Mengenal Berbagai Aplikasi Kecerdasan Buatan di Sekitar Kita

Posted on

Aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) tanpa disadari telah ada di sekitar kita. Misalnya saja Google Assistant hingga mobil tanpa sopir. Hingga saat ini, aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan semakin banyak, beberapa diantaranya seperti finance, retail, healthcare, manufaktur, media, dan transportasi.

Berikut ini mari kita mengenal berbagai jenis aplikasi kecerdasan buatan yang ada di sekitar kita.

1. Sistem Pengenalan Suara dan Perintah Suara (voice recognition and command systems)

Sistem ini dapat mengidentifikasi suara manusia yang kemudian mengeksekusi perintah yang diberikan melalui suara. Voice recognition bekerja dengan menganalisis ciri dari setiap ucapan seseorang. Selain voice recognition ada juga speech recognition, keduanya hampir sama tapi ada sedikit perbedaan. Voice recognition digunakan untuk mengidentifikasi “siapa yang berbicara” sedangkan speech recognition digunakan untuk mengidentifikasi “apa yang diucapkan”.

Sistem pengenalan suara menggunakan AI ini digunakan dalam berbagai aplikasi misalnya Siri, Google Assistant, Waze, Google Maps dan peralatan rumah pintar.

2. Sistem Pengenalan Wajah (Face Recognition)

Merupakan suatu sistem yang dapat mengkonfirmasi identitas seseorang menggunakan wajah mereka. Face Recognition merupakan suatu teknologi biometrik seperti halnya sidik jari, wajah manusia juga memiliki karakteristik unik yang berbeda satu dengan yang lain.

Penerapan sistem pengenalan wajah antara lain pada sistem keamanan yang memverifikasi wajah agar dapat masuk area tertentu, pada fotografi yang dapat memfokuskan wajah sehingga hasil foto menjadi lebih baik, sistem pembayaran yang menggunakan pengenalan wajah untuk layanan pembayaran yang lebih aman dan mudah.

3. Sistem Pengenalan Text (Text Recognition)

Sistem ini merupakan suatu teknologi yang mengklasifikasikan, memahami dan memproses teks dalam berbagai bentuk dan format. Teknologi ini melibatkan penggunaan algoritma machine learning, NLP dan teknik lainnya untuk memproses teks.

Macam-macam aplikasi sistem pengenalan text yaitu klasifikasi dokumen menggunakan algortitma machine learning, analisis sentimen yang menganalisis perasaan dalam teks digunakan untuk analisis ulasan produk, pencarian informasi yang membantu menemukan yang relevan dalam jumlah besar, dan lain-lain.

Baca juga : Chip Otak Memungkinkan Pikiran Disimpan Layaknya File ke Cloud

4. Sistem Asisten Virtual (Virtual Assistant System)

Asisten virtual merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu melaksanakan tugas harian, menjawab pertanyaan dan berbagai hal lainnya dengan menggunakan teks atau suara. Sistem ini menggunakan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin untuk menyediakan layanan interaktif dan personalisasi. Contoh aplikasi dengan sistem asisten virtual adalah Apple Siri, Google Assistant dan Amazon Alexa.

5. Sistem Pengendali self-driving car (Self Driving Car Control System)

Self driving car alias mobil tanpa sopir, merupakan mobil yang beroperasi tanpa ada sopir, mobil bergerak secara otomatis. Hal ini menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami, sensor dan pembelajaran mesin untuk membuat keputusan dan mengendalikan mobil. Sistem Pengendali self driving car merupakan bagian sangat penting dari teknologi ini karena akan menjamin mobil beroperasi dengan nyaman dan aman.

Referensi : trivusi , wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.