar Mueller
The Crevasse, Dun Laoghaire – Irlandia, Agustus 2008

Proyek Seni Lukisan 3D berukuran besar ini dibuat pada saat Festival Budaya Dunia tanggal 21-24 Agustus 2008 di Don Laoghaire Irlandia. Tema lukisan yang diusung adalah keadaan zaman es yang dramatis. Proyek ini didukung oleh Lembaga Jerman Goethe.

2.Lava Burst

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Lava Burst, Geldern Jerman, Agustus 2008

Lukisan jalan yang sangat besar bertema ledakan lava ini dibuat pada saat ulang tahun ke 30 festival lukisan internasional di Geldern Jerman bulan Agustus 2008.

3.The Waterfall

lukisan 3D Street Edgar Mueller
The Waterfall, River Street Moose Jaw – Kanada, Juli 2007

Dengan bantuan seniman lokal, Edgar Mueller menyulap jalan menjadi aliran sungai yang berakhir dengan air terjun. Ini adalah seri lukisan Edgar berukuran besar yang pertama kali Ia buat, tepatnya di Moose Jaw Kanada pada festival Prairie Arts, Juli 2007.

4.The Tree

lukisan 3D Street Edgar Mueller
The Tree, Aarhus – Denmark, Agustus 2011

Lukisan bertema pohon ini dibuat tahun 2011 pada even budaya terbesar Skandinavia, Aarhus di Denmark. Pembuatan lukisan ini banyak terkendala oleh cuaca yang berubah-ubah, membuat jadi sulit saat hujan.

5.Bright People

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Bright People, Moskow Gorky Park, Agustus 2012

Lukisan ini dibuat untuk proyek sosial di Moskow yang didukung oleh Departemen Kebudayaan pemerintah kota Moskow. Dikerjakan pada tanggal 13-17 Agustus 2012 untuk ditampilkan di festival Internasional pendidikan pra-sekolah dan anak kreatif.

6.Tribute to Mount Fuji

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Tribute to Mount Fiji, Yamanashi Prefectural Museum of Art

Edgar diundang pada festival budaya nasional oleh Komite Eksekutif Prefektur Yamanashi pada 28 Agustus 2013. Edgar terpukau dengan keindahan alam daerah itu terutama gunung Fuji.

7.Energy

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Energy, London Chelsea – Portobello Square, Juli 2012

Di festival Chelsea London, Edgar membuat lukisan pertama di seri “Evolution” yang dibuat dari tanggal 10-15 Juli 2012.

8.Emerald Cave

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Emerald Cave, Krasnogorsk, Moscow, Mei 2013

Edgar diundang oleh investor Real Estate yang membangun perumahan baru bernama “Emerald Hills”, pada Art Festival Street.

Baca juga : Stephen Wiltshire, Manusia Super si Kamera Hidup

9.Plasma

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Plasma, Lausanne, Switzerland, Maret-April 2014

Edgar selalu terinspirasi oleh lingkungan dan lokasi dimana Ia melukis. Dan kali ini Ia berada di sebuah universitas di Swiss dan membuat lukisan bertema Plasma.

10.Mysterious Caves in Europe

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Mysterious Caves in Europe, London, England, Maret 2011

Edgar membuat lukisan tentang goa misterius di Eropa yang terinspirasi dari referensi para ilmuwan mengenai adanya goa berumur lebih dari 10 juta tahun di London. Kemunculan cahaya hijau setelah terjadinya gempa di awal tahun 2011 menjadi teka-teki para ilmuwan.

11.Mysterious Cave in Germany

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Mysterious Cave in Germany, Geldern, Germany, Agustus 2008

Hampir sama seperti di London, goa serupa juga muncul di Desa Geldern Jerman saat pengerjaan konstruksi. Keluar kilat hijau dari dalam goa seperti halnya di London, belum diketahui dari energi apa yang menyebabkan cahaya itu.

12.Ptuj, Slovenia

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Ptuj Slovenia, Maret 2009

Sama seperti di London dan Jerman, di Slovenia pun ditemukan sebuah goa yang mirip.

13.Duality

lukisan 3D Street, Edgar Mueller
Duality,Teplistan – Moskow, Agustus 2010

Pembuatan lukisan di Moskow ini terjadi ada saat bencana kebakaran hutan dan gambut disana. Meski sulit dengan kondisi udaranya, Edgar tetap melukis yang bahkan awalnya Ia diminta untuk melukis di dalam pusat perbelanjaan namun Ia memilih untuk keluar karena Ia adalah pelukis jalanan.

14.Save Me

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Save Me, Sarasota – Florida, Oktober 2010

Lukisannya kali ini sangat unik, Ia dan asistennya melukis siang malam untuk membuat dua lukisan jadi satu. Pada siang hari hanya terlihat lukisan utama, dan pada malam hari akan terlihat lukisan berbeda.

15.Where do I Go

lukisan 3d Street Edgar Mueller
Where do I go, Tepic, Nayarit, Mexico, Desember 2010

Kali ini Edgar diundang oleh pemerintah Nayarit untuk melukis di sebuah “City of Art” baru.

16.Phoenix

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Phoenix, City Art Gallery Grand Rapids – USA, Sept-Okt 2011

Lukisan yang bertema air membentuk burung elang ini ditampilkan pada sebuah even ArtPrize di Amerika.

17.Tribute to Elements

lukisan 3D Street Edgar Mueller
Tribute to Elements, Gorky Park, Moscow, Setember 2012

Edgar diundang dalam festival jalanan ‘German Year In Russia’ di Gorky Park di Moskow pada September 2012.

18.The Ark

lukisan 3D Street Edgar Mueller
The Ark, Koblenz Germany

Sebuah penampungan hewan di Koblenz berencana untuk membuat bangunan baru. Lukisan yang dibuat Edgar untuk menarik perhatian publik dan membantu mendapatkan sumbangan dana.

Seni lukisan 3d ini menjadi seni lukis yang sangat menarik dan mengagumkan serta memperkaya warna baru pada dunia seni lukis. Edgar Mueller melalui media metanamorph berbagi hasil karyanya yang akan terus bertambah dan para penggemar tentu tidak sabar menunggu hasil karyanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.