Cara Menurunkan Kolesterol Alami dan Ampuh

Posted on

Kolesterol sebenarnya merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol dapat membantu proses pencernaan, pembentukan vitamin D dan pembentukan hormon. Kolesterol akan menjadi masalah bila kadarnya melebihi batas normal. Sebenarnya memang segala sesuatu yang ada dalam tubuh itu bermanfaat selama dalam batas normal dan akan menjadi berbagai masalah penyakit bila melebihi batas normal.

Kolesterol dibawa oleh protein melalui darah, yang biasa disebut lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein yaitu :

  • Low Density Lipoprotein (LDL), merupakan lipoprotein yang memiliki kepadatan rendah dan biasa disebut lipoprotein jahat. LDL menjadi salah satu penyebab utama pembentukan ateroma atau plak lemak di dinding pembuluh arteri.
  • Hight Density Lipoprotein (HDL), merupakan kebalikan dari  LDL, yaitu lipoprotein dengan kepadatan tinggi. HDL merupakan lipoprotein baik dan mencegah terjadinya ateroma.

Ateroma bisa menjadi penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke. Ketika plak lemak menumpuk di dinding pembuluh arteri karena kadar LDL yang tinggi, maka akan terjadi penyempitan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah menyempit, padahal itu merupakan jalur lewat darah, maka akan terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Ketika tekanan darah terlalu tinggi maka efeknya adalah pecah pembuluh darah di otak dan menjadi stroke.  Selain itu penyempitan pembuluh darah di jantung akan menyebabkan penyakit jantung yang berbahaya.

Untuk mengatasi bila kadar kolesterol terlalu tinggi, bisa diberikan obat-obatan atau bisa juga dengan cara alami.

cara menurunkan kolesterol

Berikut ini beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami dan ampuh.

1.Konsumsi Anggur

Buah anggur digemari banyak orang, selain menarik dan enak, ternyata anggur memiliki kandungan beberapa zat anti oksidan. Anggur mengandung Flavonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan. Sehingga minum jus anggur setiap hari sangat baik menurunkan kolesterol jahat.

2.Konsumsi Jambu Merah

Jambu merah memiliki bermacam kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain kaya vitamin, juga memiliki kandungan anti oksidan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Mengkonsumsi jambu merah dengan cara langsung atau dibuat jus jambu merah secara rutin akan bagus untuk tubuh.

3.Minum Air Jeruk Nipis

Minum air perasan jeruk nipis adalah cara yang paling umum dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Jeruk nipis mengandung Flavonoid yang merupakan zat anti oksidan. 

Meminum air hangat ditambah perasan jeruk nipis setelah bangun tidur dan sebelum tidur akan baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

4.Konsumsi Apel

Buah apel sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat karena kulit apel mengandung zat pektin yang dapat menyerap kolesterol jahat di usus dan membuangnya bersama feses.

Baca juga : Mengenal 3 Pandemi Besar yang Pernah Menimpa Manusia

5.Konsumsi Pir

Buah pir juga hampir sama seperti apel, namun pir memiliki kadar serat lebih tinggi. Buah pir juga memiliki zat pektin yang dapat mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar tubuh melalui feses.

6.Konsumsi Alpukat

Buah alpukat ini juga ampuh menurunkan kadar kolesterol tubuh karena memiliki senyawa penghambat penyerapan kolesterol tubuh. Buah alpukat juga memiliki zat anti oksidan, sehingga mengkonsumsi alpukat secara rutin merupakan cara menurunkan kolesterol yang ampuh.

7.Konsumsi Pepaya

Buah pepaya juga populer untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pepaya memiliki zat antioksidan yaitu likopen, serta vitamin C dan E yang dapat menghambat terjadinya penumpukan plak lemak di dinding pembuluh darah.

8.Konsumsi Strawberi

Buah strawberi juga diyakini ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat. Buah ini memiliki zat pektin yang dapat mengikat kolesterol dan membuangnya bersama feses. Selain itu juga mengandung zat polifenol yang merupakan anti oksidan. 

9.Konsumsi Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki serta tinggi dan sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Caranya hanya dengan direbus dan dikonsumsi.

10.Konsumsi Salmon

Ikan salmon mengandung Omega-3 yang merupakan lemak baik dan terbukti mampu mencegah penyakit jantung. Mengkonsumsi ikan salmon dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Itulah 10 cara menurunkan kolesterol alami dan ampuh melalui konsumsi buah, sayur dan ikan yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

Selain mengkonsumsi makanan, sebaiknya kita mencegahnya dengan rutin berolahraga dan mengurangi makan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Gaya hidup sehat merupakan cara paling ampuh untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sumber referensi : http://www.p2ptm.kemkes.go.id/ dan liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.