Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Milenial, Z , Alpha

Posted on

generasi baby boomers milenial alpha

Belakangan ini kita sering mendengar istilah generasi milenial yang sangat populer. Identik dengan anak muda yang masih gesit dan paham teknologi. Namun banyak dari kita belum paham bahwa di jaman kita hidup saat ini terdapat beberapa generasi antara lain generasi baby boomers, generasi X, generasi Y (milenial), generasi Z, dan generasi alpha.

Mari kita mengenal lebih jauh apa perbedaan beberapa generasi tersebut.

1.Generasi Baby Boomers (1946-1964)

Generasi ini adalah mereka yang lahir setelah perang dunia kedua yaitu antara tahun 1946 hingga 1964. Dinamakan Baby Boomers karena keadaan dunia yang mulai aman menyebabkan terjadinya ledakan kelahiran bayi. Generasi ini biasanya memiliki banyak saudara kandung, di Indonesia sering kita mendengar orang jaman dahulu punya anak lebih dari 5 adalah hal biasa bahkan ada yang anaknya sampai 12. 

Generasi ini dianggap sebagai generasi yang mudah menerima keadaan dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Hal ini bisa dikarenakan adanya perubahan keadaan pada masa setelah berakhirnya perang dunia kedua hingga keadaan semakin aman dan perekonomian meningkat sehingga kesehatan juga sangat baik. Oleh karena itu juga generasi ini dianggap sebagai generasi yang dapat mendobrak dan mengubah keadaan dunia.

2.Generasi X (1965-1980)

Generasi X adalah generasi yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980. Inilah generasi transisi dalam hal teknologi. Pada tahun-tahun tersebut, sudah mulai muncul komputer PC dengan spesifikasi yang sangat rendah dibanding dengan sekarang. Belum ada sistem operasi seperti windows dan media penyimpan data dalam bentuk disket dengan kapasitas hanya 1,4 Mb.

Pada masa generasi ini, terjadi beberapa kejadian dunia misalnya masa perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet. Generasi ini juga mulai ada perubahan gaya hidup negatif seperti penggunaan ganja dan munculnya musik punk sehingga menyebabkan perilaku negatif seperti tidak hormat kepada orang lain.

3.Generasi Y / Milenial (1981-1994)

Generasi Y lebih populer disebut generasi milenial yang lahir pada rentang tahun 1981 hingga 1994. Pada masa generasi ini lah teknologi berkembang lebih cepat karena adanya internet ke publik. Generasi ini lah yang mulai melek teknologi dengan penggunaan internet, sosial media, komputer PC dan laptop, smartphone hingga mampu menciptakan berbagai aplikasi yang sangat membantu kehidupan manusia.

Saat ini dunia kerja sedang di dominasi oleh generasi milenial bahkan banyak yang ada di posisi tinggi dalam perusahaan meski masih muda di usia sekitar 30 an tahun. Generasi milenial dikenal sangat mobile dengan pemikiran yang dianggap kreatif dan inovatif. Karena kepopulerannya, maka di dunia politik, generasi ini dapat “menjual” suara yang banyak di masyarakat. Maka tidak heran banyak jabatan penting dari bupati hingga menteri diisi oleh generasi milenial ini.

Kejadian besar di dunia pada masa generasi milenial ini adalah tentang serangan 9/11 di Amerika. Generasi milenial tidak akan pernah lupa kejadian besar itu.

Baca juga : Mengenal 3 Pandemi Besar yang Pernah Menimpa Manusia

4.Generasi Z (1995-2010)

Generasi Z ini adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010. Generasi ini adalah peralihan dari generasi milenial. Mereka tumbuh bersama tumbuhnya teknologi berbasis internet yang cepat. Generasi ini memiliki gaya hidup yang serba gadget, sosial media menjadi “makanan” mereka sehari-hari bahkan sangat menggilai jumlah like dan followers. Bermain game online juga menjadi hal lumrah untuk generasi ini.

Generasi Z ini disebut juga iGeneration alias generasi internet karena kehidupannya hampir tidak lepas dari dunia maya.

Fenomena dunia yang terjadi pada masa generasi ini adalah tentang krisis energi dan pemanasan global.

5.Generasi Alpha (2011-2024)

Generasi alpha merupakan mereka yang lahir mulai tahun 2011 hingga saat ini. Anak yang lahir di tahun 2011 jelas sudah berada tepat di teknologi yang tinggi. Generasi ini pada saat lahir dan membuka mata, yang dilihat adalah gadget, alat elektronik, teknologi tinggi.

Generasi ini adalah generasi canggih, mereka lebih banyak bermain dengan gadgetnya sejak kecil. Mereka mejadi sangat ketergantungan dengan gadget bahkan mereka akan merasa tidak bisa hidup tanpa gadget di tangan.

Generasi ini hebat dalam teknologi namun sangat kurang dalam kehidupan sosial dan kasih sayang orang tua dan sekitar mereka. Mereka butuh metode tepat dalam hal pendidikan agar seimbang antara teknologi dengan sosialnya.

Generasi ini bahkan dapat dengan mudah mencari uang melalui internet dalam usia muda entah dari sosial media atau hal lainnya di internet.

Sumber referensi : wikipedia.org

2 thoughts on “Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Milenial, Z , Alpha

  1. Di dalam dunia kerja ditemui semua kategori generasi tersebut sehingga seringkali menimbulkan ketidakharmonisan dalam pekerjaan dimana masing-masing generasi bekerja dengan ciri khasnya

    1. Betul terutama dalam hal keterampilan penggunaan teknologi terkini. Saat ini hampir semuanya berbasis aplikasi sehingga generasi baby boomers dan generasi X akan kewalahan dan pada akhirnya menyerahkan pekerjaan ke mereka yang lebih muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.