Apa itu NFT ? Inilah Pengertian NFT dan Cara Kerjanya

Posted on
Apa itu NFT
Apa itu NFT ? image by key4biz

Apa itu NFT? NFT atau non-fungible token adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut aset digital berupa kekayaan intelektual yang bisa diverifikasi menggunakan teknologi blockchain.

Dengan bantuan teknologi blockchain seperti halnya yang digunakan pada Bitcoin, sebuah produk NFT dapat disertifikasi orisinalitas serta hak kepemilikannya karena hanya ada satu pemilik NFT yang sah meskipun produknya bisa disalin secara bebas.

NFT saat ini banyak diperjualbelikan secara online menggunakan mata uang cryptocurrency Ethereum. Tujuan utama para pembeli produk NFT sendiri yakni untuk mendapatkan lisensi kepemilikan atas sebuah karya digital tertentu, baik sebagai collectible item maupun flipping item.

Di Indonesia, istilah NFT (Non-fungible token) belum lama ini santer disebut berkat seorang pemuda asal Jawa Tengah yang berhasil menjual koleksi foto selfie-nya di platform OpenSea, dialah Ghozali. Kendati demikian, eksistensi NFT sendiri sudah jauh sebelum fenomena Ghozali terjadi.

Cara Kerja NFT (Non-fungible Token)

Secara umum, cara kerja NFT hampir sama seperti produk berteknologi blockchain lainnya, yakni sebuah kepemilikan produk didasarkan pada catatan transaksi yang terdiri dari kode komputer tertentu.

Untuk bisa melakukan proses jual-beli NFT, aset digital yang ingin dijual terlebih dahulu harus melalui proses minting NFT. Proses minting sendiri merupakan tahap pengubahan file digital menjadi aset crypto yang tercatat di dalam blockchain.

Proses minting NFT biasanya dilakukan oleh marketplace sebagai pihak ketiga. Adapun dalam contoh kasus Ghozali, ia diketahui menggunakan platform OpenSea sebagai agen minting NFT koleksi foto selfienya hingga mampu terjual lebih dari Rp1 Miliar.

Apa itu NFT ? Apakah NFT sama dengan Cryptocurrency?

Pertanyaan ini banyak diajukan oleh para pengguna awam mengingat keduanya sama-sama menggunakan teknologi blockchain. Namun jika dilihat dari prinsipnya, antara NFT dan Cryptocurrency keduanya merupakan produk yang berbeda.

NFT (Non-fungible token) lebih pas disebut sebagai sebuah aset digital yang memiliki sifat eksklusif sehingga memberikan kebanggaan dan nilai ekonomi tinggi bagi pemiliknya.

Sementara itu, cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum atau DogeCoin secara harfiah memiliki tujuan awal sebagai alat pembayaran digital yang tidak terpusat untuk menggantikan uang fisik di dunia nyata.

Contoh Produk Digital NFT

  • Foto
  • Desain grafis / karya seni digital
  • Musik
  • Video
  • Faktur
  • Dokumen legal
  • Barang koleksi
  • Tanda tangan
  • Tiket untuk acara offline

Baca juga : Metaverse, NFT, Crypto, Dunia Virtual Reality Menjadi Kenyataan

Marketplace untuk Jualan NFT

Berikut ini merupakan beberapa contoh marketplace NFT yang bisa digunakan untuk mengakomodir kebutuhan jual-beli aset digital.

1.Opensea.io

OpenSea adalah marketplace jual-beli NFT dengan konsep peer-to-peer terbesar dan pertama di dunia. Di situs ini Anda bisa menemukan berbagai jenis NFT yang dijual oleh para kreator dari seluruh dunia.

Tidak hanya bisa menjual foto selfie, di OpenSea Anda juga bisa menjual karya seperti musik, game, nama domain, atau karya digital lainnya dalam bentuk NFT.

2.TokoMall.io

Tidak ingin ketinggalan dari luar negeri, Indonesia juga memiliki platform jual-beli NFT sendiri yang bernama TokoMall. Anda bisa mulai berjualan aset digital di layanan ini dengan cara mendaftar melalui laman resmi mall.tokoscape.com.

Seperti halnya marketplace NFT populer lainnya, TokoMall juga memiliki visi sebagai jembatan antara dunia maya dan dunia nyata dengan cara membuat NFT bisa digunakan untuk pembelian produk fisik di toko mitra.

3.Rarible.com

Marketplace NFT populer selanjutnya adalah Rarible yang memiliki alamat website rarible.com. Salah satu kelebihan dari platform ini adalah karya yang ditawarkan dari komunitas kreator karya seni digital.

Ada banyak koleksi digital art yang kayak dijadikan sebagai collectible item atau untuk sekadar memenuhi hasrat flipping item bagi sebagian pemain NFT. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas jual-beli karya seni secara bebas untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari setiap aset digital.

4.Paras.id

Marketplace Paras Digital didirikan akhir Desember 2020 yang dikembangkan oleh tim dari Indonesia. Paras termasuk marketplace lokal yang cukup populer bagi penggelut NFT.

Paras mencoba menjadi pelopor transformasi pada game, komik dan karya melalui teknologi blockchain. Mereka mendapat pendanaan sebesar $5 juta dari sejumlah investor.

Itulah penjelasan singkat terkait apa itu NFT (Non-fungible token) yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.