Apa Itu Aerogel ? (Seri Material Masa Depan)

Posted on

Akibat perkembangan ilmu dan teknologi, kini manusia mampu menciptakan beberapa material masa depan salah satunya Aerogel.

Aerogel mungkin bagi sebagian besar kita baru mendengar sekarang, padahal material ini pertama kali diciptakan oleh Steven Kistler tahun 1931.

Aerogel merupakan suatu benda padat namun dengan kepadatan yang sangat rendah sehingga aerogel ini adalah benda padat teringan di dunia.

Aerogel yang diciptakan oleh Kistler terbuat dari bahan silica, alumina, timah, chromia dan karbon. Namun Aerogel terbaru saat ini 99,8 % terbuat dari udara dan foam yang kaku, jadi betapa sangat ringannya benda padat yang terbuat dari udara ini.

apa itu aerogel

Meski sangat ringan namun material ini sangat kuat. Seseorang dengan berat 80 kg dapat ditopang hanya dengan berat sekitar 60 gram saja. Aerogel dapat menopang benda yang beratnya 2000 kali lebih besar.

Selama ini yang telah diaplikasikan ke berbagai sektor industri adalah aerogel silika yang memiliki karakteristik diantaranya :

  • Material transparan karena transmisi optis tinggi dan indeks biasnya rendah.
  • Kecepatan suara rendah sehingga bisa menjadi sekat kedap suara.
  • Konduktivitas termal rendah sehingga diaplikasikan sebagai isolator yang sangat baik.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan aerogel dapat dilakukan dengan metode sol gel. Metode ini memiliki keunggulan yaitu suhu sintesis rendah dan kemurnian produk tinggi. Prekursor sol gel yang sering digunakan adalah hidofilik natrium silikat.

Aerogel silika disintesis dengan mengeringkan gel SiO2 dalam CO2 superkritis agar pelarut yang mengisi pori-pori gel dapat keluar tanpa merusak jaringan gel tersebut. Namun metode ini termasuk berbahaya dan berbiaya tinggi karena membutuhkan suhu dan tekanan yang tinggi untuk mencapai titik kritis.

Aplikasi

Aerogel silika dapat diaplikasikan ke beberapa sektor berdasarkan sifatnya, diantaranya :

a.Konduktivitas Termal

Dengan konduktivitas termal rendah, maka material ini dapat tahan terhadap suhu tinggi, isolator yang baik dan transparan. Dapat diaplikasikan pada isolator, pendingin portabel, kaca jendela.

b.Densitas

Dengan sifat densitas rendah maka material ini memiliki padatan namun sangat ringan. Dapat diaplikasikan pada sensor, katalis dan media penyimpanan bahan bakar.

c.Sifat Optis

Material ini memiliki sifat optis yaitu trasnmisi tinggi dan indeks bias rendah sehingga menjadikannya transparan. Dapat diaplikasikan pada peralatan optik.

d.Akustik

Material ini memiliki kecepatan suara rendah sehingga sangat baik dijadikan bahan kedap suara.

e.Mekanik

Material ini elastis dan sangat ringan sehingga sangat baik untuk penyerap energi suara dan hidrogen.

f.Elektrik

Material ini memiliki kekuatan dielektrik tinggi sehingga sangat baik digunakan untuk kapasitor, dielektrik untuk IC komputer dan superkapasitor.

g.Hidrofobik

Material ini memiliki hidrofobisitas tinggi sehingga dapat digunakan untuk bahan nanomaterial pelapis kain anti air.

Masih banyak lagi aplikasi dari aerogel apalagi perkembangan material ini semakin baik sehingga dapat digunakan di lebih banyak sektor lagi.

Referensi : wikipedia.org dan d-emerald

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.