Chip Otak Memungkinkan Pikiran dapat Disimpan Layaknya File ke Cloud

Posted on
chip otak neuralink

Startup yang didirikan oleh Elon Musk yaitu Neuralink dalam waktu dekat akan dapat menghasilkan sebuah chip komputer yang ditanam di tengkorak manusia sehingga dapat menghubungkan otak manusia ke komputer.

Elon Musk yang dikenal sebagai orang yang sangat genius dengan ide-ide nya yang bagi orang awam dianggap mustahil, olehnya dibuat menjadi nyata.

Beberapa ide mustahil yang telah menjadi nyata di tangannya yaitu mobil listrik autopilot Tesla, Perusahaan SpaceX dengan ambisinya mengirim manusia ke Mars dan hidup disana dan baru-baru ini berhasil membuat roket yang telah meluncur hingga dapat kembali lagi ke tempat asalnya, Perusahaan transportasi sangat canggih Hyperloop, dan kini Perusahaan Neuralink yang berfokus pada pembuatan chip komputer otak.

Neuralink didirikan oleh Elon Musk tahun 2016 dengan tujuan untuk membuat suatu perangkat yang dapat mengobati penyakit otak yang serius seperti Parkinson dan Alzheimer. Dalam perkembangannya, sebuah chip komputer otak berhasil dikembangkan yang nantinya ditanam di tengkorak dan bekerja secara nirkabel. Selain dapat menyembuhkan penyakit otak yang serius, chip otak ini bertujuan untuk menggabungkan otak manusia dengan kecerdasan buatan.

Baca juga : Daging Laboratorium adalah Masa Depan

Meski perkembangannya luar biasa, namun banyak juga ilmuwan yang memperingatkan penggunaan chip otak yang tidak sesuai. Menurut mereka teknologi ini akan dapat memberikan kekuatan super sebagai manusia yang cerdas dan menghubungkan otak manusia dengan cloud. Bisa dibayangkan jika ingatan manusia dapat disimpan layaknya file komputer yang selama ini kita tahu, dapat ditukar dengan ingatan orang lain, bahkan mungkin juga akan dapat di copy paste.

Manfaat dari chip otak itu juga sangat mengagumkan, bisa menyembuhkan penyakit otak dan tulang belakang serius yang selama ini sangat sulit disembuhkan. Melalui chip ini juga, suatu saat manusia dapat sangat mudah berkomunikasi sehingga tidak akan diperlukan bahasa tradisional. Bahasa yang digunakan adalah satu bahasa universal, tidak perlu lagi orang Indonesia belajar bahasa Inggris. Dengan begitu akankah suatu saat bahasa akan musnah ?

Meski manfaatnya begitu luar biasa, namun tetap akan ada dampak negatif yang perlu untuk diperhatikan. Jika chip otak ini disalahgunakan, misal secara motif ekonomi, pikiran yang tersimpan tadi dapat diperjualbelikan dengan harga yang sangat mahal. Selain itu dampak negatifnya juga masalah privasi menjadi pertimbangan besar, karena dimungkinkan seseorang dapat melihat ingatan dan pengalaman yang dialami orang lain

Referensi : neuralink

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.