7 Penyebab Kegemukan atau Obesitas

Posted on

Kegemukan atau obesitas menjadi masalah yang populer untuk dibahas dan dicari penyebab serta cara mengatasinya. Apalagi bagi perempuan, kegemukan adalah sesuatu yang sangat sensitif. Mereka biasanya sangat tidak suka jika dianggap semakin gemuk.

pict by pixabay

Penyebab kegemukan atau obesitas itu bermacam-macam, berikut ini 7 penyebab yang umum ditemui.

1.Banyak Makan

Penyebab pertama ini jelas sangat lumrah dan umum. Semakin banyak porsi makannya maka berat badan sudah pasti semakin naik. Apalagi jika tidak diimbangi dengan pembakaran kalori melalui olahrga rutin.

2.Faktor Keturunan

Terkadang faktor keturunan juga dapat mempengaruhi namun sebenarnya hanya sekitar 5%. Bila orangtuanya obesitas maka tidak semuanya anaknya juga akan obesitas. Mereka yang lahir dari orangtua obesitas memiliki peluang yang lebih besar daripada yang tidak, sehingga cara mengatasinya harus menjaga pola makan dan gaya hidup.

Baca juga : Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Millenial, Z, Alpha

3.Stress

Stress yang dikarenakan banyak permasalah terkait kehidupannya atau masalah pekerjaannya bisa memicu kegemukan, kok bisa ya? Memang tidak semua orang memiliki kebiasaan yang sama ketika sedang stress. Ada yang menjadi tidak nafsu makan, namun ada juga yang justru menjadi banyak makan. Hal itulah yang nantinya membuat berat badan cepat naik.

4.Tidur Kurang

Orang yang susah tidur itu biasanya akan banyak makan untuk mengisi waktunya di malam hari, biasanya dengan makan-makanan kecil yang justru kalorinya tinggi.

5.Malas Berolahraga

Olahraga menjadi cara paling ampuh untuk membakar kalori yang artinya dapat mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Bila kita tidak pernah berolahraga sedangkan pola makan juga tidak dijaga, maka peluang menjadi obesitas menjadi sangat besar.

6.Faktor Teknologi

Faktor teknologi seperti gadget benar-benar candu yang menyebabkan seseorang menjadi terlalu lama duduk atau berbaring sehingga menjadi malas bergerak. Gaya hidup seperti ini lah yang menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh semakin banyak karena biasanya dibarengi dengan konsumsi makanan ringan berkalori tinggi.

7.Sehabis Melahirkan

Ibu hamil memang mengalami pertambahan berat badan yang signifikan sehingga setelah melahirkan pun kondisi badannya tidak dapat langsung normal. Jika tidak diimbangi dengan olahraga dan pola makan yang baik maka tubuhnya tidak kembali ke bentuk semula.

Itulah 7 penyebab kegemukan atau obesitas yang umum terjadi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.