7 Makanan Beku nan Sehat Rekomendasi untuk Stok Dirumah

Posted on

Makanan beku adalah makanan yang sengaja dibekukan dengan cara pendinginan untuk tujuan pengawetan makanan. Pembekuan dapat memperlambat proses pembusukan karena sebagian besar bakteri akan terhambat pertumbuhannya.

Makanan beku sebenarnya telah ada sejak ribuan tahun lalu, namun pada jaman sekarang hal ini menjadi sebuah tren tersendiri karena manusia sekarang menyukai hal yang praktis dan instan.

Hampir semua jenis makanan dapat dibekukan misalnya daging, ikan, buah, sayur, hingga makanan instan.

makanan beku
blueberry beku

Pada kondisi sekarang dimana pandemi virus corona masih berlangsung dan kita semua diharuskan untuk tetap dirumah, maka stok makanan sangat diperlukan. Makanan beku menjadi pilihan paling tepat karena praktis dan awet disimpan serta mudah dalam pengolahan. Namun begitu alangkah baiknya bila kita menyimpan makanan beku yang sehat agar imun tetap terjaga untuk mencegah kondisi tubuh menurun.

Berikut ini makanan beku nan sehat yang direkomendasikan untuk stok dirumah.

1.Jagung

Jagung manis yang dibekukan menjadi pilihan yang bagus untuk stok makanan sehat. Praktis , enak dan sehat serta digemari oleh berbagai kalangan.

2.Kentang

Kentang juga merupakan makanan yang kaya gizi namun juga sangat digemari. Kentang beku sangat cocok untuk dijadikan stok dirumah, dijadikan cemilan yang praktis namun sehat.

3.Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya berbagai zat gizi antara lain vitamin C, beta karoten hingga mineral. Brokoli sangat cocok untuk jenis sayuran sehat beku yang direkomendasikan.

4.Bayam

Bayam memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bayam yang dibekukan bisa lebih sehat dibandingkan bayam segar yang tidak segera dikonsumsi karena akan kehilangan kandungan vitaminnya. Bayam beku juga bisa tahan berbulan-bulan dan sangat cocok untuk stok sayur sehat.

Baca juga : Cara menurunkan kolesterol alami dan ampuh

5.Kacang Polong

Kacang polong merupakan jenis sayuran sehat yang juga tahan berbulan-bulan disimpan dalam keadaan beku dan hanya kehilangan sedikit sekali kandungan gizinya. Kacang polong yang dibekukan justru dapat meningkatkan antioksidan di dalamnya. Kacang polong mengandung vitamin C dan cocok untuk dijadikan stok sayur sehat.

6.Blueberry

Blueberry merupakan buah yang kaya antioksidan. Blueberry yang dibekukan bahkan tidak akan kehilangan zat antioksidannya. Blueberry biasa untuk topping pancake dan cocok untuk menjadi stok makanan beku nan sehat.

7.Ceri

Buah ceri juga mengandung banyak antioksidan anti kanker. Namun untuk buah ceri akan kehilangan banyak zat didalamnya bila disimpan lebih dari 3 bulan. Buah ceri cocok untuk diolah menjadi pie, roti dan yoghurt.

Itulah ternyata makanan beku juga sehat dan tidak kalah dengan makanan segar. Selain praktis dan awet, juga ada yang justru lebih sehat bila dibekukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.