Apa Perbedaan NFT dan Crypto? Inilah Penjelasannya

Posted on

Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, aset investasi semakin beragam jenisnya. Dua aset yang sangat populer saat ini adalah NFT dan crypto. Keduanya sama-sama dianggap sebagai aset yang menjanjikan dan memang cukup menggiurkan. Mari kenali lebih jauh apa saja perbedaan antara NFT dan crypto tersebut.

NFT dan Crypto image by hedgethink

Perbedaan Mendasar NFT dan Crypto

Pada dasarnya NFT dan crypto memang merupakan dua aset yang berbeda. Hanya saja memang keduanya bisa digunakan sebagai aset investasi yang menguntungkan. Agar bisa lebih aman berinvestasi NFT maupun crypto maka penting sekali untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah perbedaan dari NFT dan crypto yang penting untuk dipahami:

Pengertian

Dari segi pengertiannya sudah pasti dua aset investasi ini memiliki perbedaan yang mendasar. NFT adalah kependekan dari non-fungible token yang bisa diartikan sebagai token atau bukti kepemilikan barang. Sementara itu crypto merupakan mata uang digital yang dikenal juga dengan nama cryptocurrency.

Pengertian ini sudah bisa memberikan gambaran bahwa NFT dan crypto adalah dua hal yang berbeda. NFT merupakan token yang tidak bisa ditukarkan. Sementara itu crypto adalah mata uang digital yang bisa diperjualbelikan atau ditukarkan dengan aset yang lain. 

Baca juga : Apa itu NFT ? Inilah Pengertian NFT dan Cara Kerjanya

Fungsi

Mari lihat seperti apa fungsi dari NFT dan crypto. NFT sebenarnya berfungsi sebagai sebuah konten digital yang akan ditautkan ke blockchain. Konten digital ini akan ditautkan ke basis data digital yang ternyata juga menampung beberapa jenis crypto termasuk Bitcoin serta Ethereum.

Sementara itu crypto memegang fungsi penting sebagai mata uang digital. Crypto adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh adanya kriptografi. Inilah yang membuat mata uang crypto tidak bisa dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda.

Kemampuan Jual Beli

Telah disebutkan sebelumnya bahwa NFT bukanlah jenis aset yang bisa ditukarkan. Namun perlu diketahui NFT ini tetap memiliki kemampuan untuk diperjualbelikan. Mengapa NFT tidak bisa ditukarkan satu sama lain? Perlu diketahui bahwa NFT itu sendiri sangatlah unik dan tidak ada dua NFT yang identik. Oleh sebab itu tidak memungkinkan jika NFT ini dipertukarkan satu dengan yang lain. 

Lain halnya dengan crypto yang bisa dipertukarkan satu sama lain. Aset crypto bisa diperjualbelikan dan ditukar dengan aset crypto yang lain. Mata uang digital ini memiliki banyak jenis dan akan memiliki nilai tukar yang sama. Misalnya 1 Bitcoin akan dianggap sama dengan Bitcoin lainnya. Sifat inilah yang membuat aset crypto jauh lebih mudah untuk ditukar dengan yang lain.

Sistem Jual Beli

Proses jual beli NFT dan crypto ternyata juga berbeda. Untuk NFT itu sendiri jual beli akan dimulai oleh pemilik karya. Nantinya pemilik karya akan melakukan minting atau pencetakan karya menjadi NFT. NFT tersebut akan dijual di marketplace lalu ditentukan berapa nominalnya. Jika NFT dibeli oleh orang lain maka pemilik karya akan mendapat royalti. Begitu juga jika NFT berpindah tangan ke orang lain.

Sementara itu crypto akan diperjualbelikan melalui sebuah platform exchange. Platform ini akan bekerja sebagai perantara bagi pembeli dan penjual aset crypto. Nantinya berbagai jenis koin crypto akan diperjualbelikan dan platform tersebut akan menarik sejumlah fee setiap kali ada transaksi jual beli yang dilakukan oleh para pengguna. 

NFT dan crypto sama-sama memiliki peluang yang sangat menjanjikan di masa depan. Keduanya sangat relevan dijadikan sebagai aset investasi di era yang semakin modern dan canggih seperti sekarang. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk mulai mempelajari NFT dan crypto sebagai bekal untuk berinvestasi di masa depan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.