7 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Posted on

Dompet digital mulai bermunculan, dan dari sekian banyaknya ada 7 aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia.

Di era revolusi industri 4.0 yang menuntut kinerja yang serba cepat dan otomatis ini, keberadaan dompet digital menjadi daya dukung yang sangat penting.

Dompet digital atau e-wallet merupakan layanan pembayaran secara online melalui aplikasi smartphone. Secara umum fungsinya hampir sama seperti kartu debit atau kredit yakni dapat digunakan untuk pembayaran tiket kereta, tiket pesawat, tiket bioskop, belanja online, bayar tagihan listrik dan air, beli pulsa dan sebagainya.

Banyak keuntungan yang didapat saat menggunakan dompet digital dibandingkan cara konvensional, diantaranya :

  • Lebih praktis, mudah, efektif dan efisien.
  • Pembayaran lebih tepat jumlahnya sehingga tidak perlu repot menghitung kelebihan dan pengembalian.
  • Isi saldo lebih mudah dan bisa dimana saja jadi tidak harus punya rekening.
  • Banyak promo dan voucher menarik sehingga harga seringkali lebih murah daripada beli langsung di lokasi.
  • Lebih aman karena pada tiap transaksi harus ada verifikasi dari pengguna.
  • Terdapat histori penggunaan dana, sehingga memudahkan kita dalam mengatur keuangan.

Dompet digital di Indonesia berawal tahun 2007 oleh Telkomsel yaitu T-Cash. Kemudian Indosat dengan Dompetku dan XL dengan XL Tunai tahun 2012.

Kemunculan aplikasi Go-Jek yang fenomenal di tahun 2016 kemudian juga meluncurkan Go-Pay untuk mendukung pembayarannya. Kemudian muncullah aplikasi yang lain seperti OVO, Dana dan sebagainya.

Berikut ini adalah 7 aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia saat ini.

1.Go-Pay

perusahaan fintech

Go-Pay merupakan dompet digital untuk menyimpan Go-Jek kredit bagi mitra pengemudi, pengguna dan rekan usaha. Keunggulannya adalah pengguna dapat fasilitas potongan harga bila melakukan pembayaran Go-Jek dengan Go-Pay.

Selain digunakan di layanan Go-Jek seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Shop dan sebagainya. Kini Go-Pay telah bekerjasama dengan banyak merchan.

Go-Pay juga telah terintegrasi dengan bank-bank besar sehingga memudahkan dalam pengisian saldo.

Go-Pay juga terkenal banyak promo menarik yang ditawarkan sehingga memanjakan pengguna dan menarik pengguna baru untuk bergabung.

2.OVO

dompet digital

OVO merupakan salah satu aplikasi dompet digital paling populer saat ini dan bersaing dengan Go-Pay. OVO memberikan banyak kemudahan dalam pembayaran karena ada lebih dari 500.000 merchant yang telah bekerjasama.

Dana di OVO terbagi dua yaitu OVO Cash dan OVO Points. OVO cash adalah jumlah uang yang ada di aplikasi OVO dan digunakan untuk berbagai pembayaran. OVO Points merupakan points yang didapat saat melakukan transaksi dengan program tertentu. Setiap points OVO bernilai 1 Rupiah.

Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi OVO yaitu :

  • Banyak promo menarik saat belanja di merchant rekanan OVO.
  • Semakin banyak transaksi akan semakin banyak Points yang didapat.
  • Pembayaran segala kebutuhan dan tagihan menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Lebih mudah dalam mengatur keuangan.

3.Link Aja!

dompet digital

LinkAja merupakan transformasi dari aplikasi dompet digital milik Telkomsel yakni TCash. LinkAja merupakan perwujudan dari program pemerintah yang menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

LinkAja merupakan hasil kolaborasi dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu  Telkomsel, BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, Pertamina dan Asuransi Jiwasraya.

Dengan kolaborasi beberapa BUMN tersebut menjadikan LinkAja memiliki keunggulan yaitu terhubung ke rekening tabungan di empat bank terkait sehingga memudahkan pengguna dalam mengisi saldonya.

LinkAja resmi beroperasi 1 Maret 2019 dan dijalankan oleh anak perusahaan Telkomsel yaitu PT.Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Baca juga : Perusahaan Fintech di Indonesia

4.DOKU

perusahaan fintech

DOKU merupakan aplikasi dompet digital yang secara umum fungsinya sama dengan dompet digital yang lain. DOKU yang dikelola oleh PT.Nusa Satu Inti Artha ini memiliki fitur penghubung ke kartu kredit dan uang elektronik.

Keunggulan DOKU adalah pengguna dapat melakukan tarik tunai di minimarket seperti Alfamart.

5.PayTren

dompet digital

PayTren merupakan aplikasi dompet digital yang didirikan oleh Ustadz Yusuf Mansur pada tahun 2013. Oleh karena itu PayTren memiliki keunggulan aplikasi yang memiliki pendekatan syariah, sedangkan pasar umat Islam di Indonesia juga sangat besar.

PayTren yang dikelola oleh PT.Veritra Sentosa Internasional ini memiliki fitur yang berhubungan dengan syariah yaitu keperluan akikah, kurban dan sedekah.

6.DANA

dompet digital

DANA merupakan dompet digital asli buatan anak bangsa yang telah memiliki tingkat keamanan tinggi sama dengan tingkat keamanan Bank. DANA mendapat investasi dari PT.Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) dan semakin memantapkan diri sebagai pesaing dompet digital lain meski DANA masih pendatang baru.

Inovasi DANA untuk bersaing dengan aplikasi lain yaitu sudah terintegrasi langsung dengan rekanan merchant diantaranya Bukalapak, Ramayana, TixID dan BBM.

DANA memiliki keunggulan yaitu pengguna dapat transfer ke bank tanpa dikenai biaya administrasi.

7.Shopee Pay

dompet digital

Sesuai dengan namanya, ShopeePay merupakan aplikasi dompet digital yang dikelola oleh Shopee. 

ShopeePay dapat membantu pengguna yang belum memiliki rekening bank atau kartu kredit untuk transaksi. ShopeePay secara umum hanya digunakan untuk bertransaksi di Shopee dan memiliki keunggulan bisa mendapatkan cashback saat belanja di Shopee.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.